by

Rekomendasi Ban Motor Matic Ring 12 Inci Terbaik

Pastinya banyak dari kamu yang sedang mencari rekomendasi ban motor matic ring 12 inci. Hal tersebut wajar, karena memang ban ukuran mungil ini peredarannya tidak sebanyak ban 14 inci.

Maklum, motor matic di Indonesia kebanyakan memang menggunakan ukuran 14 inci. Walau demikian, skutik dengan karet bundar 12 inci pun tidak sedikit jumlahnya. Ambil contoh ada Honda Scoopy, Yamaha Freego, dan berbagai motor Vespa seperti Sprint, Primavera, dan GTS.

Oleh karenanya, bila kamu ingin ganti ban motor matic ring 12 inci dipastikan tidak akan kesulitan. Merek-merek karet bundar versi aftermarket pun banyak mengeluarkan produk yang berkualitas. Pilihannya ada Zeneos Milano, Michelin City Grip, Pirelli Angel Scooter, Maxxis MA-R1, FDR City Go, Kingland Anaconda ATX, hingga Corsa Platinum M5.

Mau tahu lebih detail soal ketujuh rekomendasi ban motor matic ring 12 inci? Berikut bahasan lengkapnya:

1. Zeneos Milano

rekomendasi ban motor matic ring 12 inci
Tapak unik jadi ciri khas dari ban motor matic Zeneos Milano

Bisa dikatakan Zeneos Milano merupakan merek ban dalam negeri yang punya harga cukup terjangkau. Produsennya adalah PT Gajah Tunggal.

Khusus untuk ban motor matic 12 inci, Zeneos Milano punya banyak pilihan ukuran mulai dari 110/70-12 inci hingga 130/70-12 inci. Salah satu keistimewaan dari karet bundar ini, pola tapak yang unik. Desainnya kotak-kotak dengan banyak rongga.

Gaya tapak seperti itu, diklaim bisa meningkatkan cengkeraman saat melewati jalan basah. Hanya saja di sisi lain, tapak seperti itu membuat melibas jalanan mulus terasa kurang nyaman.

Baca juga  Berapa Ukuran Angin Ban Motor yang Pas?

Harga ban Nmax Zeneos Milano untuk ukuran 12 inci satu pasang, sekitar Rp 580 ribuan. Murah bukan? Tentunya, ban ini bisa jadi pilihan untuk para pemilik Honda Scoopy, Yamaha Freego, dan motor-motor Vespa.

2. Corsa Platinum M5

rekomendasi ban motor matic ring 12 inci
Harga murah dan tahan lama jadi kelebihan Corsa Platinum M5

Rekomendasi ban motor matic 12 inci selanjutnya adalah Corsa Platinum M5. Ini merupakan opsi karet bundar yang lebih terjangkau lagi. Sepasang ban dibanderol Rp 500 ribuan.

Hanya saja kekurangannya, tidak banyak pilihan ukuran. Cuma ada 110/80-12 inci dan 120/80-12 inci. Cengkeraman ban ke aspal juga mantap saat di jalan kering, terutama karena penggunaan kompon medium-soft.

Walau demikian, kekurangan penggunaan kompon medium-soft adalah lebih cepat aus. Jadi, jangan kaget kalau usia pakai ban dengan Corsa Platinum M5 tidak terlalu lama.

3. Kingland Anaconda ATX-7

ban motor matic ring 12 inci
Ban ini cocok buat yang ingin tampilan motor matic ala dual purpose

Paling menarik dari ban Kingland Anaconda ATX-7 adalah jenisnya yang dual purpose. Hal ini penting, karena jarang ban ukuran 12 inci untuk penggunaan semi offroad.

Walau demikian, Kingland Anaconda ATX-7 juga bisa dipakai oleh skutik untuk penggunaan di dalam kota. Kelebihan lain dari ban motor matic ring 12 ini adalah pola tapak berbentuk V yang mampu mencengkeram dengan baik di jalan basah.

Hanya saja memang soal ukuran ban sangat terbatas. Cuma ada 100/90-12 inci dan 110/90-12 inci. Banderol ban Kingland Anaconda ATX-7 cuma Rp 450 ribuan sepasang.

Baca juga  10 Motor Matic 150cc Terbaik di Indonesia yang Wajib Kamu Tahu

4. Michelin City Grip

Rekomendasi Ban motor matic ring 12 inci
Harga Michelin City Grip sekitar Rp 800 ribuan sepasang

Siapa tidak kenal Michelin sebagai pabrikan ban? Khusus untuk motor matik yang memiliki ring pelek 12 inci, opsinya ada City Grip. Kelebihan ban ini punya daya cengkeram yang baik untuk jalan aspal baik kering dan basah.

Lalu yang jadi kelebihan lain, Michelin City Grip punya banyak ukuran. Kamu bisa pilih dari mulai 90/90-12 inci hingga 130/70-12 inci. Menarik bukan?

Hanya saja memang harga ban Michelin City Grip agak lebih mahal dibanding produk-produk dalam negeri. Banderolnya sekitar Rp 800 ribuan sepasang.

5. Pirelli Angel Scooter

rekomendasi ban motor matic ring 12 inci
Pilihan Pirelli selanjutnya adalah Angel Scooter, cocok untuk penggunaan dalam kota

Seperti halnya Michelin, Pirelli juga merek ban ternama di dunia. Nah untuk motor matik dengan ring pelek 12 inci, kamu bisa pilih Pirelli Angel Scooter.

Soal kualitas, tidak perlu diragukan. Ban ini membuat skuter lebih lincah karena ada multi radius contour di tapaknya. Kemudian untuk jalan basah juga sangat istimewa.

Tekait pilihan ukurannya sangat beragam. Mulai dari 90/90-12 inci hingga 130/70-12 inci. Bahkan ada pula pilihan ukuran 140/70-12 inci khusus ban belakang.

Ban Pirelli Angel Scooter tentu pas untuk Honda Scoopy, Yamaha Freego, serta motor-motor Vespa kamu. Bahkan untuk produk premium seperti Vespa GTS 150 dan GTS 300 masih oke.

Baca juga  5 Cara Menambal Ban Tubeless Sendiri, Mudah Loh!

6. Maxxis 922

ban motor matic ring 12 inci 001 - maxxis 922
Kelebihan ban Maxxis 922, salah satunya punya harga murah

Merek ban dari Taiwan ini memang dikenal mampu menghadirkan produk-produk yang terjangkau. Walau dari Taiwan, tapi Maxxis sudah memproduksi karet bundar di Tanah Air.

Rekomendasi ban motor matic ring 12 inci dari Maxxis adalah 922. Uniknya Maxxis 922 memiliki produk yang berbeda untuk roda depan dan belakang. Khusus ban depan namanya Maxxis 922F ukurannya 100/90-12 inci. Sementara ban belakang adalah Maxxis 922R.

Sepasang ban Maxxis 922F dan R dijual cuma Rp 400 ribuan. Tertarik?

7. FDR City Go

ban motor matic ring 12 inci 001 - fdr city go
Rasio ban 90 membuat FDR City Go sangat nyaman untuk motor matik perkotaan

Rekomendasi ban motor matic ring 12 inci berikutnya adalah FDR City Go. Harganya pun sangat terjangkau, cuma Rp 400 ribuan sepasang.

Walau demikian, ban merek dalam negeri ini tidak bisa diremehkan kualitasnya. Ban FDR City Go punya kelebihan pakai rasio ban 90 yang memberi kenyamanan saat berkendara. Kemudian pakai regular compound yang punya usia tahan lama, serta cengkeraman cukup di jalan aspal.

Bicara pilihan ukuran memang terbatas, cuma 110/90-12 inci dan 110/90-12 inci.

Itulah tadi pilihan ban motor matic ring 12 inci yang bisa kamu coba. Tentu sesuaikan pula pembelian karet bundar tersebut dengan bujet di kantong ya!

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin.com

Terbaru