Thursday, October 6, 2022

Accelera Luncurkan Ban Mobil Listrik, Apa Kelebihannya?

by Tigor Sihombing
ban mobil listrik

Accelera luncurkan ban mobil listrik yang diproduksi lokal di Indonesia. maraknya perkembangan mobil listrik Tanah Air, mulai ditanggapi positif oleh produsen komponen aftermarket seperti PT Elangperdana Tyre Industry (EPTI) selaku produsen ban Accelera.

Adalahh Accelera Iota EVT yang diluncurkan dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Autoshow (GIIAS) 2022, pada Selasa, 16 Agustus kemarin.

Memenuhi tuntutan mobil listrik, melalui pengalaman EPTI sebagai produsen ban kendaraan, serta didukung teknologi simulasi, diyakini ban mobil listrik ini siap menjadi andalan konsumen Tanah Air.

Koko Jatmiko R&D Manager EPTI menyatakan bahwa pattern asymmetric dan design sidewall yang unik, modern dan lebih fresh serta memiliki noise yang rendah.

“Ban mobil listrik ini memiliki rolling resistance yang rendah dan daya cengkeram optimal, sehingga dapat menghemat pemakaian baterai pada mobil listrik,” kata Koko.

Pihak EPT mengatakan Accelera Iota EVT menggunakan teknologi antene. Merupakan teknologi yang diciptakan oleh EPTI, fungsi mentransfer elektrostatik yang muncul pada tapak ban dan meminimalisir kemungkinan munculnya percikan api atau kebakaran yang terjadi karena elektrostatik di permukaan ban.

Baca juga  Cara Membaca Kode Ban Mobil yang Wajib Diketahui

Dicky Mursalie, Managing Director EPTI menegaskan bahwa Accelera Iota EVT didesign dengan noise yang lebih rendah dibandingkan ban biasa untuk menjaga tingkat kesenyapan mobil listrik saat melaju di jalan. Tentunya berdampak pada efisiensi penggunaan energi listrik dan juga meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

“Bobot mobil listrik yang lebih berat akibat membawa baterai dan karakter motor listrik bertorsi besar, Accelera Iota EVT punya kontruksi berbeda dan juga kompon serta desain tapaknya, berbeda dari ban konvensional,” tambah Dicky.

Tersedia Dua Ukuran Ban Mobil Listrik Accelera

ban mobil listrik

Accelera Iota EVT tersedia dalam dua pilihan ukuran ban yakni 195/50 R16 dan 285/35 R22. Diklaim, bila mobil listrik dikendarai secara normal, tapak ban bisa menempuh jarak 50.000 km. Perihal harganya, EPTI masih melakukan studi dan pengembangan akan ban masih terus dilakukan. 

Spesifikasi ban mobil listrik Accelera Iota menggunakan blok tapak yang dioptimalkan dan urutan pitch memberikan rasa berkendara yang tenang dan halus. Tiga rusuk tengah yang kokoh dengan multi-sipe yang dirancang untuk stabilitas kecepatan tinggi dan traksi ekstra. Blok bahu yang tangguh memastikan stabilitas menikung dan kemampuan manuver yang sangat baik.

Baca juga  Rekomendasi Ban Eco Terbaik, Harga Murah dan Hemat BBM Mobil!

Empat alur melingkar lebar memberikan ketahanan hydroplaning yang sangat baik dan cengkraman yang kuat saat kondisi jalan basah. Pola tapak non-arah asimetris memungkinkan rotasi silang untuk mempertahankan tingkat kebisingan yang rendah selama ban digunakan.

Ban mobil listrik Accelera Iota EVT tersedia dalam dua pilihan ukuran ban yakni 195/50 R16 dan 285/35 R22. Diklaim, bila mobil listrik dikendarai secara normal, tapak ban bisa menempuh jarak 50.000 km. Perihal harganya, EPTI masih melakukan studi dan pengembangan akan ban masih terus dilakukan. 

Demikian ulasan terkait pabrikan Accelera yang meluncurkan ban mobil listrik. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika