by

BMW Seri 3 Electric, Sebentar Lagi Meluncur?

BMW Seri 3 Electric kedapatan sedang diuji coba. Hal ini menegaskan kabar jika BMW akan memperluas portofolio model Seri 3 dengan penambahan versi full electric, sekaligus bukan tidak mungkin jadi tanda bahwa peluncurannya akan dilakukan dalam waktu dekat.

Sebenarnya spy shots BMW Seri 3 bersumber tenaga baterai tersebut bukanlah kali pertama. Bedanya dengan spyshoot terdahulu, kali ini BMW Seri 3 electric terlihat lebih berani dengan membuka selubung. Artinya sticker kamuflase yang digunakan tidak lagi full seutuhnya menutupi body mobil.

Sepintas, mobil tersebut memang tampak seperti mobil uji coba Seri 3 biasa dengan mesin konvensional, namun saksi mata mengatakan ada stiker yang bertuliskan Electric Test Vehicle di pintu depan. Tentu bukti tersebut menunjukkan bahwa ini adalah kendaraan tanpa emisi gas buang.

Apa lagi jika kita perhatikan pada foto yang menampikan bagian belakang, tidak ada terlihat lubang pipa knalpot yang biasa digunakan sebagai saluran gas buang.

Kemudian jika diperhatikan dari depan, sticker memang menutupi seluruh permukaan fasia. Namun kita sudah bisa menebak body mobil tersebut dirancang dari Seri 3 keluaran terakhir yang beredar saat ini. Tapi ada sedikit perbedaan pada desain lampu, yang berbeda dengan Seri 3 saat ini.

Baca juga  Perbedaan BMW M3 Vs M4 Competition, Beli yang Mana?

Jadi untuk sementara ini bisa kita simpulkan jika BMW Seri 3 elektrik dibuat berdasarkan versi model facelift.

Di bagian fasia lainnya masih tertutup rapat seperti pada gril, bumper yang sepertinya sedikit didesain ulang. Ya semoga saja guys varian EV ini akan memiliki desain bumper yang menarik.

Beberapa sumber juga menyebut mobil listrik BMW Seri 3 ini akan memiliki wheelbase yang lebih panjang dibanding versi konvensional. Namun ada kemungkinan juga sasis panjang ini dibuat hanhya untuk pasar China, atau bahkan bisa jadi semua lini kendaraan listrik BMW berikutnya akan mengusung chasis LWB, kita tunggu saja.

Nah bicara spesifikasi powertrain, BMW masih menutup rapat soal hal ini. Namun diprediksi unit BMW Seri 3 elektrik ini akan mengusung powertrain yang sama dengan iX3, yang berarti akan menggunakan sistem RWD motor tunggal dengan 282 tenaga kuda pada torsi maksimal 400 Nm.

Peluang BMW Seri 3 Electric Masuk Indonesia

BMW Seri 3 electric
Mobil listrik BMW akan lebih banyak masuk Indonesia pada tahun depan

Bicara penjualan mobil elektrifikasi di Tanah Air, BMW sudah pengalaman. Terlebih mereka sebelumnya juga sukses menjual BMW i8 berbagai seri hingga akhirnya masa produksinya dihentikan pada tahun 2019 lalu.

Baca juga  5 Kelebihan Nissan Kicks e-Power, Canggih Banget

Kemudian di GIIAS 2019, hadir BMW i3S. Maka dari itu bukan hal yang mustahil jika BMW Indonesia juga akan memboyong Seri 3 electric, walau tidak dalam waktu dekat ini. Peluncuran di global saja, BMW Seri 3 Electric belum dilakukan. 

Beberapa waktu lalu Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’tania, mengatakan di IIMS 2021, jika mobil listrik memiliki respons pelanggan yang positif. “Cukup banyak yang tanya-tanya soal kendaraan listrik,” kata Jodi.

Perihal BMW Seri 3 electric, Jodi mengatakan akan mendatangkan versi hybrid terlebih dahulu.

“Kalau tahun ini (2021) kita akan datangkan yang plug-in hybrid. Dan itu pun dalam jumlah yang terbatas. Itu untuk sedan, 3 Series. Karena kita melihat Seri 3 itu paling banyak pelanggannya. Jadi kita juga mau lihat, seperti apa sih respons pelanggan untuk plug-in hybrid dari BMW,” tambah Jodie.

Sementara itu, Jodi menambahkan target selanjutnya BMW di tahun depan adalah mendatangkan kendaraan yang benar-benar full listrik. Demikian ulasan terkait BMW Seri 3 electric. Untuk mendapatkan berita lengkap lainnya simak terus Moladin.com.

Baca juga  Cara Merawat Mobil Listrik, Jangan Asal!

Terbaru