by

Spesifikasi Toyota Sienna, Alphard Kalah Mewah?

Spesifikasi Toyota Sienna – Akhirnya Toyota meluncurkan MPV terbarunya, Sienna. Keistimewaan mobil ini bukan cuma mewah, tapi juga enak diajak berkendara.

Dalam hal kemewahan, Sienna setara dengan Alphard. Bagaimana tidak? Kabinnya terintegrasi kulkas dan penyedot debu.

Lalu soal kesenangan berkendara, Alphard bahkan kalah jauh. Toyota menciptakan Sienna terbaru dengan rasa berkendara yang benar-benar menyenangkan. Hal tersebut terpancar dari desain sprotif layaknya kereta super cepat, Shinkansen.

“Belajar dari konsumen MPV saat ini, mereka tidak menginginkan rasa berkendara seperti bis, kemudian tim desain (Sienna) mengombinasikan MPV dengan hasrat yang lebih personal untuk kesenangan berkendara,” seperti dikutip dari laman resmi Toyota Amerika Serikat.

Sayangnya, Toyota Sienna terbaru dipasarkan khusus area Amerika Serikat. Indonesia belum kebagian unit. Meski bukan tidak mungkin di kemudian hari, masuk pasar Tanah Air.

Buat kamu yang penasaran dengan MPV mewah ini, berikut detail spesifikasi Toyota Sienna:

Desain Toyota Sienna Terinspirasi Kereta Cepat Shinkansen

spesifikasi toyota sienna
MPV Toyota asal Amerika Serikat ini punya rasa berkendara yang menyenangkan

Spesifikasi Toyota Sienna generasi keempat berbasis rangka TNGA-K. Rangka tersebut juga digunakan oleh Toyota Camry.

Kemudian untuk desainnya mengambil tema atletis. Meski sebuah MPV, namun Toyota tetap memberi aura yang menandakan kemampuan berlarinya tidak bisa diremehkan.

Baca juga  MPV DFSK Tertangkap 'Wara-Wiri' di Ibu Kota, Kembaran Serena?

Parasnya dibuat seperti mobil Toyota modern lain. Kisi-kisi udara besar di bagian bawah berbentuk trapesium. Sementara lampu depannya dibuat pipih dan seolah terintegrasi grill. Toyota juga terinspirasi soal paras ini dari kereta cepat Jepang, Shinkansen.

Meski atletis, namun bodi Toyota Sienna tetap mengotak. Hal ini ditujukan supaya ruang kabin tetap lega dan nyaman. Di bagian belakang ada pula lampu pipih seperti mobil Toyota modern lain.

Buat kamu yang mencari tampilan sportif maksimal, bisa pilih varian Toyota Sienna XSE. Keistimewaannya dilengkapi pelek besar 20 inci dengan lima palang berwarna hitam.

Fitur Interior Benar-Benar Membuat Penumpang Nyaman

toyota sienna
Kabin Toyota Sienna dilengkapi dengan penghisap debu dan kulkas

Jika melihat spesifikasi interior Toyota Sienna, memang tidak semewah Alphard. Hanya saja bukan berarti tidak mewah. Dahsboard dibuat lebih sederhana untuk memberi kesan sportif dan bersih.

Semua tombol dibuat besar serta mudah dijangkau. Kemudian di tengah dashboard ada head unit besar dengan layar sentuh. Tidak ketinggalan di antara pengemudi dan penumpang, terdapat konsol tengah besar yang bisa dimanfaatkan sebagai relaksasi tangan. Konsol tersebut pun dapat dipakai meletakkan berbagai barang.

Penggunaan rangka TNGA-K juga menjadikan kabin lebih senyap dan minim getaran. Kemudian soal hiburan, ada opsi sistem audio JBL 1.200-watt amp dengna 12 speaker. Konsumen juga dapat memilih kehadiran fitur lyar hiburan di belakang jika dibutuhkan.

Baca juga  Spesifikasi Nissan Livina Sporty Package, Cuma 100 Unit

Salah satu yang menarik dari interior MPV mewah Toyota ini, tersedia kulkas dan penyedot debu. Hadir pula empat zona climate control, jok dengan fitur ottomans yang bisa selonjoran, serta cara membuka pintu hanya dengan menggerakkan kaki.

Dalam hal kapasitas penumpang, Toyota Sienna memiliki pilihan tujuh atau delapan orang di dalam kabin.

Baca juga:

Spesifikasi Mesin Hyrbid Toyota Sienna yang Mengagumkan

toyota sienna 001
MPV ini menggunakan mesin hybrid dengan penggerak empat roda (AWD)

Keunggulan lainnya ada di spesifikasi mesin hybrid Toyota Sienna. Di atas kertas jantung mekanis 2.5 liter, DOHC, empat silinder kombinasi dengan motor listrik itu mampu memuntahkan tenaga hingga 243 hp. Lalu soal irit, diklaim bisa menghemat sampai 14 Kpl.

Menariknya lagi, hybrid di Sienna tidak perlu isi ulang baterai. Toyota Hybrid System II memungkinkan baterai mengisi ulang otomatis saat berkendara. Sistem sepert ini persis seperti punya Toyota Camry.

Tersedia pula pilihan mode berkendara: EV, Normal, Eco, dan Sport. Untuk kesenangan lebih, ada penggerak semua roda (AWD) yang mampu memberikan limpahan tenaga sampai 80 persen ke roda belakang.

Baca juga  Kenalan Singkat Dengan Toyota Kijang Innova Ambulans

Soal fitur keselamatan, tidak perlu diragukan. Toyota Sienna memiliki Toyota Safety Sense (TSS 2.0) seperti Alphard.

Di dalam mobil ini terintegrasi berbagai fitur keselamatan seperti Pre-Collision System (PCS), Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Assist, dan masih banyak lagi.

Tidak ketinggalan, ada 10 airbags di sekeliling kabin. Kemudian Sienna memiliki vehicle stability control (VSC), traction control (TRAC), electronic brake distribution (EBD), brake assist (BA), anti-lock braking system (ABS), dan smart stop technology (SST).

Harga Toyota Sienna

sienna
Kenyamanan kabin Toyota Sienna istimewa dengan jok yang bisa selonjoran

Di Amerika Serikat, Toyota Sienna dijual dalam enam varian:
L, LE, XLE, XSE, Limited, dan Platinum. Dengan spesifikasi Toyota Sienna yang istimewa, harganya juga tidak bisa dikatakan murah. Meski sampai sekarang banderol resmi belum diumumkan, namun media Amerika Serikat memberi prediksi.

Toyota Sienna L disebut-sebut punya harga mulai $32.000 atau setara Rp460 jutaan. Sementara varian Premium atau yang termahal sekitar $45,000 yang jika dikurs ke mata uang Indonesia sampai Rp640 jutaan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

Terbaru