4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Ban Baru

Haloo sobat Jinny, berjumpa lagi kita hari ini. BROSIST!! Aduuh kasian kalo ngeliat ada orang jalan ngedorong motor gara-gara ban bocor. Ceritanya tadi pagi Jinny ngeliat di depan kantor ada bapak-bapak ojek online yang mengalami kebocoran ban padahal sedang bawa penumpang. Ban luar rupanya udah botak. Singkat cerita, mau gak mau si bapak tersebut ganti ban baru sebelum memutuskan buat nganter konsumen.

Ban Udah Botak
Ban Udah Botak? Musti Cepet Diganti Sob, Bahaya.

Anyway, memang ada baiknya jika Kalian rajin memeriksa kondisi ban motor sebelum melakukan perjalanan. Pasalnya, komponen satu ini vital banget loh sob, sebab ban berperan untuk memberikan daya cengkram ketika berakselerasi maupun mengerem. Bila ban sudah botak bisa bikin ban jadi rentan bocor, dan yang harus kalian lakukan adalah dengan ganti ban baru.

TVS Apache RR 310

*Angsuran mulai dari

Sebelum kalian memutuskan ganti ban baru, ada 4 hal yang sebaiknya kalian perhatikan biar gak nyesel dikemudian hari. Simak baik-baik ya, guys. Berikut penjelasan yang udah Jinny rangkum :

1. Gaya Riding

Ban Khusus Balap
Ban Khusus Balap, Tidak Direkomendasikan Untuk Pemakaian Harian

Jadikan gaya riding Kalian sebagai referensi ketika akan memilih ban baru. Seperti misalnya, jika kalian lebih sering touring, ban dengan kompon keras yang relatif lebih awet tentu bisa kalian jadikan pilihan. Berlaku sebaliknya, jika gaya riding terbilang agresif, cobalah pilih ban dengan kompon medium agar tetap memiliki cukup grip saat menikung. Lakukan semacam evaluasi terhadap performa ban, hal tersebut akan sangat membantu untuk pemilihan ban yang cocok dengan gaya berkendara kalian.

2. Merk Ban Motor

Ganti Ban Baru
Sebelum Ganti Ban Baru, Jangan Cuma Keren!

Ban OEM (Original Equipment Manufacturing) adalah ban standar bawaan dari pabrik. Umumnya merk ban pabrikan ini lebih mudah ditemui di toko-toko atau bengkel motor. Malah ukurannya bisa bervariasi, entah lebih kecil atau lebih besar dari ukuran standarnya. Kelebihannya, memilih ban OEM yang sama, rekomendasi penggantian ban dalam buku petunjuk kendaraan bisa kalian terapkan pada ban baru ini.

Viar Q1

*DP mulai dari

Namun perlu dicatat sob, ban bawaan standar pabrik tidak selalu lebih bagus. Tak sedikit merk ban memiliki performa lebih superior dibanding ban OEM, hal tersebut perlu dijadikan bahan pertimbangan untuk dicoba.

3. Tujuan Penggunaan

Ban Trail Lebih Cocok Buat Adventure
Ban Trail Lebih Cocok Buat Adventure, Improve Traksi Ke Tanah

Nah, yang ini juga penting banget sob, kalian gak bisa asal pake jenis ban. Pilih ban yang sesuai dengan penggunaan, apakah itu tujuannya untuk dipake adventure, touring ataupun balap. Sebab masing-masing jenis ban tersebut punya kelebihan yang lebih spesifik. Meskipun memang masih bisa dipaksakan, tetap saja nanti performa bakal tidak akan maksimal.

BACA JUGA : Nambal Ban Tubeless Gak Asal Sob, Begini Cara yang Aman dan Tepat!

4. Budget Untuk Ganti Ban Motor Baru

Ini adalah faktor penentu saat memutuskan ganti ban baru. Pintar-pintar lah kalian dalam membeli ban motor, karena harga seringkali mencerminkan kualitasnya. Ban motor yang mahal biasanya memiliki kelebihan tersendiri dibanding dengan ban yang mungkin memiliki tipe yang sama, sebab harga lebih bersifat relatif. Tinggal keputusan kalian, mau beli ban yang murah atau yang mahal semuanya tergantung kemampuan beli masing-masing individu. Untuk itulah poin pertama masuk dalam kategori Jinny ketika beli ban baru. Usahakan menabung sebelum memutuskan membeli ban yang sesuai keinginan sobat. Toh, itu pun merupakan bentuk investasi.

BACA JUGA: Mengisi Ban Dengan Nitrogen, Apa Bedanya Dengan Angin Biasa?

Oke segitu saja yang bisa Jinny rangkum. Keempat poin diatas bisa kalian jadikan referensi ketika akan ganti ban baru. Sebelum buru-buru beli, cek dulu nih barbagai macam merk dan model ban yang udah ada di website moladin.com, atau klik aja disini!

Yamaha Mio S

*DP mulai dari

Ingat motor, ingat Moladin!

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *