by

Cara Menghidupkan Motor Tanpa Kunci? Untuk Kondisi Darurat!

Cara Menghidupkan Motor Tanpa Kunci – Kalau mau mengaktifkan mesin sepeda motor, umumnya kita menggunakan kunci kontak. Tanpanya, kemungkinan besar mesin tidak akan bisa aktif.

Permisalan yang paling sering terjadi adalah kunci kontak hilang. Kita pasti dibuat bingun. Beruntung jika kamu masih memiliki kunci cadangan, tentunya tak akan menjadi kendala yang besar.

Lantas bagaimana jika kunci motor yang kamu miliki cuma satu-satunya, dan hilang. Tentu ini bakal merepotkan. Kamu juga harus segera mencari solusi yang cepat dan tepat, agar sepeda motor bisa menyala.

Sebelum kamu putus asa, alangkah baiknya jika kamu melihat dulu jenis kunci kontak pada motor yang kamu miliki. Karena jika masih menggunakan sistem konvensional, masalah ini ternyata mudah diatasi.

Fungsi kunci kontak sejatinya hanya sebagai alat untuk memutar posisi kontak di dalam switch. Bila sudah berputar, baterai dapat terhubung dengan rangkaian CDI dan kelistrikan utama.

Jadi, sebenarnya motor tetap bisa dihidupkan tanpa kunci kontak. Hanya saja kamu perlu tahu cara-caranya. Tidak sulit, namun perlu dipahami dengan baik.

Intinya, kamu cuma perlu menghubungkan kabel dari belakang switch. Poin yang perlu kamu ingat, setiap motor memiliki jumlah kabel dan warna yang berbeda-beda. Jadi kamu juga perlu teliti dalam mengerjakannya.

Kali ini, Moladin bakal sedikit memberikan solusi buat kamu yang mengalami kehilangan kunci. Agar bisa tetap menghidupkan motor bebek atau matik tanpa menggunakan kunci.

1. Cara Menghidupkan Motor Tanpa Kunci untuk Motor Yamaha

Cara menghidupkan motor tanpa kunci
Menghidupkan motor tanpa kunci, kamu bisa melihat switch kunci

Beragam merek motor Yamaha kini sudah tersedia di Indonesia, mulai dari motor bebek, matik, hingga motor sport ataupun motor gede (moge). Jika motor kamu jenis Yamaha V80, F1Z-R, RX Spesial, Vega R, hingga Jupiter produksi di bawah tahun 2006, memiliki rangkaian kabel kontak yang sama.

Jenis kunci kontaknya juga serupa dengan motor Yamaha lansiran di bawah tahun 2000 seperti YT, RXZ, dan RX King. Kalu benar, motor kamu termasuk di dalamnya, langkah untuk mengaktifkan mesin motor tanpa kunci kontak sangatlah mudah.

Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah bongkar bodi motor. Kemudian temukan soket penghubung kabel yang terhubung dengan kunci kontak. Lalu cabut soket tersebut.

Biasanya, lampu indikator tidak menyala, namun kelistrikan untuk mesin mulai dari spul hingga CDI dan coil akan berfungsi setelah soket terlepas. Dengan begitu, mesin akan dapat dihidupkan meskipun lampu, klakson serta indicator lainnya tidak menyala.

Jika kamu ingin mematikan mesin, kamu bisa mencari kabel berwarna hitam dan kabel warna hitam kombinasi putih. Jumper dengan kawat pada soket untuk kedua kabel itu, agar mesin bisa dimatikan.

Bila motor kamu adalah Yamaha Vega R New, Jupiter di atas tahun 2006, Vega ZR, dan semua Motor Yamaha produksi di atas tahun 2010 dan motor Yamaha matik. Biasanya menggunakan kontrol IG untuk mengaktifkan seluruh kelistrikan.

Cara menghidupkan motor tanpa kunci yang bisa lakukan adalah dengan memotong dua kabel yang terletak di belakang switch. Kabel yang dipotong adalah kabel baterai dan kabel IG, kabel tersebut berwarna Merah dan Cokelat.

Selanjutnya kamu bisa sambung atau satukan kedua kabel itu, lalu kamu coba nyalakan motor kamu seperti biasa. Alangkah baiknya kamu bisa nyalakan motor dengan cara kick start.

2. Nyalakan Motor Honda Dengan Mudah Tanpa Kunci

Hidupkan Motor Yamaha Tanpa Kunci

Serupa dengan motor Yamaha, menghidupkan sepeda motor Honda pun bisa dilakukan tanpa menggunakan anak kunci. Namun ada cara yang perlu kamu ketahui dan mungkin bisa dilakukan di rumah.

Pada motor-motor Honda model C70, Astrea 800, Astrea Star, Astrea Prima, Astera Grand, Supra 110, Supra Fit, Fit S, Fit X, Honda Win dan GL Pro Black memiliki rangkaian yang sama. Sistem kunci yang digunakan masih menggunakan jenis konvensional.

Pertama kamu bisa mengamati jalur kabel yang berwarna hitam kombinasi putih dan satu lagi kabel berwarna hitam dengan kombinasi merah. Kemudian lepaskan soket, siapkan sebuah kawat yang dapat dimasukkan kedalam soket untuk melakukan jumper kedua kabel tersebut.

Jangan lupa, kamu juga harus mengecek indikator lampu. Jika sudah menyala, artinya mesin sudah siap dihidupkan. Jika kondisi motor Honda kamu berbeda sistem ada langkah lain yang bisa kamu lakukan.

Kamu bisa membuka bagian belakang switch, di sana kamu akan menemukan setidaknya 4 kabel sistem kontak di motor kamu. Potong kabel masa atau kabel berwarna hijau agar tidak lagi terhubung dengan switch, kemudian beri selotip sebagai pengaman.

Selanjutnya kamu bisa mencoba untuk menghidupkan dengan cara kick start atau diselah.

Untuk motor-motor tipe tertentu seperti Honda Supra X125, GL Pro Neotech, Mega Pro, Tiger 2000 dan seluruh matik Honda, umumnya menggunakan kontak dari IG ke baterai. Cara untuk menghidupkan motor tanpa kunci, kamu coba lepas bagian switch, kemudian periksa kabel pada bagian belakang.

Salah satu yang harus kamu perhatikan adalah memastikan kamu memotong dua kabel yang berwarna merah sebagai kabel baterai, dan kabel berwarna merah/hitam sebagai kabel IG. Selanjutnya kamu bisa coba hidupkan mesin motornya.

3. Cara Menghidupkan Motor Suzuki Tanpa Kunci

Cara menghidupkan motor tanpa kunci
Perhatikan kabel-kabel switch yang ada

Masih mirip-mirip dengan motor Yamaha maupun Honda lainnya. Cara menghidupkan motor tanpa kunci di motor Suzuki sejatinya tak jauh berbeda. Namun yang pasti tergantung dari model motor yang kamu miliki.

Bila motor kamu adalah Suzuki FR, RC 100, Tornado, A 100, TRS, GP atau motor Suzuki keluaran lama. Kamu mungkin bisa memotong kabel masa yang berwarna Hitam/putih. Selanjutnya kamu coba lakukan kick start.

Lain halnya jika kamu ingin menyalakan mesin motor Suzuki Shogun 110, Smash, Smash New, Shogun 125, dan semua motor Suzuki di atas tahun 2005 dan model matik. Cara menghidupkannya dengan menghubungkan kabel baterai dengan kabel IG yang terletak dibelakang switch.

Perhatikan, kabel baterai di switch pada produk-produk Suzuki biasanya berkelir merah, sementara untuk kabel IG biasanya memiliki warna orange. Setelah itu kamu bisa mencoba untuk menyalakan mesinnya.

Mengenal Jenis Pengamanan Kunci yang Tersedia di Sepeda Motor

Pengaman Kunci Sepeda Motor
Pengaman Kunci Sepeda Motor

Sepeda motor modern biasanya menggunakan kunci kontak dengan pengaman bermagnet. Hampir seluruh pabrikan kini sudah mengaplikasikan jenis kunci seperti ini. Pun begitu, ternyata ada sejumlah perbedaan cara kerja kunci, yang setidaknya perlu kamu ketahui.

Geser Tuas

Kunci pengaman sepeda motor
Pengaman kunci model geser

Buat kamu yang punya motor Honda, coba kamu cek kira-kira sepeda motor yang kamu punya menggunakan sistem kunci yang seperti apa. Urusan pengaman lubang kunci, Astra Honda Motor (AHM) biasanya memberikan istilah Secure Key Shutter. Pengembangannya, yaitu dengan menerapkan tuas kecil di bagian panel kontak.

Panel ini berfungsi untuk menghemat waktu. Karena untuk menutup lubang kunci, kamu hanya perlu menggeser tuas ini ke arah yang sudah ditentukan. Contohnya dari bawah ke atas. Jadi, tidak perlu lagi menggunakan anak kunci untuk mengaktifkannya.

Tapi, tuas ini hanya berfungsi untuk menutup saja. Untuk membuka penutup lubang kunci itu, tetap harus menggunakan magnet di anak kunci.

Menutup Manual

Model pengaman kunci menutup manual
Model pengaman kunci menutup manual

Teknologi key shutter pertama kali dirilis di panel kontak masih menggunakan model manual. Artinya, penutup lubang itu harus digeser, menggunakan ujung teratas anak kunci, agar lubang tertutup. Menggunakan sisi yang ada magnetnya.

Perhatikan, terdapat 3 magnet berukuran kecil yang terdapat di anak kunci. Magnet yang sama juga ada di bagian panel kontak. Hanya saja, tentu berbeda kutub. Untuk mengaktifkannya, arah magnet terlebih dulu disesuaikan.

Sistem model seperti ini lebih dulu diperkenalkan oleh Suzuki. Setelah itu, pabrikan lain mulai mengikuti. Honda mengawalinya di Honda Supra X125 di tahun 2005. Tetapi, Suzuki lebih dulu di 2004 melalui varian Suzuki Shogun 125. Kemudian muncul di Yamaha Mio Soul.

Tekan Tombol

Pengaman kunci model tombol
Pengaman kunci model tombol

Tidak hanya berfungsi sebagai pengaman panel kontak dari gangguan maling. Lubang penutup pada kunci konta juga melindungi lubang dari air. Khususnya ketika terkena air hujang, yang dapat menyebabkan korosi hingga kebagian dalam lubang.

Pengembangan key shutter juga dilakukan Yamaha. Kondisi ini, bisa dilihat dari panel kunci kontak di Yamaha Xeon 125. Sebenarnya, prinsip kerja yang ditawarkan pun hampir sama dengan shutter key model tuas. Tapi bedanya, di Xeon menggunakan tombol.

Tombol tersebut tinggal kamu tekan, demi mengaktifkan penutup lubang kunci. Ketika tombol ditekan, maka secara otomatis penutup akan bekerja. Untuk membukanya kamu bisa menggunakan anak kunci secara manual.

Otomatis Ketika Dicabut

kunci motor otomatis

Pengembangan atau evolusi masih terus dilakukan AHM melalui varian-varian terbarunya. Makin mempermudah pengendara ketika parkir. Penutup lubang kunci itu akan menutup secara otomatis ketika kunci kontak dicabut.

Fitur otomatis ini tak akan bekerja, jika tidak dalam posisi lock. Jika dalam posisi off saja, lubang kunci tetap tak tertutup. Untuk menutupnya, kamu bisa gunakan anak kunci layaknya kebalikan dari membuka.

Panel kunci seperti ini biasanya diaplikasikan pada Honda Scoopy, Honda Vario CBS Techno atau di Honda Spacy Helm In.

Baca juga:

Author: Deni Ferlindungan

Gravatar Image
Seorang jurnalis yang berkecimpung di dunia otomotif sejak 2011. Menyukai seluk beluk seputar otomotif baik roda dua dan empat. Kini memiliki hobi bersepeda keliling kota.

Terbaru