by

Volkswagen Transporter T7 Mulai Uji Jalan

Volkswagen Transporter T7 generasi terbaru sedang lakukan uji coba di sirkuit Nurburgring, Jerman. Hal ini diketahui dari foto-foto yang tersiar ke media seperti dikutip dari laman Autoexpress pada Jumat (28/5).

Mobil keluarga tersebut, kemungkinan baka hal dalam waktu dekat. Kalau tidak meleset, peluncurannya siap dilakukan Juni 2021.

Sedikit bocorannya, Volkswagen Transporter T7 masih mangadopsi konsep desain van 7 seater, dimana unit ini nantinya akan bersaing bersama Mercedes-Benz Sprinter dan Ford Transit Custom.

Meskipun prototipe Transporter ini tidak terlihat seperti menggunakan sticker kamuflase, namun jika diperhatikan lebih dekat kita akan melihat seperti vinil dilapis solasi hitam yang menyamarkan garis body.

Terlihat juga dari gambar yang beredar mobil Volkswagen Transporter T7 menggusung lampu depan berteknologi LED Projector dengan desain yang baru.

Sedangkan grilnya menggunakan aksen krom seperti yang digunakan pada VW Golf MK8 terbaru. Di bagian belakang mobil ada beberapa stiker yang menutupi lampu stop yang desain sebenarnya adalah horizontal yang juga terinspirasi dari Golf terbaru.

Baca juga  Menakar Konsumsi BBM Avanza, Irit Atau Boros?

Di pintu belakang juga ada spoiler belakang, jika diperhatikan ada stop lamp di sana. Dengan penggunaan aksesoris ini besar kemungkinan mobil tersebut merupakan tipe tertinggi dari Transporter T7 atau T7 Multivan.

Selain itu di bagian bumper belakangnya ada pentolan yang sepertinya car carier, yang menandakan mobil ini bakal asyik diajak petualang.

Secara keseluruhan tampilan mobil lebih futuristik, meninggalkan desain kotak retro pada generasi sebelumnya.

Tersedia Dengan Powertrain Hybrid dan Konvensional

Volkswagen Transporter T7
Volkswagen Transporter T7 (Depan) dan Lawas (Belakang)

Bocoran lainnya, besar kemungkinan VW Transporter T7 atau T7 Multivan ini juga akan tersedia dengan powertrain hybrid plug-in terbaru. Hal ini diketahui karena beberapa waktu lalu Volkswagen merilis teaser dimana mobil ini menggunakan eksen biru pada gril, juga ada bocoran interior dalam bentuk sketsa dan emblem ehybrid.

Diprediksi sistem eHybrid ini akan menggunakan baterai lithium-ion yang dipasang di bawah lantai kabin. Cara kerjanya diprediksi mirip hybrid kebanyakan yakni jika daya telah terisi sistem ini akan secara otomatis mengaktifkan mode EV, sedangkan mesin bensin akan aktif pada kecepatan yang lebih tinggi.

Baca juga  Kenal VW Taigun, SUV Calon Rival Raize Hingga HR-V!

Penempatan baterai di bagian bawah sasis besar kemungkinan akan memberikan penurunan pusat gravitasi, yang membuat akselerasi berkendara lebih nyaman dan stabil.

Didukung Dengan Varian Mesin Hybrid dan Diesel

Volkswagen Transporter T7
Bocoran dari teaser interior

Untuk spek sistem hybridnya sendiri Volkswagen masih menutup rapat. Tapi diprediksi unit ini akan dibekali powertrain yang telah diaplikasi pada Mk8 Golf GTE dan Tiguan eHybrid terbaru.

Kedua mobil tersebut mengusung mesin bensin empat silinder 1.4 liter turbocharged yang dikombinasikan dengan motor listrik 113bhp, menawarkan output gabungan maksimum 242bhp dan torsi 400Nm.

Pilihan mesin lainnya adalah diesel empat silinder 2.0 liter turbocharged yang sudah diaplikasikan pada mobil-mobil VW sebelumnya seperti SUV Tiguan dan SEAT Ateca.

Sama seperti varian sebelumnya (Volkswagen Transporter T6.1), model baru ini juga kemungkinan besar akan ditawarkan dengan penggerak roda depan dan all wheel drive.

Sebelumnya Volkswagen pernah mengatakan jika Transporter T7 akan dibuat lebih nyaman, lebih aman, lebih cerdas, lebih terhubung, dan lebih berkualitas daripada sebelumnya.

Terlebih dengan platform MQB terbaru yang digunakan saat ini, VW menjanjikan akses teknologi interior terbaru Volkswagen di mobil ini.

Baca juga  Bocoran Peluncuran Avanza Generasi Terbaru, Sebentar Lagi?

Dilihat dari teaser kabin Volkswagen, Multivan baru akan mendapatkan sistem infotainment layar ganda yang sama dengan Golf terbaru. Model andalannya menampilkan cluster instrumen digital dan sistem infotainment 10 inci yang mencolok.

Selain itu hadir juga rangkaian peralatan keselamatan yang biasa seperti cross lane guide, cruise control, dan blind spot sistem.

Interior multivan ini juga akan disematkan kursi individu di bagian belakang yang tentunya dengan rel yang bisa disesuaikan hadapnya. Bocoran lainnya kursi-kursi ini juga memiliki fungsi putar, memungkinkan penumpang untuk saling berhadapan bag di ruang meeting.

Demikian ulasan terkait Volkswagen Transporter T7 terbaru. Untuk mendapatkan berita terbaru seputar otomotif, pantau terus Moladin.com.

Terbaru