Monday, October 3, 2022

Bocoran 6 Merek Mobil Terbaru Tahun 2022, Didominasi Cina!

by Firdaus Ali
merek mobil terbaru tahun 2022

Beberapa merek mobil terbaru tahun 2022 direncanakan siap meramaikan dinamika dan perkembangan industri otomotif Indonesia. Hebatnya, satu diantara merek terbaru tersebut juga akan bangun pabrik untuk memproduksi mobil.

Merek-merek mobil baru yang akan masuk ke Indonesia tersebut didominasi dari negeri tirai bambu alias Cina. Sebelumnya ada DFSK dan Wuling yang terlebih dulu mengaspal.

Bukan hanya mobil berbahan bakar minyak, namun beberapa merek mobil dari Cina yang akan meramaikan pasar otomotif di Indonesia tersebut juga menggunakan tenaga listrik. Tentunya dengan tampilan eksterior yang modern dan futuristik.

“Beberapa merek sudah memastikan akan bermain di Indonesia dan bahkan akan ada salah satu merek yang akan membangun pabrik untuk produksinya,” terang Kukuh Kumara selaku Sekertaris Umum Gaikindo.

Nah, penasaran apa saja bocoran merek mobil terbaru tahun 2022 yang akan masuk di Indonesia. Mari kita simak ulasannya berikut ini:

1. Chery

merek mobil terbaru tahun 2022

Chery siap berjualan di Indonesia pada 2022

Anak millennial menyebutnya CLBK alias cinta lama bersemi kembali. Yup, siapa yang masih ingat merek Chery. Ia adalah salah satu merek mobil asal Cina yang pernah mengaspal di Indonesia namun meninggalakan kesan buruk di benak market Indonesia.

Ketersediaan suku cadang merupakan salah satu penyebabnya. Pada masanya, mobil ini memang desainnya dinamis. Namun sayangnya mesin kurang mumpuni dan sparepart susah didapatkan.

Baca juga  Tata Cara Ikut Lelang Mobil, Sangat Mudah

Meski begitu, Chery yang sekarang dikabarkan berbeda. Mereka mengklaim lebih siap dari berbagai sisi termasuk menyediakan ketersediaan sparepart dan mesin yang kuat. Bahkan, untuk menunjukan keseriusan Chery berkespansi ke Indonesia, mereka akan bangun pabrik untuk memproduksi mobil.

“Tahun 2025-2026, rencananya kami sudah jadi pabrik sendiri (di Indonesia), itu yang akan kami setup untuk CKD mobil SUV dan energi terbarukan (mobil listrik),” ungkap juru bicara yang mewakili Managing Director PT Chery Motor Indonesia, Qin Gang saat dihubungi Moladin via telepon, beberapa waktu lalu.

Adapun rencananya Chery akan memboyong tiga model SUV untuk senjata utama mengaspal di Indonesia. Adalah Chery Tiggo 4 Pro, Chery 7 Tiggo Pro, serta Chery Tiggo 8 Pro. 

2. BYD

merek mobil terbaru tahun 2022

BYD sesungguhnya sudah masuk Indonesia sejak tahun lalu, sebagai mobil taksi

Masih dari Cina, merek mobil terbaru tahun 2022 di Indonesia selanjutnya adalah BYD. Merek Build Your Dream (BYD) sebenarnya sudah dahulu masuk ke Indonesia namun belum begitu dikenal karena hanya bermain di korporasi seperti taxi dan bus Transjakarta.

Merek ini juga dikabarkan akan membangun pabrik mobil di Indoensia. Jika hal tersebut benar, maka bisa dipastikan persaingan mobil asal Cina akan lebih ketat.

“Ada satu merek mobil lagi yaitu BYD yang berniat masuk ke Indonesia. Ini cukup menarik, karena sudah selayaknya Indonesia jadi salah satu negara yang sangat berperan di industri otomotif global,” ungkap Kukuh Kumara selaku Sekertaris Umum Gaikindo beberapa waktu lalu.

Baca juga  10 Mobil Terunik di Dunia, Mana yang Jadi Pilihanmu?

BYD mempunyai jajaran lini produk yang mengadopsi desain dan fitur menarik. Di antaranya adalah BYQ Qin model sedan, BYD Song Max model MPV, serta BYD Tang dengan model SUV.

3. Ford

merek mobil terbaru tahun 2022

Ford siap jualan lagi di Tanah Air pada 2022

Satu lagi mantan yang akan kembali berkiprah di Indonesia. Yup, Ford memang dikabarkan akan kembali meramaikan pasar otomotif di Indonesia melalui produk-produk yang modern.

Ford akan kembali mengaspal di bawah payung RMA Group Indonesia. Dimana perusahaan ini sebelumnya hanya memegang layanan aftersales setelah Ford Motor Indonesia menutup bisnis pada 2016 lalu.

Rencananya Ford akan merilis dua produk baru mereka, yaitu di segmen pikap pada Ford Ranger dan Ford Ranger Raptor serta di segmen SUV ada Ford Everest.

4. Great Wall Motor (GWM)

merek mobil terbaru tahun 2022

Merek mobil terbaru tahun 2022 selanjutnya adalah Great Wall Motor (GWM) yang juga masih berasal dari Cina. Kehadiran merek GWM tersebut juga dipastikan dengan trdaftarnya merek mereka di laman resmi DJKI Kemenkumham Nomor 40/DI/2021 dengan nomor permohonan A00202102935.

Dari laman resmi DJKI tersebut, terlihat tampilan desain mobil jenis SUV didaftarkan di bawah nama GWM. Meski tidak tertulis nama model mobil yang didaftarkan, kuat dugaan desain yang dipatenkan adalah GWM Cyber Tank 300.

Baca juga  50 Tahun Toyota Indonesia, Komitmen Mobil Elektrifikasi

Selain itu, mereka juga mematenkan mobil listrik GWM ORA Lightning Cat yang desainnya mirip Porsche. Menarik bukan?

5. Weltmeister Motor

merek mobil terbaru tahun 2022

Weltmeister

Weltmeister Motor (WM) rencananya juga akan meramaikan pasar otomotif di Indonesia dengan mobil listrik. Diketahui WM Motor sudah meluncurkan beberapa mobil listrik murninya (BEV) secara global, seperti EX5-Z, EX6 Plus, dan W6.

Kemudian yang juga menarik, Weltmeister ada kemungkinan membuat Indonesia sebagai basis produksinya untuk wilayah Asia Pasifik. Semoga saja benar terwujud.

6. Subaru

merek mobil terbaru tahun 2022

Subaru siap berjualan mobil lagi di Indonesia pada 2022

Subaru sempat meramaikan pasar otomotif di Indonesia dan mati suri cukup lama, kini Subaru akan kembali berkiprah di tahun 2022 di bawah naungan Plaza Auto Group (Plato).

“Bread and butter kami adalah di segmen XV dan Forester. Memang pasar kita yang paling besar adalah di situ, tapi bukan berarti yang meluncur dulu XV dan Forester, ya,” ungkap Arie Christopher Setiadharma selaku COO PT Plaza Auto Mega.

Sebagai informasi, PT Plaza Auto Group saat ini juga menjadi salah satu diler resmi Toyota (Plaza Toyota) dan Plaza MINI.

Moladiners, itulah ulasan mengenai merek mobil terbaru tahun 2022 yang akan mengaspal di Indonesia. Dari daftar di atas tersebut produsen mobil dari Cina masih mendominasi, utamanya dengan mobil listrik.

Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika