Minggu, April 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Cara Pendaftaran Mudik Gratis Nataru 2023 Dari Ditjen Hubdat

by Firdaus Ali
Mudik gratis Nataru 2023

Mudik gratis Nataru 2023 diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat). Total akan ada 3.600 kursi bus yang akan disediakan.

Mudik gratis Nataru 2023 bertujuan untuk mengurangi kemacetan akibat meningkatnya perjalanan masyarakat di libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) yang berbarengan dengan libur sekolah.

Selain itu, mudik gratis Nataru 2023 ini juga untuk mengajak pemudik yang pakai sepeda motor untuk beralih menggunakan bus yang sudah disediakan secara gratis.

Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub (Baketrans) prediksi masyarakat yang akan bepergian mencapai 107,63 juta atau 39,83% dari total populasi nasional. Dari jumlah tersebut mayoritas akan menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor.

Lebih lanjut, Direktur Angkutan Jalan Suharto mengatakan, hasil survei menunjukan angka 35,57% atau 39,97 juta pergerakan masyarakat akan menggunakan mobil dan 17,92% atau 20,14 juta mengendarai sepeda motor yang akan memanfaatkan musim libur Nataru tahun ini.

“Untuk itu sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, maka kami akan menyelenggarakan Mudik Gratis di libur Nataru ini,” ujar Suharto beberapa hari lalu.

Pada rencana penyelenggaraan Mudik Gratis Nataru ini, Ditjen Perhubungan Darat menurut Suharto, menyediakan kuota 90 unit Bus AKAP dan Pariwisata dengan total 3.600 penumpang. Untuk kendaraan sepeda motor disiapkan untuk 120 unit dengan empat truk.

Untuk memastikan kelayakan bus dan truk sebagai armada Mudik Gratis Nataru, Ditjen Hubdat juga akan melakukan ramp check pada 18-20 Desember 2023.

Untuk keberangkatan sepeda motor dengan truk rencananya dilakukan pada Jumat, 22 Desember dari Terminal Tipe A Pondok Cabe dan pelepasan Mudik Gratis bagi penumpang pada Sabtu, 23 Desember 2023 dari Terminal Kampung Rambutan DKI Jakarta dan Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Adapun kota tujuan dengan masing-masing unit bus berkapasitas 40 orang, yang disiapkan adalah:

  1. Jakarta-Solo
  2. Jakarta-Yogyakarta
  3. Jakarta-Surabaya
  4. Jakarta-Wonosobo
  5. Jakarta-Semarang
  6. Jakarta-Wonogiri
  7. Jakarta-Cilacap
  8. Jakarta-Putwokerto
  9. Jakarta-Malang
  10. Jakarta-Kediri
  11. Jakarta-Madiun
  12. Bus Disabilitas

Untuk sepeda motor 2 kota tujuan sebagai berikut:

  1. Jakarta-Solo
  2. Jakarta-Yogyakarta

Cara Daftar Mudik Gratis Nataru 2023

Mudik gratis Nataru 2023

Daftar melalui aplikasi Mitra Darat, kemudian dilanjut verifikasi di tempat yang sudah ditunjuk Ditjen Hubdat

Buat kamu yang berencana ikut mudik gratis Nataru 2023, cara daftarnya cukup mudah, yaitu melalui aplikasi Mitra Darat yang dapat diunduh melalui Play Store atau App Store dengan versi terbaru yakni 2.3.1 untuk iOS dan versi 1.1.8 untuk Android.

Selanjutnya bagi masyarakat yang sudah melakukan pendaftaran sesuai langkah-langkah yang diarahkan dari aplikasi Mitra Darat, calon pemudik diwajibkan melakukan verifikasi di tempat yang sudah ditentukan oleh Ditjen Hubdat.

“Kemudian, masyarakat yang telah melakukan pendaftaran online agar melakukan verifikasi di kantor pusat Kemenhub dan GOR Bulungan Blok M untuk wilayah Jakarta, serta Terminal Pondok Cabe untuk wilayah Tangerang Selatan,” pungkas Suharto.

Gimana Moladiners, tertarik ikut mudik gratis Nataru 2023 dari Ditjen Hubdat? Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika