Motor Hilang saat Kredit Belum Lunas, Perlu Bayar Cicilannya?

Moladin – Moladiners pernah mengalami yang namanya motor hilang saat cicilan belum lunas? Kata pertama yang cocok menggambarkan situasi itu mungkin panik dan marah sehingga Moladiners pun buru-buru lapor ke kantor polisi terdekat.

Padahal sebelum lapor ke kantor polisi, Moladiners harusnya lapor ke pihak leasing motor terlebih dahulu lho terkait pembayaran cicilan motor. Kenapa? Yuk cari tahu jawabannya berikut ini.

 

Memudahkan Pencairan Klaim Asuransi

klaim asuransiBikin surat pernyataan kehilangan agar mudah untuk pencairan klaim asuransi

Apabila Moladiners kehilangan motor, hal yang pertama kali harus dilakukan adalah menghubungi perusahaan leasing motor dalam tempo 5 x 24 jam. Hal ini untuk memudahkan kalian dalam melakukan proses klaim kepada perusahaan asuransi.

Apabila kalian melapor ke polisi terlebih dahulu malah akan sedikit menyulitkan bagi leasing untuk membantu klaim kehilangan karena kunci motor dan STNK motor yang dicuri akan disita sebagai barang bukti. 

Padahal kunci motor dan STNK ini adalah dua hal penting yang dibutuhkan oleh pihak leasing dalam mengajukan klaim asuransi supaya kalian tidak terus-terusan membayar cicilan motor. Saat kunci dan STNK ini tidak ada, klaim kehilangan kepada perusahaan asuransi tidak dapat dilakukan.

Lalu bagaimana bila Moladiners terlanjur melapor ke polisi dan mengakibatkan kunci motor dan STNK kalian disita? Biasanya pihak leasing akan meminta surat pernyataan kehilangan serta bukti penyitaan kunci dan STNK dari kepolisian.

Surat ini nantinya dilampirkan sebagai dokumen pendukung klaim asuransi. Moladiners pun nanti juga akan diminta menyiapkan beberapa dokumen pelengkap oleh pihak asuransi. 

 

Honda Vario 125 eSP

*Angsuran mulai dari

 

Tetap Membayar Cicilan Motor

Harap diingat, meskipun kehilangan motor, Moladiners harus tetap membayar cicilan setiap bulannya hingga asuransi yang kalian ajukan cair. Biasanya klaim asuransi yang diajukan membutuhkan waktu kurang lebih satu hingga tiga bulan untuk bisa cair.

Begitu klaim asuransi yang diajukan disetujui dan dananya cair, maka cicilan kalian dianggap lunas dan Moladiners tidak perlu membayar cicilan lagi. Cicilan dianggap lunas karena dana asuransi yang sudah cair ini akan dipakai untuk melunasi biaya cicilan motor yang belum dibayarkan.

Kenapa dibutuhkan waktu yang lama sehingga cicilan baru bisa cair? Sebab pihak asuransi juga harus menunggu hasil penyidikan dari kepolisian terkait motor kalian yang hilang.

Pihak asuransi harus yakin terlebih dahulu bahwa pengajuan klaim kehilangan motor ini bebas dari unsur penipuan dengan cara melakukan cek tempat kejadian perkara, wawancara saksi-saksi dan korban. Waktu verifikasi data ini sendiri biasanya memakan waktu 30 hari setelah laporan

Adapun asuransi dari perusahaan pembiayaan ini berlaku untuk motor hilang ketika diparkir, hilang karena pencurian, serta hilang akibat perampasan baik itu dengan penodongan maupun tidak.

Asuransi ini juga meliputi penggantian kerusakan akibat kecelakaan yang menyebabkan kondisi motor rusak parah hingga 75 persen. Jadi memang harus sabar menunggu dan membayar cicilannya ya, Moladiners.

Baca juga;

 

Dokumen Pendukung Klaim Asuransi

perhatikan dokumen klaim asuransiPerhatikan dokumen untuk pendukung klaim asuransi

Supaya proses klaim berjalan lancar, Moladiners harus menyiapkan beberapa dokumen sebagai berikut:

  • Formulir klaim
  • Surat kehilangan dari kepolisian
  • STNK
  • Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) (biasanya disediakan oleh pihak leasing karena motor masih dalam proses cicilan)
  • Faktur pembelian motor
  • Polis asuransi yang asli
  • SIM
  • Kartu identitas berupa KTP
  • serta kwitansi kosong tiga lembar yang dilengkapi materai Rp 6000

Isi formulir pengajuan klaim dengan benar karena tidak menutup kemungkinan klaim kalian tidak diterima karena salah mengisi formulir. Kesalahan ini misalnya keliru dalam memasukkan identitas kendaraan ataupun nama lengkap. Terlihat sepele tapi sebenarnya dampaknya sangat besar. Ingat, jangan lupa serahkan juga kunci motor rangkap dua.

 

Jumlah Penggantian dari Pihak Asuransi

Sebagai informasi kalian Moladiners, jumlah penggantian asuransi besarannya tak selalu sama. Apabila dalam kurun waktu satu tahun setelah dibeli motor sudah hilang, maka biaya penggantiannya 100 persen dari harga OTR.

Jika kehilangan terjadi di tahun ke dua, biaya penggantian dari pihak asuransi berkisar di angka 85 persen. Nah, apabila kehilangan terjadi pada tahun ke tiga setelah dibeli, pihak asuransi biasanya hanya akan memberikan penggantian kurang lebih 75 persen.

 

Honda Vario 150 eSP

*Angsuran mulai dari

 

Berbeda halnya bila Moladiners mengalami kecelakan, pihak asuransi biasanya akan mengganti 100 persen motor yang mengalami kecelakan parah di tahun pertama pembelian. Jika motor kalian tidak mengalami kerusakan yang parah setelah kecelakaan, penggantian ini dilakukan sesuai dengan perhitungan kerusakan. 

Sudah tahu kan harus bayar cicilan atau tidak apabila motor Moladiners yang statusnya kredit hilang karena dicuri orang? Jawabannya, kalian masih harus bayar sampai klaim asuransi yang diajukan cair.

Selain itu jangan lupa untuk melakukan laporan kepada pihak leasing dan kepolisian untuk melakukan proses pengajuan klaim. Semoga cukup jelas dan bermanfaat informasinya ya, Moladiners.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *