by

Mitos atau Fakta, Kunci Stang ke Kanan Cegah Aksi Pencurian?

Kunci stang ke kanan, kerap dianggap membuat sepeda motor lebih aman dari aksi pencurian. Lalu apakah benar hal tersebut berpengaruh?

Untuk menjawab hal itu, Moladin pun sempat menggali dari sejumlah sumber mengenai kunci stang ke kanan yang diklaim lebih aman. Mengingat setiap pemilik kendaraan tentunya wajib melindungi kendaraan dari aksi kejahatan.

Seperti diketahui, saat ini pencurian kendaraan bermotor masih marak terjadi di Tanah Air. Seiring tingginya pencurian kendaraan bermotor, kini tak pandang bulu.

Pasalnya banyak pencuri yang nekat melancarkan aksinya tak sebatas di tempat sepi atau di malam hari. Namun kini kerap beraksi di lokasi ramai di siang hari.

Contohnya melihat aksi-aksi pencurian sepeda motor yang marak dilakukan pada siang hari di depan pertokoan, bahkan di depan rumah. Dalam melancarkan aksi pencurian tersebut, para pelaku hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat.

Lalu bagaimana cara kalian untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi pencurian tersebut? Karena ‘lebih baik mencegah daripada mengobati’.

Meskipun saat ini sejumlah pabrikan sepeda motor sudah melengkapi sistem keamanan modern pada motor keluaran terbaru. Namun masih saja aksi pencurian kerap terjadi hanya dalam hitungan menit saja.

Salah satu cara yang diklaim mampu mencegah aksi pencurian, dengan cara kunci stang ke kanan. Benarkah hal tersebut ampuh?

Guna menjawab rasa penasaran, berikut ini Moladin akan membeberkan secara rinci terkait kunci stang ke kanan. Jangan lupa simak ulasan ini sampai habis!

Benarkah Kunci Stang ke Kanan Mampu Mencegah Aksi Pencurian?

Kunci stang ke kanan dapat mempersulit pencuri
Kunci stang ke kanan dapat mempersulit pencuri

Sejatinya kunci stang ke kanan diklaim mampu mencegah aksi pencurian kendaraan bermotor. Sejumlah pabrikan sepeda motor pun sempat membenarkan mengenai hal tersebut.

Baca juga  Cara Kunci Stang Motor yang Benar untuk Hindari Pencurian

Endro Sutarno, Technical Division PT Astra Honda Motor (AHM) menilai kunci stang motor ke kanan lebih menyulitkan pencuri saat hendak melakukan aksi pencurian.

“Sepeda motor Honda sudah dari dulu bisa kunci ke kanan dan kiri. Secara prinsipnya kunci stang mau ke kanan atau ke kiri bebas saja tergantung pemilik kendaraan,” ujar Endro.

Menurut Endro, untuk menyulitkan pencuri, stang menghadap ke kanan lebih susah dibobol. “Begitu stang motor menghadap ke kanan, setang akan berada di atas lubang kunci. Hal ini lebih menyulitkan pergerakan maling.”

Sebagai gambaran untuk posisi kunci motor bebek atau skutik yang berada di bawah stang. Diakui Endro akan lebih menyulitkan pencuri, saat harus mencungkil kunci kontak kendaraan.

Untuk kunci yang berada di atas seperti pada motor sport sebenarnya hal ini tidak berpengaruh besar. Namun untuk motor matik atau cab (bebek) posisi kuncinya umumnya berada di bawah stang.

“Jadi saat di kunci posisi ke kanan, menutup keleluasaan orang untuk mencungkil bagian kuncinya. Dengan kunci stang ke kanan, jadi lebih mempersempit ruang geraknya saja,” papar Endro.

Ia pun turut menjelaskan, untuk sistem kerja kunci stang ke kiri dan kanan sebenarnya sama saja. Bedanya, untuk stang ke kanan itu, proses merusak kunci membutuhkan waktu yang lebih lama.

“Memposisikan stang menghadap ke kanan cukup berpengaruh kepada sistem keamanan motor,” pungkasnya.

Baca juga  Kunci Motor Patah di Dalam? Ini Cara Mengeluarkannya

Selain dengan kunci stang menghadap ke kanan, kalian juga bisa menambahkan kunci pengaman ganda. Tidak hanya mengandalkan sistem keamanan bawaan pabrikan saja.

Setidaknya ada 2 kunci pengaman ganda simpel bisa kalian andalkan, Sob! Mulai dari kunci ban, kunci tuas rem, kunci cakram, hingga kunci elektrik. Tanpa berpanjang lebar, berikut sejumlah daftar kunci pengaman ganda yang bisa diandalkan.

Kunci Cakram Rem

Disc lock
Disc lock atau kunci cakram membuat motor lebih aman, selain kunci stang ke kanan

Tak hanya dengan kunci stang ke kanan, kalian bisa memanfaatkan kunci cakram rem ketika memarkirkan kendaraan dalam kurun waktu yang lama. Langkah ini dapat mencegah dari aksi-aksi pencurian.

Pakai kunci cakram rem ini juga cukup mudah, dan kalian bisa gunakan ketika parkir kendaraan di mana saja. Seperti diketahui rem bertugas menghentikan kendaraan lebih aman dan presisi.

Kegunaan rem cakram pun tidak hanya sebagai sistem pengereman saja. Namun mampu menangkal aksi pencurian.

Dengan catatan, rem cakram harus ditambahkan kunci pengaman tambahan. Supaya sepeda motor kalian sulit untuk diambil maling.

Jadi selain kunci stang ke kanan, kalian bisa kunci cakram rem agar sepeda motor lebih aman. Sebagai gambaran untuk kalian, kunci cakram rem motor biasanya berbentuk seperti gembok berbahan besi yang bisa dimasukkan ke lubang-lubang yang ada di cakram.

Saat cakram motor digembok, secara otomotif motor kesayanganmu tidak bisa dijalankan. Dengan begitu maling yang ingin mengambilnya pun kesulitan untuk membawa lari motor kalian.

Gembok rem cakram pun saat ini modelnya cukup beragam. Ada yang memiliki bahan baja, yang tentunya sulit untuk dipotong. Jadi dengan menambahkan sistem keamanan motor, kalian jadi lebih nyaman dan tenang ketika meninggalkan kendaraan.

Baca juga  Review Anti Stater Sistem. Maling Dijamin Bingung

Kunci Tuas Rem

Grip Lock salah satu kunci motor anti maling
Grip Lock salah satu kunci motor anti maling, di luar kalian bisa kunci stang ke kanan

Cara lain yang bisa kalian lakukan, selain kunci stang ke kanan dalam menangkal aksi pencurian adalah menggunakan kunci pengaman pada tuas rem. Langkah pencegahan ini cukup ampuh dan bisa dilakukan di mana saja.

Namun kendalanya, masih banyak masyarakat beranggapan bahwa gembok yang satu ini akan membuat minyak rem motor mengalir terus ke cakram atau tromol. Dampaknya diklaim membuat rem motor semakin linci dan tidak pakem ketika digunakan.

Setelah digali lebih dalam, sejatinya sejumlah bayangan tersebut tidak semuanya benar, lho! Pasalnya ketika tuas rem ditekan tanpa berjalan, minyak rem tentu tidak akan mengalir layaknya kran air di rumah kalian.

Alhasil penggunaan kunci tuas rem ini sebenarnya akan lebih aman, karena ban jadi tidak bergerak. Menariknya lagi, kunci tuas rem bisa kalian bawa kemana saja dan bisa digunakan kapanpun ketika kalian membutuhkan.

Well.. sekarang sudah tahukan fungsi dan cara kerja kunci stang ke kanan. Beserta kunci pengaman ganda yang bisa kalian gunakan ketika bepergian.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat membantu kalian dalam meningkatkan keamanan dari aksi-aksi pencurian yang belakangan cukup marak di Tanah Air.

Baca juga:

Terbaru