Monday, May 29, 2023
Moladin-Toyota

Suzuki Engage, Mobil MPV Kembaran Innova Zenix?

by Firdaus Ali
Suzuki Engage

Suzuki Engage dikabarkan siap meluncur untuk pasar otomotif India. Menariknya, mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) 7-seater ini digadang-gadang sebagai kembaran dari Toyota Innova Hycross atau Innova Zenix. Di India, Zenix dinamakan Hycross.

Dilansir dari laman Rushlane dan media otomotif India lain, Maruti Suzuki India akan melakukan rebadge Toyota Innova Hycross dengan nama Suzuki Engage. Hal itu juga dibuktikan, setelah Maruti Suzuki India diketahui mendaftarkan paten nama Engage yang diduga kuat merupakan penamaan mobil MPV segmen C kembaran Innova Hycross.

Namun begitu, disebutkan pula bahwa status pengajuan paten dari Maruti Suzuki India tersebut masih ‘Formalities Chk Pass’. Artinya, bila tidak disetujui maka Suzuki akan mencari nama lain.

Suzuki Engage merupakan mobil hasil kolaborasi antara Maruti Suzuki dan Toyota. Di mana salah satu poinnya menyebutkan, Toyota menyokong teknologi hybrid untuk Suzuki secara global. Selain itu, nantinya juga akan diproduksi dengan memanfaatkan perusahaan lokal termasuk baterai dan mesin di India. Lalu keduanya akan menggarap bersama MPV segmen C.

Sebagai informasi, Kemitraan antara dua pabrikan besar Jepang (Suzuki dan Toyota) ini di India sudah bergandengan sejak 2017 lalu, dengan tujuan pengembangan pasar serta model baru di segmen elektrifikasi. Kemudian pada bulan Maret 2019, keduanya merilis poin strategi kolaborasi yang intinya kedua perusahaan otomotif besar tersebut akan saling memanfaatkan kekuatan masing-masing baik di elektrifikasi maupun produksi mobil ringkas.

Hasil dari dari poin kolaborasi tersebut adalah beberapa model kembar atau rebadge. Sebut saja Suzuki Ertiga-Toyota Rumion, Suzuki Baleno-Toyota Glanza/Starlet, Suzuki Vitara-Toyota Hyryder, serta Suzuki Vitara Brezza/Toyota Urban Cruiser. Kemungkinan selanjutnya adalah Toyota Innova Hycross-Suzuki Engage.

Prediksi Spesifikasi Suzuki Engage

Suzuki Engage

Suzuki Engage

Soal tongkrongan, Suzuki Engage terlihat mempunyai dimensi yang cukup bongsor mirip Innova Zenix atau di India bernama Toyota Innova Hycross. Kemudian untuk desain eksteriornya, juga terlihat modern. Perpaduan desain grille dengan sentuhan chrome, berpadu apik bersama headlamp dan bumpernya.

Untuk bagian interior dari Suzuki Engage, beberapa media otomotif di India juga memprediksi bakal mirip dengan Toyota Innova Hycross. Seperti head unit touchscreen dengan ukuran cukup besar dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto, serta bisa mendukung fitur-fitur mobil.

Soal jantung pacunya, Suzuki engage diprediksi akan menggendong mesin Toyota TNGA 2.0L 4-silinder yang tersedia dalam pilihan hybrid dan non-hybrid. Mobil MPV 7-seater ini juga kemungkinan bakal memiliki fitur Toyota Safety Sense ADAS Suite yang menggunakan nama milik Maruti Suzuki.

Berbicara harga, Maruti Suzuki belum mengungkap harga jual mobil ini. Namun begitu, Suzuki engage diprediksi bakal dijual lebih mahal dari Toyota Innova Hycross yang saat ini harganya mulai dari 1,8 juta Rupee atau setara Rp 333 jutaan. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika