Thursday, October 6, 2022

Suzuki Swift 2023 Muncul, Yaris dan City Hatchback Waspadalah!

by Firdaus Ali
Suzuki Swift 2023

Beberapa waktu lalu, terlihat sosok yang diduga kuat Suzuki Swift 2023  tertangkap kamera sedang melakukan uji jalan. Menariknya, dilihat secara sekilas, ukuran body mobil lebih panjang.

Dikutip dari motor1, sosok yang diduga Suzuki Swift generasi terbaru tersebut masih menggunakan jubah kamuflase saat uji jalan di Eropa. Bodi mobil tampak lebih panjang, terlihat dari tutup kap mesin yang semakin melandai.

Suzuki Swift 2023 ini nampaknya akan banyak perubahan tampilan eksterior, interior, dan tentu fitur-fitur yang diusungnya. Meski secara detail informasi tersebut masih belum bocor. Namun begitu, mesinnya diprediksi akan mengusung 1.4 Liter mild hybrid hasil kolaborasi Suzuki dan Toyota.

Sebelumnya, pada awal tahun 2022 kemarin, di pasar Filipina telah meluncur Suzuki Swift anyar. Di Filipina, tampilan eksterior Swift cukup unik yaitu handle pintu belakang berada di pilar dekat jendela. Mirip dengan Nissan Juke dan Honda HR-V. Sementara untuk Suzuki Swift yang masih ditutupi stiker kamuflase handle pintunya kembali ke posisi pada umumnya.

Baca juga  Pemesanan Ertiga Hybrid Sudah Dibuka, Harganya Terjangkau!

Suzuki Swift di Filipina menggunakan mesin K12M empat silinder 1.2 liter yang mampu menyemburkan tenaga hingga 80,8 hp dan torsi 113 Nm. Tenaga tersebut tesalurkan melalui continuously variable transmission atau CVT. 

Soal fitur keselamatan, tersedia sensor parkir belakang dan kamera mundur. Tak hanya itu, terdapat juga fitur keselamatan lainnya, seperti airbag depan ganda, jangkar ISOFIX untuk kursi anak, rem anti-lock dengan distribusi gaya rem elektronik, dan rem bantuan.

Soal hiburan, Suzuki Swift di Filipina sudah menyematkan headunit touch screen 8 inci yang sudah bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Suzuki Swift di Indonesia

Suzuki Swift terbaru

Suzuki Swift 2016 di Indonesia

Suzuki Swift pertama kali diluncurkan secara resmi di Indonesia pada tahun 2005. Didatangkan secara CBU (completely built up) dari Jepang, mobil ini mampu mencuri perhatian dan memberikan alternatif pilihan yang menyegarkan di kelas mobil kompak 1500 cc.

Oleh Suzuki Indonesia, Swift yang pertama ini diberi kode GX dan tersedia dalam dua pilihan transmisi, 5-speed manual dan 4-speed otomatis.

Baca juga  3 Kekurangan Suzuki XL7, Perhatikan Sebelum Beli!

Memasuki pertengahan tahun 2006, Suzuki Indonesia meluncurkan varian baru yang diberi kode GL. Masih dalam bentuk CBU, perbedaan antara Swift GX dan GL adalah pada grill depan dan kontrol audio di lingkar kemudi.

Pada Swift GL kontrol audio hanya terdapat pada satu sisi lingkar kemudi, yaitu di sisi kiri. Sementara itu pada Swift GX, kontrol audio terdapat pada kedua sisi.

Mengakhiri tahun 2006, Suzuki Indonesia meluncurkan satu varian lagi yaitu Swift GT. Sayangnya Swift GT ini tetap menggunakan mesin 1500 cc, bukan 1600 cc. Muncul pendapat bahwa Swift GT adalah tidak lebih dari Swift GL yang diberi body kit.

Pada perkembangan tahun berikutnya, Swift tidak lagi didatangkan secara CBU, akan tetapi sudah dirakit secara lokal (CKD). Varian ini kemudian diberi kode dengan ST (pengganti GL), dan GT2, GT3 dan GTS. Sayangnya, pada tahun 2016, perjalanan Suzuki Swift di Indonesia disuntik mati.

Walau demikian bukan tidak mungkin, Swift hidup lagi di masa mendatang. Moladiners, itulah ulasan mengenai Suzuki Swift 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Baca juga  Bocoran 5 Mobil Hybrid Terbaru Tahun 2022 di Indonesia

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika