Beli Helm Online? Simak 8 Tips Berikut agar Tidak Salah Pilih

Helm adalah perlengkapan vital saat berkendara lantaran dapat melindungi kepala saat mengalami benturan. Oleh karena itu, gunakanlah sesuai standar agar berfungsi maksimal dengan fitur-fitur memadai.

Berdasarkan fungsi, helm sangat dibutuhkan oleh pengendara, sehingga tidak sulit ditemukan di pasaran. Namun, terkadang membeli secara online menjadi pilihan sebagian orang, karena disebabkan oleh berbagai alasan seperti praktis. Berikut delapan tips yang bisa kamu terapkan agar mendapatkan produk terbaik.

 

Memilih Toko Online Terpercaya

Beli Helm Online, Memilih Toko Online Terpercaya

Meski membeli secara online memudahkan kamu dalam menemukan helm yang diinginkan, tetapi memilih toko terpercaya harus dilakukan dengan selektif agar terhindar dari penipuan. Cek kredibilitas penjual, misalkan dari berbagai ulasan pembeli terdahulu.

 

Memperhatikan Detail Produk Helm

Beli Helm Online, Manfaatkan Desk Prodak

Helm yang dapat melindungi kepala dengan baik terletak pada kualitas hard shell. Oleh karena itu, perhatikan mengenai detail produk seperti material pembuat. Hal tersebut sangat penting agar dapat menahan benturan ketika kamu terjatuh. Untuk poin ini, jangan segan-segan meminta foto asli pada penjual sebagai bukti konkrit.

 

Yamaha X Ride 125 All New

*DP mulai dari

 

Memilih Helm yang Sesuai dengan Kepala

Pilih Ukuran Helm Yang Pas

Berkendara memerlukan konsentrasi yang cukup agar memperkecil risiko kecelakaan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah memilih ukuran helm sesuai kepala. Kalau terlalu besar, kamu akan merasa kurang nyaman, sehingga cenderung sering membenarkan posisi. Selain itu, rawan terlepas saat mengalami benturan. Sementara terlalu sempit mengakibatkan aliran darah tidak lancar.

Untuk mendapatkan ukuran helm yang sesuai dengan kepala, pinjamlah milik kenalan terlebih dahulu sebagai perbandingan. Kemudian, saat membeli di toko online, tanyakan detail produk ke pembeli agar sesuai dengan kebutuhan kamu.

 

Memilih Helm yang Lebih Aman Digunakan

Helm Yang Aman

Secara umum, helm memiliki dua jenis yaitu half face dan full face. Dari segi keamanan, full face lebih unggul lantaran dapat melindungi seluruh bagian kepala dan wajah, sehingga efektif sebagai pelindung saat terjadi benturan.

Adapun alasan mengapa seseorang enggan membeli helm full face yaitu memiliki bobot yang cenderung berat. Hal ini dikhawatirkan akan mengganggu kenyamanan berkendara. Namun, memilih material ringan dapat dijadikan solusi.

Dibandingkan bahan termoplastik dan pure carbon, tri-fiber composite memiliki bobot yang lebih ringan yaitu 1,3 kg. Kendati demikian, fungsi untuk melindungi kepala dari benturan tetaplah sama. Selain itu, bahan jenis ini memiliki tampilan yang tidak kalah stylish.

 

Memilih Helm yang Sulit Dicuri

Anti Theft pada helm

Helm adalah salah satu produk yang banyak dibutuhkan, sehingga berpotensi dicuri. Apalagi, kalau memiliki tampilan dan kualitas bahan yang baik. Untuk menghindarkan kamu dari kemungkinan buruk tersebut, kamu memerlukan pengaman ekstra.

Pilihlah helm yang memiliki fitur anti maling yang berupa lubang kecil sebagai celah untuk memasukkan kunci pengikat agar menghalangi tangan-tangan jahat mengambil barang kamu. Saat membeli secara online, perhatikanlah detail produk apakah fitur tersebut ada pada helm incaran kamu.

 

Memilih Kaca atau Visor Bening

Pilih Helm Dengan Visor Putih

Kaca atau visor adalah bagian helm yang sering diganti agar menambah kesan gaya. Di pasaran ada empat jenis visor yang paling populer yaitu bening, rainbow, iridium (blue-green-silver), dan smoke atau dark.

Mengesampingkan kesan gaya, manakah visor yang paling baik digunakan? Tidak ada jawaban pasti, karena semua memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Visor bening akan silau saat digunakan siang hari, tetapi dapat meningkatkan visibilitas pada malam hari, berkebalikan dengan jenis lain.

Bagaimana solusinya? Pastikan kamu membeli helm yang memiliki fitur dual visor, sehingga kamu dapat dengan mudah menggantinya sesuai kebutuhan. Hal ini pun akan menunjang riding harian secara maksimal.

 

Memperhatikan Desain Kunci pada Bagian Leher

Memastikan Kuncian Pad Helm

Desain kunci pada bagian leher merupakan hal vital yang harus diperhatikan, tetapi cukup sering diabaikan. Padahal, hal ini akan menjaga helm tetap di kepala saat mengalami benturan. Bertanyalah mengenai poin ini pada penjual untuk memastikan apakah desainnya sudah memenuhi stkamur, sehingga penguncian tidak mudah lepas.

 

Yamaha Fino 125 Grande

*DP mulai dari

 

Memastikan Kekencangan Penahan Kaca Helm

Beli Helm Online, Memastikan Kekencangan penahan kaca helm

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah mengenai penahan kaca helm. Sebelum memutuskan untuk membeli, mintalah penjual untuk memastikan apakah penahan kaca helm atau baut penahan sudah terpasang dengan baik agar tidak terbuka saat melajukan motor dengan kecepatan tinggi.

Bagi kamu pengguna kacamata, disarankan untuk memilih model helm flip up agar mudah memudahkan kamu membuka kaca atau visor. Oleh karena itu, memastikan baut penahan pun tidak kalah penting mengingat aktivitas buka-tutup cukup sering dilakukan sebagai upaya meningkatkan visibilitas.

Tidak sulit bukan cara mendapatkan helm terbaik melalui pembelian online? Kuncinya adalah memperhatikan detail-detail kecil agar tidak salah pilih. Sebagai rekomendasi toko online, kunjungilah situs Moladin. Selain memiliki beragam model, di sini pun tersedia helm untuk anak-anak. Ingin mengganti visor? Moladin juga menyediakan komponen tersebut.

 

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *