Penting! Tips Lengkap Mengatasi Masalah Darurat di Jalan Raya

by Galih Nugraha
Penting! Tips Lengkap Mengatasi Masalah Kendaraan Darurat di Jalan Raya

Saat Anda berkendara, tidak bisa dipungkiri ada beberapa kemungkinan masalah darurat di jalan yang bisa saja Anda alami di luar prediksi Anda. Namun, tidak perlu kuatir.

Berikut adalah beberapa tips lengkap masalah kendaraan darurat yang bisa Anda pelajari disaat Anda mengalami hal-hal tersebut:

1. Ban Kempes

Kejadian ban kempes sering ditemukan di jalan raya, ditandai dengan suara letupan yang dapat membuat kepanikan. Jika ini terjadi pada Anda, sebaiknya jangan langsung menginjak rem dan stabilkan kendaraan terlebih dahulu dengan menekan gas untuk menjaga keseimbangan kendaraan sampai Anda bisa menepikan kendaraan di tempat yang aman.

2. Rem Blong

Di saat situasi yang mendesak dan membahayakan ini, Anda harus tetap tenang. Tekan klakson dan nyalakan lampu untuk memberi tanda bagi pengguna jalan lain terkait kondisi darurat ini. Hindari belok mendadak karena bisa menyebabkan kendaraan Anda terguling ataupun menabrak kendaraan maupun hal lain yang tidak diinginkan. Dengan tenang, arahkan kendaraan Anda ke area yang aman untuk berhenti dan menepi.

Baca juga  Kupas Tuntas Kebijakan PSBB Jilid 2 di Jakarta

3. Kendaraan Mengalami Overheat

Jika kendaraan Anda mengalami overheat, jangan paksakan kendaraan untuk terus berjalan karena akan berpotensi merusak mesin. Segera menepi untuk membuka kap mesin, cek air radiator dan isi dengan air mineral dalam kondisi yang darurat. Setelahnya, bawa kendaraan Anda ke bengkel terdekat untuk mencegah terjadi overheat kembali.

4. Kejadian Mendadak Lainnya

Terdapat potensi kejadian mendadak lainnya diluar dugaan Anda, seperti hewan yang tiba-tiba menyebrang atau pengguna jalan lain yang lengah dan berada di lintasan kendaraan Anda. Hindari over correcting stir secara tiba-tiba dan alihkan perhatian Anda untuk tetap menjaga kestabilan kendaraan. Kemudian, arahkan kendaraan Anda ke area yang lebih aman.

Demikian beberapa tips lengkap mengatasi masalah darurat kendaraan yang bisa Anda praktekkan saat menghadapi masalah darurat di jalan. Tetap utamakan keselamatan Anda dan juga pengguna jalan lainnya. Jangan lupa untuk cek kondisi kendaraan Anda secara berkala dan berkendaralah dengan bijaksana.

Moladiners, simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Baca juga  7 Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk Gigi, Cek Segera!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika