Trik Menabung untuk Pembeli Mobil Pertama Dengan Cara Cash atau Kredit

by Tigor Sihombing
Trik Menabung untuk Pembeli Mobil Pertama

Membeli mobil pertama adalah pencapaian besar, tapi tanpa perencanaan yang matang, hal ini bisa jadi tantangan. Salah satu kunci suksesnya adalah mempersiapkan budget dengan baik.

Mengutip laman BCA Finance, dibeberkan beberapa trik menabung yang bisa kamu ikuti agar impian memiliki mobil pertama bisa segera terwujud. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Tentukan Target Mobil yang Akan Dibeli

Langkah awal, tentukan jenis mobil yang ingin kamu beli, baik bekas maupun baru. Cek harganya dan pastikan sesuai dengan kemampuan keuanganmu. Jangan lupa, hitung juga biaya lain seperti pajak, asuransi, dan perawatan rutin.

2. Susun Rencana Menabung

Penting untuk menyusun rencana menabung
Penting untuk menyusun rencana menabung

Setelah mengetahui total biaya mobil, buat rencana menabung yang jelas. Tentukan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mencapai target. Hitung jumlah uang yang harus kamu tabung setiap bulan, dan pastikan sesuai dengan kemampuan finansial agar tidak menambah utang.

3. Lakukan Budgeting Bulanan

Catat semua pemasukan dan pengeluaranmu setiap bulan. Mulai dari gaji hingga biaya sehari-hari seperti tagihan listrik dan transportasi. Dengan budgeting yang teratur, kamu bisa mengelola uang lebih baik dan menabung dengan lebih cepat.

Baca juga  Cara Menghilangkan Noda Kuning Pada Mobil Putih, Mudah!

4. Pisahkan Rekening

Buat rekening khusus untuk tabungan mobil. Hal ini akan membantumu melihat progres tabungan dengan lebih jelas dan mencegah penggunaan uang secara tidak terencana. Supaya lebih aman, hindari menggunakan fasilitas mobile banking atau kartu debit pada rekening ini.

5. Cari Penghasilan Tambahan

Keputusan membeli mobil baru bukanlah langkah mudah, untuk itu upayakan bisa memperolah penghasilan tambahan
Keputusan membeli mobil baru bukanlah langkah mudah, untuk itu upayakan bisa memperolah penghasilan tambahan

BCA Finance juga menyarankan, kalau menabung dari pendapatan utama belum cukup, coba cari penghasilan tambahan. Pekerjaan paruh waktu atau proyek sampingan bisa jadi solusi.

6. Konsisten Menabung

Kunci sukses menabung adalah konsistensi. Mulailah dengan nominal kecil dan tambah secara perlahan. Jika perlu, aktifkan fitur autodebet agar tabungan langsung terpotong setiap bulan tanpa perlu diingatkan. Dengan konsistensi, kamu akan mencapai target lebih cepat.

Pada dasarnya menabung untuk mobil pertama bukan hal yang mustahil jika kamu punya perencanaan yang matang dan konsisten. Jika uang sudah cukup bahkan kamu bisa membeli mobil dengan cara cash. Namun tidak ada salahnya juga jika budget belum mencukupi dengan membeli secara kredit.

Demikian ulasan Trik Menabung untuk Pembeli Mobil Pertama. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Baca juga  Memahami Fungsi Alternator Mobil, Harus Tahu!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika