Honda Forza 250, Big Matic Dengan Segudang Fitur Unggulan

 

 

 

Honda Forza 250 big matic merupakan pertama kali diperkenalkan di ajang GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) pada Agustus 2018 lalu, yang berkategori Matik Besar. motor ini juga memiliki spesifikasi yang hampir sama (head to head) dengan Yamaha XMAX, Kymco Downtown 250 atau SYM GTS 250i, big matic ini diklaim mampu bersaing di kelas tersebut.

Big Matic pabrikan logo Kepak Sayap itu kabarnya merupakan generasi keempat, yang mana model paling pertama muncul di tahun 2000. Hanya saja konsep desainnya jika dibandingkan dengan para pendahulunya, honda Forza 250 big matic inilah yang tampangnya paling sporty.

Bisa dilihat dari guratan garis-garis tajam yang futuristik disekujur bodi. Lalu dibagian depan tampak iluminasi garis-garis sebagai day running light (DRL), plus lampu full LED baik di headlamp dan lampu sein yang menjadi satu di spion mirip Honda CBR1000RR. Sedangkan dibagian buritan, lampu belakang LED memiliki desain sein yang meruncing sampai ke samping.

“Kami hadirkan Honda Forza untuk memberikan kesenangan dan kebanggaan tertinggi buat konsumen Honda di Indonesia, khususnya penggemar skutik. Hal ini menjadi motivasi kami untuk selalu berupaya mewujudkan mimpi masyarakat melalui beragam produk terbaik Honda,” ujar Indraputra, General Manager Marketing Planning & Analysis Division PT Astra Honda Motor (AHM), seperti dikutip dalam situs resmi Astra Honda Motor.

Posisi setang yang lumayan tinggi dilengkapi cover yang futuristik, disesuaikan jok tebal dan panjang sehingga menunjang kenyamanan. Sehingga rider berpostur tinggi badan 170 cm dijamin tidak jinjit saat berkendara.

Honda Supra GTR 150

Harga yang tercantum adalah harga DP motor

Honda Forza 250 Big Matic Dilengkapi Electrical Adjustable Windscreen

Fitur yang menarik dari honda Forza 250 big matic, adanya Electrical Adjustable Windscreen (EAW) yang berfungsi sebagai pengatur ketinggian windshield. Sehingga ketinggian kaca penghalang angin ini dapat diatur cukup dengan menekan tombol di panel setang sebelah kiri. Dan fitur ini belum ada di kelas big matic merek lainnya.

Tombol di panel setang sebelah kiri banyak fungsiTombol di panel setang sebelah kiri banyak fungsi

Selain tombol EAW, di panel juga terlihat adanya tombol berlogo ‘T’. Yang mana fungsinya untuk mengaktifkan Honda Selectable Torque Control (HSTC) alias tombol pengontrol traksi sepeda motor yang berfungsi mencegah terjadinya ban slip. Sementara spidometernya terdiri dari dua panel besar yang berisi petunjuk kecepatan dan takometer yang tak kalah komplet. Sama seperti produk Honda lainnya, Forza 250 dilengkapi Honda Smart Key System yang terintegrasi dengan alarm anti maling dan Answer Back System. Di bawah setang sebelah kiri, ada konsol yang juga dilengkapi DC socket sehingga bisa digunakan untuk charging smartphone.

Bagasi Besar dan Didukung ABS Pada Sistem Pengeremannya

Demi safety, Honda Forza 250 telah dilengkapi passing lamp dan lampu hazard untuk keadaan darurat. Tak hanya itu, ukuran U-box yang ekstra besar dapat menyimpan 2 helm dan barang bawaan. Okenya lagi, di dalam bagasi di bawah joknya ada penyekat barang yang posisisnya bisa dipindah-pindah.

Spidometer Forza 250Spidometer Honda Forza 250 Big Matic

Untuk kejar kenyamanan dalam berkendara, kaki-kaki Honda Forza 250 disematkannya ban tubeless ukuran 120/70 dengan ring 15 M/C untuk ban depan dan 140/70 dengan ring 14 M/C untuk ban belakang. Lalu performa pengereman dibekali cakram depan dan belakang yang menggunakan sistem ABS 2 Channel.

Harga Honda Forza 250 On The Road (OTR) Jakarta sekitar Rp 78 juta

Honda mengklaim Forza 250 memiliki power maksimal 17,3 kW atai 23,2 dk di 7.500 rpm. Sedangkan torsinya 24 Nm pada 6.250 rpm. Semua itu terbukti karen motor ini dibekali mesin satu silinder dengan konfigurasi bore x stroke hampir square, yaitu 68 x 68,567 mm. Memiliki kapasitas ruang bakar 249,01 cc dengan rasio kompresi 10.2 : 1, big matic dengan konstruksi kepala silindernya SOHC 4 klep dengan radiator dijamin siap melibas jalan-jalan yang ada di tanah air.

Honda-Forza-250-dengan-warna-eksklusifHonda Forza 250 dengan warna eksklusif

Honda Forza tersedia dengan tiga warna eksklusif yaitu Pearl Horizon White, Sword Silver Metallic, dan Mat Gunpowder Black Metallic. Semua itu dengan harga On The Road (OTR) Jakarta sekitar Rp 78 juta.

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *