Trend Motor Matic Ban Ring 12 Inci, Gimana Dengan Ketersediaan Stoknya


Notice: Undefined index: title in /var/www/localhost/htdocs/blog/wp-content/plugins/product-name/includes/functions.php on line 7

 

 

 

Pangsa pasar motor matic masih terus meningkat tiap tahunnya. Meskipun sedikit agak tergerus dengan hadirnya motor-motor bergenre sport premium. Makanya untuk tetap mempertahankan kedigdayaan pasar motor matik, produsen selalu berinovasi. Selain hadirkan warna-warna baru, penambahan fitur, kapasitas mesin naik, yang terbaru ini adalah produk matic mengadopsi ban ring 12 inci.

Seperti Moladiners tahu, awal hadirnya motor matic di tanah air rata-rata menggunakan ban ring 14 inci dan beberapa gunakan ban 16 inci. Sementara motor-motor yang gunakan ban 12 inci bisa dihitung jumlahnya, karena hanya dipakai oleh produsen motor dengan brand tergolong bukan penguasa pasar. Contohnya pabrikan motor merek Piaggio, Kymco, Peugeot serta Kawasaki pada produk Kawasaki KSR.

 

Yamaha Fino 125

Harga yang tercantum adalah harga DP motor

 

Honda All New Scoopy, Matic Pertama Pakai Ban 12 Inci

Nah, produsen motor terbesar di tanah air yang menggebrak penggunaan ban motor matic ring 12 inci adalah PT Astra Honda Motor atau AHM. Pabrikan motor berlogo ‘Kepak Sayap’ itu mulai mencoba mengeluarkan motor dengan ban 12 inci pada produk terbarunya, yaitu All New Honda Scoopy. Motor matic Honda ini menggunakan ban motor 12 inci sebagai penyegaran dari produk lama.

 

ban motor scoopy
Honda scoopy makin klasik dengan ban motor 12 inci

 

“Ya, All New Scoopy memiliki ukuran pelek lebih kecil, yakni ring 12. Berbeda dari generasi sebelumnya yang lebih besar yakni ring 14 inci. Sebenarnya diameter luar antara pelek 12 inci dan 14 inci sama, sehingga untuk ketinggian sama. Tapi dari segi kenyamanan yang 12 inci lebih baik dari pada 14 inci, karena lebih stabil dan karakternya (ban) lebih besar dan ground clearance lebih tinggi dari generasi sebelumnya,” ucap R&D Honda South Asia Company Limited, Izumi Kanazawa, seperti dikutip situs www.astra-honda.com.

 

Ban Motor Matic Ring 12 Inci Diadopsi Yamaha FreeGo

Tak hanya All New Honda Scoopy, belakangan pabrikan motor Yamaha pun melansir motor matic terbarunya yang menggunakan ban ring 12 inci. Dilansir akhir 2018 lalu PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing atau YIMM, Yamaha FreeGo yang dibekali mesin 125 cc mengadopsi ban motor 12 inci. Sedangkan ukuran lebar pelek 2.50 inci di bagian depan dan 2.75 inci di belakang.

 

ban motor matic
Ban motor matic 12 inci makin banyak digunakan

 

Nah, karena semakin banyak motor menggunakan ban ring 12 inci bagaimana dengan ketersediaan ban tipe tersebut? Tak perlu khawatir, sebab di pasaran ban 12 inci juga makin meriahkan pasar, baik dari merek, kembangan dan ukurannya. Pilihannya juga beragam. Hanya saja, ban dengan profil lebar 90 memang baru All New Honda Scoopy dan FreeGo, yang lain umumnya memakai profil lebar 70.

Berikut daftar kisaran harga ban motor matic di bawah Rp. 1 juta.

 

harga ban motor matic

 

Baca juga:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *