by

Beli Skutik Yamaha 125cc, Pilih Soul GT, Freego atau Lexi?

Pasar skutik memang tidak pernah sepi, meskipun banyak rilisan motor baru bertipe motor bebek, sport, naked dan motor listrik. Tidak terkecuali tiga skutik Yamaha 125cc berikut ini: Yamaha Lexi, Yamaha Freego dan Yamaha Soul GT.

Alasan orang banyak sekali menggunakan skuter matic dikarenakan mudah pengoperasiannya, murah perawatannya dan yang paling penting sangat nyaman saat kondisi jalanan macet. Makanya tidak heran, kalau motor matic selalu sliweran dijalanan, termasuk tiga motor yang sudah disebutkan di atas.

Akan tetapi Moladiners tahu gak nih perbedaan spesifikasi dari Yamaha Lexi, Freego dan All New Soul GT? Meskipun sama-sama menggendong mesin 125cc, ketiga motor ini memiliki perbedaan yang mencolok bila diliat secara mendalam. Yuk simak penjelasan berikut ini ya!

 

Desain

pjimage 2 1
Kapasitas bagasi Freego paling besar dibanding Lexi dan Soul GT

Ngomongin soal desainnya dulu nih, ketiga skutik Yamaha 125cc ini punya karakteristik yang berbeda dari mulai yang sederhana sampai yang mewah. Pastinya Yamaha All New Soul GT, Freego juga Lexi di desain untuk nyaman dikendarai.

Yamaha All New Soul GT memiliki desain yang sederhana dengan bentuk headlamp tegas dikombinasi dengan sein yang menyatu dengan bodi samping. Sementara untuk bagian stoplamp dibuat satu set menyatu dengan lampu sein.

Sementara untuk Freego punya desain yang lebar, namun ringkas. Sekilas memang motor ini terlihat seperti motor yang terlalu kegemukan, karena memiliki pelek yang kecil untuk bagian depan dan belakangnya yakni berukuran 12 inci. Sementara untuk bagian headlampnya motor ini terlihat futuristik, berkat posisi lampu sein yang menyatu dengan bagian bodi samping.

Desain mewah jelas terlihat di motor berkapasitas 125cc yang termasuk dalam keluarga MAXI Yamaha, yakni Lexi 125. Posisi bodi dibuat memanjang dengan bentukan yang sedikit agak lebar, sementara bagian headlamp menyatu dengan sein. Lexi memiliki ruang pijakan yang luas dan nyaman, ditambah dengan seat yang berukuran lebih panjang dengan desain yang elegan mendukung kenyamanan berkendara baik invidu maupun sharing.

Baca juga  Warna-warni Yamaha XMax yang Bikin Jatuh Hati

 

Fitur

pjimage 1 1
Ketiga skutik Yamaha 125cc tawarkan fitur kunci bervariasi

Soal fitur, jelas ada skutik Yamaha 125cc miliki perbedaan yang mencolok dari Yamaha All New Soul GT, Freego dan juga Lexi 125. Secara ketiga motor ini merupakan motor yang punya pasar yang berbeda-beda, All New Soul GT membawa kesederhaan, sementara untuk Freego dan Lexi satu tingkat di atasnya.

All New Soul GT memiliki fitur sederhana dengan kapasitas bagasi sebesar 14 liter, motor ini dilengkapi Stop & Smart System (SSS) fitur eksklusif dengan system otomatis yang membuat mesin mati saat berhenti lebih dari 5 detik.

Advance Key System (AKS) untuk mengetahui posisi motor saat sedang diparkir. LED headlight juga sudah terdapat di motor, terakhir terdapat ECO untuk berkendara lebih dan ekonomis.

Soal fiturnya jelas Freego berada di atas satu tingkat, motor ini memiliki bagasi seluas 25 liter sanggup untuk tampung helm full face, sistem pencahayaannya sudah menggunalan LED.

Sudah dilengkapi dengan sistem Keyles dan Electric Power Socket untuk mengisi baterai gadget.  Selanjutnya, terdapat fitur Immobilizer dan juga Answer Back System, dan terakhir sistem pengeremannya sudah menggunakan teknologi ABS (Anti-Lock Braking System).

Yamaha Lexi jelas lebih kaya fitur, dibanding dengan tipe sebelumnya. Lexi menggunakan sistem pencahayaan LED, sudah disematkan lampu hazard lengkap dengan speedometer full digital. Kapasitas bagasinya sebesar 12,8 liter.

Dilengkapi dengan Stop & Smart System (SSS) yang berfungsi untuk mengurangi konsumsi BBM yang tidak perlu saat motor sedang berhenti. Uniknya, motor ini menggunakan Smart Motor Generator (SMG) yang bikin suara motor lebih halus.

Baca juga;

Baca juga  Antara Suzuki Nex II VS Mio M3, Mana Yang Lebih Baik?

 

Mesin

pjimage 3 1
Ketiganya menggendong mesin kapasitas 125cc

Meskipun sama-sama menggendong mesin 125cc, akan tetapi ketiga motor ini punya perbedaan performa. Soal performanya All New Soul GT dan Freego punya kemiripan, tetapi bila dibandingkan dengan Lexi perbedaannya jauh.

All New Soul GT pakai tipe mesin Air cooled 4-stroke, SOHC yang sudah berteknologi injeksi. Hasilkan daya maksimal 9.38 HP / 8000rpm sementara untuk torsi maksimalnya 9.6 Nm / 5500rpm. Sistem starter menggunakan electric & kick starter.

Sementara Yamaha Freego menggunakan mesin yang sama dengan All New Soul GT, Air cooled 4-stroke, SOHC. Soal performa memang tidak jauh berbeda dengan All New Soul GT, hasilkan daya maksimal 9.38 HP / 8000 rpm sementara untuk torsinya lebih rendah di angka 9,5 Nm/ 5500 rpm. Sistem starter menggunakan electric & kick starter.

Kalau berbicara performa memang Yamaha Lexi 125 paling menonjol meskpiun menggendong mesin 125cc, hasilkan daya maksimal 11.73 HP / 8000 rpm sementara untuk torsinya 11.3 Nm / 7000 rpm. Nah, ini yang menjadi pembeda kenapa soal power dan torsi dari Yamaha Lexi bisa lebih powerful, berkat adanya Diasil Cylinder yang membuatnya cepat melepas panas ditambah dengan teknologi VVA menjaga tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesin.

 

Harga dan Kesimpulan

pjimage 6
Lexi tawarkan speedometer full digital

Setelah dibahas soal spesifikasinya, kurang afdol kalo tidak memberikan kesimpulan dari skutik yamaha 125cc tadi. Secara umum ketiganya punya spesifikasi yang kompetitif untuk mesin berkapasitas 125cc.

Tapi buat kalian yang menginginkan performa garang pastinya Yamaha Lexi, karena punya daya juga torsi yang jauh lebih besar. Sepertinya memang motor ini cocok buat jarak jauh, karena punya power yang gak kentang ketimbang All New Soul GT juga Freego.

Baca juga  YIMM Resmi Merilis Yamaha MT-15 di Indonesia, Bagaimana Nasib Xabre?

Sementara buat kalian yang mencari kesederhaan tapi tetap nyaman untuk jalanan dalam kota, sepertinya layak untuk memilih All New Soul GT dan Freego, keduanya memang punya desain yang sederhana ditunjang dengan fitur yang lebih minim dari Lexi.

Sebut saja All New Soul GT yang memiliki desain bodi lebih ringkas simpel, ditunjang dengan kapasitas bagasi 14 liter dengan menggunakan ban kecil dikombinasi ring ukuran 14, tampak nyaman melahap jalanan dalam kota.

Sementara Freego yang punya desain agak gemuk, mempunyai kapasitas bagasi sampai dengan 25 liter, motor ini pas buat kalian yang suka bawa banyak barang. Ukuran pelek 12 inci dengan ban tapak lebar, tampaknya nyaman melahap kondisi jalan yang bergelombang, banyak lubang dan tidak rata.

Mungkin ada sedikit perbedaan yang mencolok nih, Yamaha Lexi punya posisi tempat duduk yang lebih tinggi dibandingkan dengan All New Soul GT dengan Freego, yaitu jaraknya 785mm sehingga buat orang yeng memiliki tinggi 160cm posisinya akan sedikit jinjit.

Soal harganya jelas, Lexi lebih mahal tapi berikan fitur dan performa yang menjanjikan. Yamaha Lexi dibanderol dengan harga mulai Rp 20 Jutaan, sementara untuk All New Soul GT dibanderol seharga Rp 17 Jutaan dan terakhir Freego dibanderol dengan harga mulai Rp 18 jutaan.

Nah, kalao Moladiners sendiri pilih yang mana? Pastinya ketiga motor tadi tetap layak dipilih untuk teman berkendara kalian, tinggal sesuaikan dengan butuhan Moladiners semua ya. Pastikan harganya pas di kantong.

Baca juga;

Comment

Leave a Reply

Terbaru