Kamis, Mei 30, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Optimalkan Arus Balik Lebaran di Jalur Contraflow, Korlantas Perketat Pembatas Jalan Hingga Tambah Safety Car

by Firdaus Ali
Arus balik lebaran di jalur contraflow

Untuk mengoptimalkan arus balik lebaran di jalur contraflow, Korlantas Polri perkeat pembatas jalan dan tambah safety car.

Korlantas Polri memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta dalam rangka mengurai peningkatan volume lalu lintas saat arus balik lebaran 2024.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengungkapkan salah satu skema yang diterapkan adalah rekayasa lalin Contraflow sebagai langkah untuk mengawal arus balik kendaraan. Berbagai komponen telah dipersiapkan, seperti penambahan safety car atau kendaraan pengawalan guna memantau batas kecepatan dan penambahan kendaraan bantuan seperti mobil derek, ambulan dan sebagainya.

“Penambahan armada safety car atau kendaraan pengawalan untuk memantau batas kecepatapan di jalur contraflow. Akan lebih banyak kendaraan dalurat atau pendukung seperti mobil derek, ambulans dan sebagainya guna memastikan tindakan mitigasi lebih cepat,” ujar Kakorlantas Polri seperti dikutip dari laman Humas Polri, Sabtu (13/4).

Kakorlantas mengatakan upaya peningkatan infrastruktur jalan juga dilakukan pihaknya dengan menambah pembatas jalan seperti traffic cone dan barrier.

Baca juga  Arus Balik Lebaran Hari Pertama Lancar, ASN WFH Sampai 18 April 2024!

“Memperketat pembatasan jalan dengan menambah kombinasi cone dan barrier pada sepanjang jalur,” ungkap Irjen Pol Aan.

Selain itu, peningkatan penerangan jalan dengan menambah lampu pembatas di jalur contraflow juga menjadi prioritas.

“Untuk membantu visibilitas pengendara lebih baik, juga akan mengaplikasikan lampu tambahan sebagai pembatas baik di jalur contraflow maupun reguler,” tutupnya.

Korlantas Polri juga akan terus mengedukasi kepada masyarakat tentang prosedur dan pentingnya patuh terhadap aturan lalu lintas saat menggunakan jalur contraflow. Diharapkan dengan adanya strategi tersebut arus balik lebaran bisa dielola dengan lebih efisien dan aman bagi semua pengguna jalan.

Puncak Arus Balik Lebaran 2024 Diprediksi Hari Minggu dan Senin

Karopenmas Divsi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan puncak arus balik terjadi mulai Minggu (15/4) hingga Senin (15/4).

“Menurut data dari Korlantas Polri bahwa puncak arus balik diprediksi mulai hari Minggu, 14 April 2024 sampai dengan Senin, 15 April 2024,” ujar Brigjen Trunoyudo di Mabes Polri, Sabtu (13/4/2024).

Baca juga  Arus Balik Lebaran Hari Pertama Lancar, ASN WFH Sampai 18 April 2024!

Karopenmas mengimbau kepada masyarakat agar terus update informasi mengenai arus balik dari kepolisian. Masyarakat yang melakukan perjalanan arus balik disarankan untuk istirahat setelah mengemudi 4 jam.

“Apabila kelelahan diharapkan tidak memaksakan diri serta maksimalkan mengemudi selama 4 jam, kemudian dapat istirahat di rest area jalur tol atau keluar pada jalur arteri yang telah disediakan,” jelasnya.

Masyarakat juga diimbau untuk melakukan perjalanan arus balik lebih awal. Selain itu masyarakat diimbau untuk memastikan kesehatan fisik tubuh dan kendaraan dalam konfisi baik.

“Pilih dengan baik waktu arus balik lebih awal dan sesuai dengan kondisi dan pemberlakuan rekayasa lalu lintas, sehingga aman dan nyaman serta mudik ceria penuh makna,” tutur Karopenmas.

Karopenmas menegaskan, selama arus balik, Polri siap melayani dan mengamankan pemudik hingga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) dapat terwujud dengan baik.

“Polri siap melayani, mengamankan kepada seluruh pemudik sehingga kamseltibcarlantas dapat terwujud dengan baik,” pungkasnya.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Baca juga  Arus Balik Lebaran Hari Pertama Lancar, ASN WFH Sampai 18 April 2024!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika