by

Inilah Sosok Honda Civic Hatchback 2022, Meluncur Juni

Kemarin Honda Civic Hatchback 2022  sempat menggoda penggemarnya dengan kemunculan teaser yang dirilis resmi oleh pabrikan. Foto tersebut menampilkan gambar siluet mobildengan latar belakang sunset pantai dan pohon kelapa.

Dengan kemunculan gambar tersebut, ternyata banyak menerima tanggapan dari penggemar pabrikan berlogo H. Mereka mengatakan, bahwa itulah sosok Honda Civic Hatchback 2022 tersebut.

Salah satuntya datang dari pengguna forum CivicXi.com. Dimana teaser gambar mobil tersebut coba diperjelas dengan cara dinaikan saturasi cahayanya untuk mendapatkan gambar yang lebih terang, demi menjawab rasa penasaran penggemar Civic.

Hasilnya ternyata memang mobil tersebut tidak memberikan banyak kejutan. Lantaran Honda Civic Hatchback generasi berikutnya ini sangat mirip dengan Honda Civic Sedan yang memulai debutnya pada April bulan lalu. Kecuali dengan detial khas hatcback seperti bagasi yang turun menyerupai ruang kapal.

Secara keseluruhan Civic Hatchback 2022 terlihat memiliki gaya yang terinspirasi dari Accord. Seperti memiliki garis bodi vertikal yang tajam, melewati tepat di atas handle pintu.

Meski begitu mobil ini tetap menampilkan desain sedan seutuhnya jika dilihat dari depan sebagaimana hatchback sejati. Selain itu di bagian belakang, nantinya diprediksi akan diberi kejutan dengan desain lampu yang akan terlihat lebih menarik.

Baca juga  Sosok Honda Jazz Type R, Masuk Indonesia?

Untuk ini, biasanya mobil-mobil Honda versi hatchback juga akan ditawarkan dengan varian sporty. Selain itu Civic Hatchback generasi terbaru juga diharapkan akan menyuguhkan interior yang sama keren dnegan pendahulunya.

Kemudian, harapannya Honda Civic hatchback 2022 sudah dibekali dengan sistem keselamatan terbaru Honda Sensing. Prediksi lainnya ada layar sentuh infotainment 9,0 inci, stereo Bose 12-speaker, atau sama dengan yang ditawarkan pada unit sedannya.

Mengusung Powertrain yang Sama Dengan Civic Sedan

Honda Civic Hatchback 2022
Teaser resmi Honda Civic Hatchback 2022

Honda Civic Hatcback diprediksi akan mengusung 2 model mesin, seperti Civic sedan yang rilis beberapa waktu lalu. Dengan begitu, berarti Honda Civic Hatcback ini akan menawarkan mesin konfigurasi 2.0 liter dan 1.5 liter turbocharged.

Mesin 2.0 liter miliknya menggunakan konfigurasi empat silinder, DOHC, dan i-VTEC. Jantung mekanis itu bisa melontarkan torsi puncak 187 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga maksimal 158 PS pada 6.500 rpm.

Sementara mesin 1.5 liter turbonya memiliki konfigurasi empat silinder DOHC VTEC. Di atas kertas mesin turbo ini mampu mengeluarkan performa lebih baik. Torsi puncaknya tembus 240 Nm pada 1.700 – 4.500 rpm dan tenaga maksimalnya 180 PS pada 6.000 rpm.

Baca juga  6 Mobil Sedan Terbaik yang Ramah Lingkungan

Walau demikian untuk yang masuk ke Indonesia, sepertinya akan dipertahankan mesin 1.5 liter turbo. Pasalnya itulah jantung mekanis yang digunakan oleh Civic Hatchback saat ini di Tanah Air. Lagi pula karakter mobil turbo sudah melekat didirinya.

Honda Civic Hatchback 2022 diharapkan datang dengan transmisi manual enam kecepatan, untuk melengkapi varian transmisi CVT standar yang ada pada versi sedan.

Pabrikan mengatakan mobil ini kemungkinan dikenalkan secara resmi pada 23 Juni dan akan dijual secara masal pada akhir tahun ini. Hanya saja untuk pasar global terlebih dulu. Indonesia kemungkinan bakal dapat unit lebih lama, sepertinya tahun depan!

Demikian ulasan terkait Honda Civic hatchback 2022. Untuk mendapatkan ulasan terkait berta otomotif lengkap lainnya simak terus Moladin.com.

Terbaru