by

Fungsi Fuel Pump dan Cara Merawatnya

Fungsi fuel pump secara umum baik pada mobil dan motor adalah memompa bahan bakar. Adapun cara kerjanya, fuel pump memompa bensin di tangki untuk dialirkan  ruang pembakaran.

Nah proses pengaliran bahan bakar oleh fuel pump menuju ruang pembakaran berbeda-beda prosesnya. Semua itu, tergantung teknologi mesin yang digunakan.

Misalnya pada mesin dengan karburator, bahan bakar dipompa ke berbagai komponen karburator. Sementara pada sistem injeksi, bahan bakar dipompa menuju injektor.

Kemudian kalau di motor injeksi, fungsi fuel pump tidak sesederhana itu karena juga perlu menghisap bensin dari tangki. Jadi, bukan cuma mengalirkan bahan bakar.

Jenis-jenis Fuel Pump

Fuel pump
Bagian-bagian fuel pump

Nah guys, jenis fuel pump juga berbeda-beda berdasarkan jenis kendaraannya. Pertama, ada fuel pump mekanis. Putra Sitorus, mekanik mobil di bilangan Otista mengatakann jika fuel pump mekanis digerakkan oleh putaran mesin yang tersambung pada belt.

“Biasanya ditemukan pada mesin diesel. Cara kerjanya fuel pump mekanis digerakkan oleh mekanisme camshaft yang berada di bagian silinder head,” kata Putra.

Berikutnya ada fuel pump elektrik. Pompa bahan bakar jenis ini  menggunakan motor listrik yang digerakkan oleh aliran listrik menuju motor penggerak.

Fuel pump elektrik sendiri dibagi lagi menjadi beberapa tipe, ada yang menggunakan diafragma dengan platina. Ada juga yang model biasa yang ditemukan pada mesin-mesin mobil injeksi bahan bakar.

“Kalau yang platina udah jarang kali ya,” tambah Putra.

Ciri-ciri Fuel Pump Rusak

fungsi fuel pump
fuel pump yang tersumbat kotoran menyebabkan mobil mogok

Mengingat fungsi fuel pump yang sangat penting terhadap kendaraan maka dari itu kamu wajib merawatnya. Jangan sampai fuel pump rusak baru terjadi penindakan pada perawatan.

Baca juga  Segini Biaya Mutasi Mobil dan Balik Nama, Tidak Mahal!

Fuel pump yang rusak ini biasanya memiliki gejala, misalnya : 

Mobil Susah Dinyalakan

Mengutip laman resmi Auto2000, salah satu gejala jika fuel pump kamu bermasalah adalah mobil susah dinyalakan. Ketika kunci kontak kamu nyalakan, biasanya terdengar dengungan dari tangki bensin.

Tapi jika bunyinya sangat lemah atau bahkan tidak mengeluarkan suara sama sekali, maka dapat dipastikan kondisi fuel pump melemah.

Indikator Lampu Injeksi Berkedip 

Laman tersebut juga menuslis jika kerusakan fungsi pompa bahan bakar sering kali ditandai dengan lampu indikator injeksi yang berkedip atau menyala terus. Apabila ada kedipan pada check engine lamp, maka sudah jelas ada masalah pada bagian pompa bahan bakar mobil.

Merawat Fuel Pump Mobil Supaya Awet

merawat fuel pump
Fuel pump juga harus dirawat secara berkala

Perawatan pada pompa bahan bakar tentu sangat dibutuhkan apabila kamu tidak ingin gejala kerusakan melanda. Maka dari itu lakukan pembersihan berkala pada tangki bahan bakar untuk menjaga fungsi fuel pump tetap optimal.

Caranya bersihkan bagian fuel pump enam bulan sekali, serta bagian filter dan nozel injector setiap mobil sudah mencapai jarak 15.000 km. Untuk perawatan berkala ini, kemu bisa melakukannya sendiri apabila kamu paham dan memiliki tools yang komplit.

Tapi jika kamu tidak pengalaman tentang hal ini, ada baiknya membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk dilakukan service. Lantas apakah fuel pump yang rusak bisa diperbaiki?

Baca juga  Perbedaan Minyak Rem Merah dan Putih, Awas Keliru!

Bisa guys. Masih menurut laman Auto2000, memperbaiki fuel pump mobil yang rusak bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti mengecek bagian relay, wiring harness, hingga tahanan fuel pump.

Relay fuel pump sendiri merupakan adalah komponen yang berfungsi sebagai saklar elektronik untuk mengalirkan arus listrik agar pompa bahan bakar dapat bekerja. Cara memperbaiki fuel pump mobil dimulai dari bagian ini.

Caranya, lepas relay dari soketnya. Lalu, cek tahanan terminal 3 dan 5. Idealnya, hasil standar berada pada angka 10 kilo Ohm atau lebih. Lanjut cek tahanan terminal 3 dan 5 dengan penambahan satu daya pada terminal 1 dan 2. Hasil standar yaitu di bawah 1 Ohm.

Selanjutnya wiring. Fuel pump memiliki rangkaian kelistrikan dengan wiring diagram tertentu. Bagian ini wajib dicek dalam rangkaian cara memperbaiki fuel pump mobil karena bisa saja mengalami korsleting listrik. Alur pengecekan adalah sebagai berikut:

Pemeriksaan hubungan antara terminal FC1 dengan relay F/P. Hasil standar di bawah 1Ω. Pengecekan hubungan antara terminal FC1 atau relay F/P dengan masa bodi. Hasil standar 10 kΩ atau lebih.

Pemeriksaan sambungan terminal relay F/P dengan pompa bahan bakar. Hasil standar di bawah 1 Ω. Pengecekan relasi terminal 3 motor pompa dengan masa bodi. Hasil standar sebesar 10 Ω atau lebih.

Pemeriksaan hubungan terminal 4 motor pompa dengan masa bodi. Hasil standar di bawah 1 Ohm.

Cara memperbaiki fuel pump mobil yang terakhir adalah pemeriksaan tahanannya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kinerja motor pompa.

Baca juga  Tips Cara Membersihkan Reflektor Lampu Mobil Agar Kinclong

Kalau tahanan terlalu besar, maka motor pompa akan berputar lambat dan menyebabkan berbagai masalah. Contohnya, keterlambatan suplai bahan bakar dan tekanan bensin berkurang.

Pemeriksaan dilakukan dengan melepaskan terminal fuel pump, lalu mengukur tahanan terminal 3 dan 4.

Hasil standar adalah 0,2-0,3 Ohm pada temperatur 20 derajat Celcius. Apabila terdapat perbedaan, maka diperlukan penggantian motor pompa.

Walau bisa dirawat dan diperbaiki, namun fungsi fuel pump juga pasti terganggu seiring usia. Umumnya umur pakai fuel pump sekitar lima tahun khususnya untuk kendaraan injeksi. Bila sudah habis umurnya, maka harus diganti.

Berapa Harga Pasaran Fuel Pump?

Fungsi fuel pump
Fuel pump universal untuk motor berteknologi karburator

Kalau fungsi fuel pump sudah tidak baik dan tidak bisa diperbaiki, maka penggantian adalah jalan terbaik. Tidak usah khawatir soal harganya, karena kamu bisa pilih banderol yang bervariasi tergantung merek.

Di pasaran misalnya, harga fuel pump mobil sejuta umat Toyota Avanza dibanderol mulai Rp 100 ribuan – 200 ribuan. Dengan harga tersebut kamu sudah bisa mendapatkan merek Denso. Ada juga fuel pump merek bosh dengan kisaran harga Mulai Rp 250 hingga 300 ribuan.

Sedangkan fuel pump untuk motor, pada Yamaha NMAX misalnya satu set termasuk pelampung di banderol muilai Rp 500 – 600 ribuan. Sedangkan fuel pump untuk Honda PCX berkisar antara Rp 600 – 1 jutaan.

Demikian ulasan terkait fungsi fuel pump pada kendaraan. Untuk mendapatkan ulasan lengkap lainnya terkait berita otomotif, simak terus Moladin.com.

Terbaru