Saturday, June 10, 2023
Moladin-Toyota

Biaya Tol Jakarta-Semarang 2023, Naik Mobil Cuma Segini!

by Tigor Sihombing
biaya tol Jakarta-Semarang

Kira-kira berapa ya biaya tol Jakarta-Semarang saat ini untuk tahun 2023? Maklum kalau penasaran, karena memang dari Jakarta ke Semarang saat ini sudah semakin mudah dan cepat, lantaran bisa ditempuh hanya melalui jalan Tol Trans Jawa.

Jadi baik mobil pribadi atau bus umum bisa memanfaatkan Tol Trans Jawa ini untuk mudik, berlibur, ataupun melakukan perjalanan dinas ke Semarang. Bahkan untuk mobil listrik sekali pun, ada fasilitas cas baterai di beberapa rest area. 

Menurut laman resmi Badan Pengaturan Jalan tol PUPR, di awal tahun 2023 ini sudah tersedia fasilitas pendukung Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Tol Trans Jawa. Khususnya di rest area Km 207A dan Km 389B.

Jarak perjalanan dari Jakarta ke Semarang adalah 440 Km dengan waktu tempuh sekitar 6 jam menggunakan mobil pribadi. Tentu saja soal lama perjalanan ini ditentukan oleh berbagai macam faktor, ketika kamu berkendara saat macet atau momen mudik, pastilah bakal lebih lama.

Kemudian soal biaya Tol Jakarta-Semarang 2023, berikut bahasan lengkapnya:

Total Tarif Tol Jakarta – Semarang Pulang Pergi

biaya tol jakarta-semarang

Tol Jakarta-Semarang bisa ditempuh selama 6 jam atau 440 Km

Dalam membahas biaya tol Jakarta-Semarang 2023, kamu harus tahu dulu rute perjalanannya. Kini dengan adanya tol Trans Jawa, kamu bisa sampai ke Semarang lewat tol terus menerus. Artinya keluar tol langsung Semarang.

Baca juga  7 Cara Cek Tarif Tol Online 2023, dari HP Cukup!

Pertama-tama kamu harus menuju ke tol Cikampek terdahulu sengan menempuh perjalanan sejau 72 km. Di tol Cikampek kamu hanya membayar sebesar Rp 20 ribu saja.

Selanjutnya arahkan mobil ke arah tol Cikopo – Palimanan dengan panjang sekitar 116,7 km, biayanya 119 ribu. Terus ke tol Palimanan – Kanci dengan jarak tol hanya 26,3 km dengan biaya Rp 12,5 ribu. Dari Kanci kamu menuju Pejagan dengan panjang tol 35 km, biayanya Rp 29,5 ribu. Kemudian lanjut Tol Pejagan-Pemalang, jaraknya 57,5 meter, dengan tarif tol Rp 60 ribu.

Lalu menuju ke Tol Pemalang РBatang dengan jara 39,1 km harganya Rp 45 ribu. Selanjutnya kamu sudah masuk semarang dan menuju tol dalam kota Batang-Semarang tarifnya Rp 86 ribu. Lalu terakhir  di tol dalam kota semarang dengan jarak 24 km, biaya tolnya Rp 5.500.

Jadi jika dijumlahkan untuk sekali perjalanan tol Jakarta-Semarang via tol trans Jawa biayanya Rp 377.500, untuk sekali keberangkatan. Bila pulang pergi menjadi Rp 775.000. Berikut daftar tol yang harus dilewati:

  • Tol Jakarta-Cikampek: Rp 20.000 (Panjang tol 72 km)
  • Tol Cikopo-Palimanan Rp 119.00 (Panjang tol 116,7 Km
  • Tol Palimanan-Kanci Rp 12.500 (Panjang tol 26,3 km)
  • Tol Kanci-Pejagan Rp 29.500 (Panjang tol 35 km)
  • Tol Pejagan-Pemalang Rp 60.000 (Panjang tol 57,5 km)
  • Tol Pemalang-Batang Rp 45.000 (Panjang tol 39,19 km)
  • Tol Batang-Semarang (Kalikangkung) Rp 86.000 (Panjang tol 75,6 km)
  • Tol Semarang ABC (Dalam Kota) Rp 5.500 (Panjang tol 24 km)
Baca juga  Tarif Tol Jakarta Bandung Terbaru 2023, Semua Golongan!

Persiapkan Saldo Kartu Tol Elektronik Sebelum Masuk Tol Jakarta-Semarang

biaya tol Jakarta-Semarang

Kartu elektronik harus digunakan untuk pembayaran di jalan tol Jakarta-Semarang

Jika kamu sudah mengetahui tarif Tol Jakarta-Semarang jangan luipa perlengkapi perjalanan kamu menggunakan uang elektronik. Karena penggunaan uang elektronik mempercepat akses keluar gerbang tol dan mempermudah transaksimu.

Apalagi hampir semua pintu tol, kini pembayaran sudah bisa menggunakan kartu elektronik. Dengan kata lain, tanpa kartu elektronik atau E-Toll Card, kamu tidak akan bisa melewati jalan tol. Nah berikut ini adalah beberapa kartu yang bisa digunakan:

  • E-Toll Card. Kartu elektronik ini dikeluarkan oleh PT Jasa Marga yang bekerjasama dengan Bank Mandiri. Cara topupnya pun mudah seperti di mesin ATM, di supermarket terdekat, atau melalui banking internet.
  • Brizzi adalah uang elektronik yang dikeluarkan oleh BRI. Selain digunakan untuk commuter line dan busway, Brizzi juga dapat digunakan di Tol Jakarta Semarang ini. Batasan maksimal isi dari Brizzi adalah Rp 1,000,000,-
  • Flazz. Bank BCA juga memiliki produk e-money bernama Flazz. Kartu ini memiliki jangkauan yang cukup luas seperti tol, transportasi umum, belanja di gerai, hingga untuk pembayaran bill restoran. Isi ulang paling mudah bisa menggunakan Gopay, internet banking.
  • BNI Tapcash. Tidak kalah populer dengan bank lainnya, Bank BNI juga mengeluarkan uang elektronik bernama BNI Tap cash. Kartu ini bisa digunakan untuk Tol Jakarta Semarang juga.
  • Indomaret Card. Masih bersamaan dengan Bank Mandiri, kini mereka bekerjasama dengan Indomaret dan mengeluarkan kartu bernama Indomaret Card. Selain digunakan untuk berbelanja di Indomaret, kartu ini juga bisa digunakan untuk tol. Pengisian ulangnya juga mudah karena Anda hanya perlu datang ke semua Indomaret di manapun Anda berada.
  • Gazcard. Gazcard adalah e-money keluaran Pertamina. Awalnya, kartu ini digunakan untuk pembelian bahan bakar. Tetapi kini juga bisa digunakan sebagai pembayaran tol.
Baca juga  Polri Gelar Operasi Lilin 2022, Arus Mudik Macet?

Demikian ulasan biaya tol Jakarta-Semarang 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika