oleh

Toyota Patenkan Nama Innova Hycross, Bermesin Hybrid?

Innova Hycross sudah siap untuk diluncurkan oleh Toyota India. Hal tersebut dikuatkan dengan adanya nama Innova Hycross di laman resmi instansi terkait di India.

Dari keterangan yang dipublikasikan, tertera sangat jelas namanya yaitu Innova Hycross. Patent tersebut diajukan oleh Kaisha selaku perwakilan Toyota Corporation tertanggal 24 Maret 2022.

Selain itu, foto Innova Hycross juga terkuak sedang melakukan uji tes di salah satu jalanan India. Meski sosoknya masih ditutupi dengan stiker warna hitam untuk kamuflase, namun public dan media di India meyakini sosok tersebut adalah Innova Hycross yang mengusung mesin hybrid.

Jika dilihat sekilas, dimensi dari mobil MPV hybrid ini lebih bongsor dari Innova yang lain. Jika diperhatikan, lekukan bodynya mengarah mirip Toyota Land Cruiser.

Sebagai informasi, saat ini pemerintah India gencar mengkampanyekan penggunaan mobil jenis hybrid. Dan saat ini Toyota sudah meluncurkan dua model mobil hybrid, yaitu Camry dan Vellfire. Harapannya mereka bisa menjual setidaknya 100 sampai 150 unit perbulan.

Baca juga  Review Toyota Alphard Generasi Pertama, Masih Terasa Mewah!

Meski begitu, harga mobil hybrid yang masih tergolong mahal menjadi hambatan daya beli masyarakat di India. Alhasil meski nantinya akan hadir Innova Hycross, untuk Innova bermesin bensin dan diesel masih tetap akan dijual.

Namun begitu, ada pula kabar bahwa Innova Hycross akan menggantikan Innova diesel. Alias hanya akan ada Innova bensin dan hybrid (Hycross).

Innova Hycross direncanakan mulai diproduksi pada Desember 2022, agar di tahun 2023 sudah mulai bisa dipasarkan. Meski terlihat dimensinya lebih bongsor, namun untuk desain eksterior nampaknya tidak akan berbeda jauh dengan Innova Crysta yang sudah berbedar di India.

Kemudian untuk velgnya terlihat menggunakan ukuran yang lebih besar serta disematkannya headlamp jenis LED. Menariknya, Innova Hycross diprediksi akan dibangun di atas platform TNGA. Untuk Interior sayangnya belum diketahui desain dan kelengkapannya.

Ya semoga saja, Innova Hycross di India ini juga yang akan dipasarkan di Indonesia untuk kemudian hari.

Kelebihan Teknologi Hybrid untuk Innova

Innova Hycross
Mesin hybrid

Mobil hybrid merupakan terobosan untuk menghasilkan kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Caranya dengan menggabungkan mesin konvensional dan motor listrik. Apa saja kelebihan mobil hybrid?

  • Irit Bahan Bakar

Mobil hybrid masih menggunakan mesin yang mengkonsumsi bensin. Namun begitu, di atas kertas konsumsi bahan bakar minyak lebih irit dibandingkan dengan mobil non-hybrid. Tentu bila diterapkan ke Innova, jadi lebih irit BBM.

  • Minim Getaran dan Rendah Suara

Bagi sebagian orang, suara dan getaran mesin, membuat tidak nyaman. Saat sedang berkendara atau berhenti saat lampu merah atau kemacetan. Berbeda dengan mobil hybrid, dimana saat terjadi kemacetan mesin bensin dari mobil hybrid tidak hidup dan yang bekerja adalah motor listrik tenaga baterai.

Baca juga  4 Masalah Toyota Camry XV50, Pantas Dibeli?

Hal ini membuat mobil hybrid sangat minim getaran dan suara lebih senyap, sehingga dapat membuat perjalanan berkendara semakin nyaman.

  • Performa dan Akselerasi Mumpuni

Performa dan akselerasi mobil hybrid diklaim lebih mumpuni dari mobil non hybrid. Sebab mesin bensin dan motor listrik tenaga baterai sama-sama memberikan daya untuk menambah akselerasi dan kecepatan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Innova Hycross (Innova hybrid). Penasaran spesifikasi lengkapnya?

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru