by

Bocoran Mobil Baru Suzuki, Siap Meluncur Tahun Ini

Mobil baru Suzuki dipastikan segera meluncur pada tahun ini. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh petinggi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam acara Media Gathering yang digelar virtual pada Kamis (4/3/2021).

Hanya saja kehadirannya bukan pada satu atau dua bulan mendatang. Melainkan rencananya meluncur pada Semester II tahun 2021. “Jadi di semester kedua kami akan ada beberapa kendaraan penumpang yang akan kami perkenalkan. Saya belum bisa sampaikan lebih lanjut, apakah model baru atau apakah ini varian baru?,” ujar 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra.

Sementara itu, pada awal tahun 2021 Suzuki sudah memberikan penyegaran terhadap kendaraan komersial mereka. Suzuki Carry Pick Up kini hadir dengan desain yang lebih modern dan dibekali fitur mumpuni di dalamnya.

Setelah meluncurkan penyegaran pada kendaraan komersial tersebut, untuk segmentasi kendaraan penumpang juga sudah disiapkan. Bahkan Donny mengaku bukan cuma satu mobil baru Suzuki, tapi ada beberapa.

Meski sudah memberikan sedikit informasi terkait peluncuran produk baru, namun mereka belum bisa memastikan perihal produk apa dan kapan waktu tepatnya untuk peluncuran tersebut.

Baca juga  Suzuki Escudo S Limited Rilis Seharga Rp 377 Jutaan

“Saat ini kita tidak bisa bicara detail kapan dan produk apa? Jadi tunggu saja nanti semester kedua itu ada beberapa penyegaran untuk mobil penumpang Suzuki,” tambah Donny.

Mobil Baru Suzuki Dipastikan Produk Dalam Negeri

mobil baru suzuki
Suzuki XL5 dikabarkan sedan diuji jalan di India, kemungkinan akan jadi varian teratas Karimun Wagon R

Donny menambahkan, mobil baru Suzuki yang akan meluncur pada 2021 merupakan produk buatan dalam negeri. Jadi bukan impor.

“Model dan varian 2021 ini kami berencana menyegarkan produk2 yang kami produksi di Indonesia,” bebernya.

Berdasar penyataan Donny tersebut, maka kemungkinannya adalah Suzuki Ertiga, Karimun Wagon R, XL7, dan APV. Dari keempatnya, yang belum dapat penyegaran sejak lama adalah Karimun Wagon R.

Pertama kali meluncur pada 2013, belum ada revisi berarti untuk mobil LCGC tersebut. Suzuki hanya menambahkan varian dan transmisi auto gear shift. Selebihnya, Karimun Wagon R yang meluncur 8 tahun lalu masihlah sama seperti yang dijual saat ini.

Ada berbagai rumor soal kemungkinan mobil baru Suzuki tersebut. Pertama kendaraan ini akan berbagi basis dengan Suzuki XL5 yang sedan diuji jalan di India. Kemudian ada pula kabar yang mengatakan bahwa Karimun Wagon R akan berubah jadi 7-seater.

Baca juga  Harapan Pemerintah di Perayaan 50 Tahun Suzuki

Terkait mana yang benar, sampai sekarang belum ada jawaban pasti dari Suzuki. “Ya kita tidak bisa bilang mengenai hal tersebut. Kita tunggu nanti saja di semester kedua, seperti apa,” kata Donny.

Suzuki Menargetkan Marketshare Sebesar 13 persen

Produk baru suzuki
Produk baru suzuki siap mengaspal pada semester kedua 2021

Selain merencanakan untuk meluncurkan produk baru, pada tahun 2021 Suzuki juga sudah menetapkan target yang ingin dicapai.

Terlebih pada saat ini ada bantuan dari pemerintah terkait relaksasi PPnBM Nol Persen yang barus aja diberlakukan. Adapun besaran target yang ingin dicapai menurut Donny adalah sebesar 13 persen dari target yang ditetapkan oleh GAIKINDO.

“Kalau target, kami menargetkan untuk market share sebesar 13 persen. Kalau bicara estimasi penjualan yang sudah dishare GAIKINDO adalah 750 ribu unit. Berarti 13 persennya dari target tersebut. Kita optimis dengan adanya insentif ini bisa mendongkrak kinerja industri otomotif,” sambung Donny Saputra.

Sementara untuk produk Suzuki yang mendapatkan relaksasi PPnBM Nol Persen, pabrikan ini memasukkan dua produk yakni Suzuki Ertiga dan XL7.

Baca juga  Menakar Konsumsi BBM Suzuki Ertiga, Benarkah Irit?

Simak informasi otomotif terbaru di moladin.com

Terbaru