Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Exicom EV Charger Siap Bikin SPKLU di Indonesia

by Tigor Sihombing
Exicom EV Charger

Exicom EV Charger kini sudah bisa dinikmati pengguna mobil listrik di Tanah Air. Dengan menggandeng PT Sari Sarana Kimiatama alias SSK Tama sebagai distributor tunggal di Indonesia, Exicom memberikan pilihan charger baterai kendaraan listrik untuk slow charging (AC) dan fast charging (DC).

Exicom sendiri adalah perusahaan asal India, namun untuk basis bisnis mereka di Asia Tenggara berpusat di Malaysia. Perusahaan tersebut fokus dalam pengembangan infrastruktur stasiun pengisian kendaraan listrik (EV charging stations), baik untuk pengisian kendaraan bertenaga listrik di tempat-tempat umum, perumahan, dan komersial.

Di Malaysia sendiri, Exicom bukan merupakan pemain baru di bidang EV Charger. Mereka mengaku sudah ada sejak 9 tahun lalu.

“Di Indonesia SSK Tama bermitra dengan Exicom sebagai distributor tunggal untuk menjual unit dengan berbagai skema dan klien. Kami optimis perkembangan mobil listrik di Indonesia akan terus bertambah maju,” kata General Manager PT SSK Tama, Billy Hardjadinata saat ditemui Moladin di PEVS 2023 di bilangan Kemayoran, Jakarta.

Baca juga  Spesifikasi Genesis G80 LWB KTT G20, Cuma 44 Unit!

Billy juga menjelaskan, jika saat ini Exicom memliki dua jenis EV Charger. Slow charging mulai 22 kwh dan fast charging yang dimulai dari 30 Kwh. Kedua jenis charger tersebut ditawarkan untuk konsumen perorangan ataupun perusahaan yang ingin menggeluti bisnis Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Membuka Kerjasama Bisnis SPKLU

Exicom EV Charger

Billy (Tengah) menjelaskan (Slow) wall charging kepada calon konsumen.

Pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia memberikan peluang yang besar untuk bisnis stasiun pengisian. Permintaan akan infrastruktur pengisian yang luas dan mudah diakses semakin meningkat seiring dengan penggunaan kendaraan listrik yang semakin tinggi.

Terlebih saat ini pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan yang mendorong pengembangan dan peningkatan infrastruktur pengisian kendaraan listrik. Maka tidak heran saat ini di Jakarta sendiri stasiun pengisian yang terletak di area dengan lalu lintas tinggi seperti pusat perbelanjaan, tempat-tempat umum, perkantoran, atau jalur transportasi utama sudah bisa ditemukan.

Dengan potensi tersebut, SSK Tama sebagai distributor tunggal Exicom turut memasarkan produk ini untuk kebutuhan bisnis SPKLU. “Karena kami sudah memiliki izin sebagai operator. Jadi setiap pengusaha atau perusahaan yang ingin menggeluti bisnis SPKLU bersama kami bisa langusng menggunakan izin tersebut tanpa dikenakan biaya lagi,” tambah Suwandi Sales Manager SSK Tama.

Baca juga  Kelebihan Lexus UX 300e, Mobil Listrik Operasional KTT G20

Untuk jenis colokan juga terbilang lengkap, Exicom Ev Charger kompatibel dengan berbagai merek kendaraan listrik yang dipasarkan di Indonesia seperti CHAdeMO, CCS, dan AC charging. Selain itu, EV charging tersebut juga memliki aplikasi yang bisa digunakan oleh pemilik dan pengguna untuk pengoperasian yang lebih mudah.

Terkait garansi, SSK Tama memberikan jaminan produk selama 2 tahun di Indonesia. Tidak hanya itu, mereka juga menjamin instalasi, maintenance, dan service untuk tiap pembelian EV Charger.

Minat dengan produk Exicom, konsumen bisa langsung kontak Suwandi di nomor telpon 08111221506. Demikian ulasan Exicom EV Charger. Simak terus Moladin.com untuk update terbaru seputar otomotif.

 

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika