Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Airbag Kia Carens Bermasalah, 44 Ribu Mobil Kena Recall!

by Baghendra Lodra
airbag kia carens bermasalah

Sebanyak 44.174 mobil kena recall, lantaran Airbag Kia Carens bermasalah. Itulah yang dilakukan Kia India, tempat di mana Carens terbaru diproduksi.

“Kampanye recall ini diprakarkasi Kia India untuk inspeksi kemungkinan persoalan di airbag control module (ACU) sofware di Kia Carens,” seperti dikutip dari laman resmi kia.com/in

Walau demikian, Kia tidak mengumumkan efek apa yang akan diterima konsumen bila masalah airbag ini tidak diperbaiki. Mereka cuma mengatakan bakal menghubungi konsumen yang kemungkinan mobil Carens miliknya terkena persoalan.

Selanjutnya Kia akan melakukan pemeriksaan di bengkel resmi. Bila ada perbaikan software di ACU, maka semuanya akan dilakukan secara gratis.

Informasi airbag Kia Carens bermasalah ini penting buat konsumen Indonesia, pasalnya mobil serupa juga dipasarkan di Tanah Air. Hanya saja memang sampai sekarang, belum ada informasi dari PT Kreta Indo Artha selaku pemegang merek KIA di Indonesia terkait hal tersebut.

Sistem Keselamatan di Mobil Kia Carens

Airbag kia carens bermasalah

Kia Carens menggunakan 6 airbag untuk sistem keselamatannya


Kia Carens merupakan mobil yang dijual resmi di Indonesia sejak GIIAS 2022. Bicara sistem keselamatannya, di atas kertas terbilang cukup istimewa. Carens terbaru memiliki enam airbag, lalu ada advanced high strength steel & press hot stamping di struktur bodinya.

Baca juga  7 Masalah Suzuki Ertiga Bekas yang Sering Dikeluhkan

Soal pengereman, sudah pakaicakram di keempat roda. Ada pula fitur anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), brake assist (BA), electronis ctability control (ESC), dan lain-lain. Dengan berbagai penunjang tersebut, harusnya Carens bisa mencegah cederah parah penumpang dan pengemudi di dalamnya saat terjadi kecelakaan.

Hanya saja dengan sistem keselamatan istimewa tersebut, Carens cuma berhasil mendapatkan 3 bintang di uji tabrak Global NCAP. Tentu ini jadi tanda tanya besar.

Apakah hasil dari uji tabrak ini ada hubungannya dengan recall airbag Kia Carens bermasalah? Belum ada pernyataan dari Kia lebih lanjut.

Kia Carens di Indonesia dijual dalam dua varian bermesin bensin: 1.4 Liter Turbo dan 1.5 Liter. Bila kamu mau performa mantap, bisa pilih jantung mekanis 1.4 liter turbo yang bisa mengeluarkan torsi hingga 242 Nm pada 1.500 – 3.200 rpm dan tenaga maksimal 140 PS pada 6.000 rpm. Hanya saja versi turbo ini dijual cukup mahal, tembus Rp 449 juta (OTR Jakarta).

Baca juga  5 Merek Mobil Terlaris di Awal 2020

Bila kamu cari Carens dengan harga lebih terjangkau, bisa pilih varian 1.5 Liter tanpa turbo yang dijual Rp 389 juta (OTR Jakarta). Walau demikian, performa mesinnya cuma bisa melontarkan torsi 144 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga maksimal 115 PS pada 6.300 rpm.

Itulah tadi bahasan soal airbag Kia Carens bermasalah. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika