by

5 Cara Memperbaiki Alarm Mobil yang Error, Mudah!

Alarm berfungsi sebagai peranti keamanan bagi sebuah kendaraan, ketika rusak tentunya sangat mengkhawatirkan. Cara memperbaiki alarm mobil yang error ternyata tak sesulit yang dibayangkan.

Fungsi utama alarm sebagai penanda bahwa telah terjadi sesuatu kepada mobil kalian. Contohnya seperti mobil bergeser, pintu mobil yang mungkin dibuka dengan cara paksa, atau kaca mobil yang dipecahkan oleh maling.

Tak sampai di situ saja, alarm juga berfungsi untuk membantu pengemudi mengetahui posisi kendaraan ketika sedang parkir. Itulah sejumlah peran penting alarm mobil.

Pertanyaannya lalu bagaimana cara memperbaiki alarm mobil error? Mengacu dari sejumlah sumber, setidaknya ada lima cara memperbaiki alarm mobil yang error.

Ingin tahu seperti apa? Simak ulasan ini sampai habis:

1. Cara Memperbaiki Alarm Mobil yang Error Bisa dengan Ganti Baterai

cara memperbaiki alarm mobil yang error
Cara memperbaiki alarm mobil yang error

Saat alarm mobil mengalami kendala, hal yang perlu kalian cek mungkin bisa lakukan pengecekan pada remote alarm yang mungkin tidak berfungsi. Cara memperbaiki alarm mobil yang error satu ini bisa diatasi dengan mudah.

Kemungkinan penyebabnya adalah baterai remote yang sudah habis. Untuk diketahui, biasanya usia pakai baterai remote alarm sekitar 3 tahun (tergantung pemakaian).

Kalau remote alarm rusak, gejalanya bisa langsung kamu rasakan. Ketika memencet remote, alarm mobil hanya memberikan respon yang lemah atau bahkan tidak ada respon sama sekali.

Baca juga  Kenali Kelebihan dan Kekurangan Nano Ceramic

Guna mengatasi kendala ini, kamu tak perlu khawatir. Cukup mengganti baterai remote alarm, proses menggantinya pun mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Nah, yang paling penting kamu hanya perlu mengetahui modl baterai yang digunakan remote alarm yang kalian gunakan. Biasanya ada dua model, yaitu model pipih CR2016 atau model baterai konvensional dengan ukuran A27.

Setelah mengetahui model baterai, buka panel penutup remote. Hindari mencungkil panel dengan kasar, karena berpotensi merusak remote.

2. Kemungkinan Error Karena Frekuensi

cara reset alarm mobil
Ketika alarm mobil tidak berfungsi dengan normal, bisa disebabkan frekuensi bermasalah

Perlu untuk diketahui, cara kerja alarm mobil menggunakan gelombang radio. Saat kamu memarkirkan mobil di tempat yang memiliki gelombang radio, seperti di dekat menara pemancar radio atau Base Transceiver Station (BTS), gelombang audio pada alarm bisa saja terganggu.

Dampaknya, sinyal dari remote mobil kalian akan kesulitan mencari receiver pada mobil. Karena gelombang radio lain di sekitar kendaraan.

Cara memperbaiki alarm mobil yang error seperti ini sangat simpel. Anda cukup mendekatkan remote ke mobil atau ke tombol engine start stop. Langkah ini dapat membuat alarm mobil menemukan frekuensinya kembali alias dapat terhubung Kembali dengan receiver di mobil.

Baca juga  9 Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung, Berikut Solusinya

3. Sekring Putus, Bisa Segera Lakukan Pergantian

sekring kendaraan bermotor
sekring bermasalah mengakibatkan alarm error

Kendala lain yang bia menyebabkan alarm mobil rusak juga bisa disebabkan oleh sekring mobil. Seperti diketahui sekring merupakan komponen kelistrikan pada mobil yang bertugas menjaga arus listrik.

Jika sekring rusak, maka komponen mobil yang berhubungan dengan listrik pun akan mengalami gangguan, termasuk alarm mobil. Cara memperbaiki alarm mobil yang error tentu mudah, karena kamu cukup mengganti sekring yang baru.

Proses penggantiannya mudah, kok! Kamu cukup membuka panel sekring, yang biasanya terletak di bawah lingkar kemudi atau dasbor (lakukan pengecekan via buku manual). Selanjutnya lepas sekring yang lama dan ganti dengan yang baru.

Terpenting kamu harus mengganti sekring lama dengan yang baru. Namun dengan kapasitas yang serupa.

4. Cek Aki, Apa Masih Dalam Kondisi Prima

5 cara mengecas aki mobil
Aki bisa menyebabkan alarm tidak berfungsi

Aki atau accu yang mulai melemah atau tidak berfungsi dengan baik, bisa mengakibatkan alarm mobil jadi mengalami kerusakan. Ciri alarm yang rusak karena aki soak adalah suara alarm yang terdengar melemah, ketika membuka kunci mobil.

Baca juga  Apa Fungsi Intermitten Wiper di Mobil? Harus Tahu

Cara memperbaiki alarm mobil yang error satu ini. Kamu bisa lakukan secara mandiri dan terbilang mudah. Caranya dengan mengganti aki mobil.

Untuk mengganti aki, mobil harus dalam kondisi mati. Setelah mobil mati, buka kap mesin. Dalam kondisi kap terbuka, kamu akan bisa melihat kotak aki.

Langkah-langkahnya, kamu pertama bisa melepas terminal negatif aki. Untuk mencegah munculnya percikan api. Baru setelah itu lepaskan terminal positif.

Lalu, kamu bisa melepaskan aki yang rusak. Bersihkan kabel terminal serta dudukan, kemudian pasang aki baru.

5. Datang ke Bengkel Terpercaya

Perawatan di bengkel resmi Suzuki, supaya lulus uji emisi
Ilustrasi mobil sedang diperbaiki di bengkel

Jika seluruh cara memperbaiki alarm mobil yang error di atas telah dicoba, namun alarm tidak kunjung berfungsi. Segeralah bawa mobil ke bengkel terpercaya.

Biarlah teknisi ahli yang melakukan pengecekan dan memperbaiki kerusakannya. Cara terakhir ini dijamin ampuh untuk membetulkan alarm yang rusak. Hanya saja memang, ada biaya yang biasanya lebih mahal dibanding membetulkannya secara mandiri.

Semoga informasi mengenai cara memperbaiki alarm mobil yang error dapat bermanfaat.

Baca juga: 

Terbaru