Sabtu, April 13, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Kelebihan Vespa GTS 300 Super Tech 2023, Seharga Mobil LCGC!

by Tigor Sihombing
kelebihan vespa gts 300 super tech 2023

Apa kelebihan Vespa GTS 300 Super Tech 2023? Wajar kalau banyak yang bertanya seperti itu, pasalnya harga motor Vespa berbodi bongsor tersebut tembus Rp 163,2 juta (OTR Jakarta). Dengan kata lain, banderolnya setara mobil LCGC. 

Wajar mahal, karena GTS adalah motor Vespa dengan kasta paling tinggi. Bukan cuma bongsor, tapi fitur-fiturnya modern, serta performa mesinnya istimewa. Terlebih untuk GTS Super Tech, bisa dikatakan ini merupakan Vespa tercanggih yang pernah ada.

Secara global, Vespa GT atau Granturismo lahir pada tahun 2003 dengan kedatangan Vespa GT 125 dan 200. Keluarga Vespa berukuran besar terus berkembang di tahun 2005 lewat kelahiran Vespa GTS (Granturismo Sport) versi 250 cc, dan peningkatan performa selanjutnya diberikan oleh mesin hingga 300 cc.

Kemajuan teknologi berlanjut di tahun 2016 ketika Vespa GTS mendapatkan peningkatan mesin i-get. Peningkatan teknologi tinggi selanjutnya dilakukan Vespa GTS di tahun 2019, saat Vespa GTS Super Tech lahir dengan menggunakan mesin paling bertenaga yang pernah diadopsi di Vespa, 300cc HPE, dan dilengkapi teknologi dengan layar TFT berwarna.

Setelah 20 tahun berevolusi, kini jajaran Vespa GTS hadir dengan peningkatan di tiap aspek: keamanan, kenyamanan, teknologi, tampilan menawan dan gaya berkendara yang khas. Bisa dikatakan, kelebihan Vespa GTS 300 Super Tech 2023 ada di banyak sektor.

Baca juga  Harga Vespa Primavera Sean Wotherspoon, GTS Kalah Mahal

“Kini, Vespa GTS telah menjadi ikon unstoppable greatness, menawarkan detail teknis yang memuaskan, keamanan terbaik, dan kenyamanan,” kata Managing Director and Country CEO of PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega.

Ingin tahu apa saja keunggulan motor Vespa seharga mobil LCGC tersebut? Berikut bahasan lengkapnya:

1. Performa Mesin Paling Istimewa

vespa gts 300 super tech - tampak depan

Mesin 278 cc jadi andalan Vespa GTS Super Tech

Kelebihan Vespa GTS 300 Super Tech 2023 yang pertama adalah mesinnya paling besar. Motor merek Italia ini pakai kubikasi 278 cc HPE (high performance engine). Di atas kertas bisa melontarkan torsi puncak 26 Nm pada 5.250 rpm dan tenaga maksimal 23,4 hp pada 8.250 rpm. Sementara untuk transmisi pakai CVT.

Sementara Vespa lain, seperti GTS Classic dan Super Sport cuma pakai kubikasi 155 cc. Begitu pula dengan Vespa Primavera dan Sprint yang pakai mesin 154,8 cc. Bahkan, Vespa LX dan S hanya menggunakan mesin 124,5 cc.

Di samping punya mesin paling besar, Vespa GTS Super Tech juga memiliki tangki bensin paling lega yaitu mencapai 9 liter. Istimewa bukan?

2. TFT Instrument Panel 

kelebihan vespa gts 300 super tech 2023 - panel instrumen tft

Layar TFT membuat tampilan motor Vespa semakin modern

Selanjutnya yang jadi kelebihan Vespa GTS 300 Super Tech 2023, hadirnya layar TFT. Dapat menampilkan berbagai data perjalanan seperti kecepatan maksimum, kecepatan rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, konsumsi bahan bakar rata-rata, jarak tempuh, dan status pengisian baterai dan segala notifikasi termasuk panggilan, pesan dan musik dapat dengan mudah dikendalikan dengan joystick yang terletak pada sisi kanan stang kemudi.

Baca juga  3 Modifikasi Vespa Matic agar Tampil Keren!

Layar TFT itu juga berfungsi sebagai sistem navigasi yang akan menemani pengendara sepanjang rute yang telah diatur sebelumnya dalam aplikasi Vespa. Navigasi ini akan memberikan petunjuk dalam bentuk piktogram. Selain menawarkan fungsi infotainment dan navigasi, aplikasi ini juga merupakan sumber informasi yang berguna mengenai status kendaraan, parameter berkendara, dan statistik perjalanan yang dapat dilihat pada smartphone.

3. Vespa MIA

vespa mia gts super tech 300

Fitur Vespa Mia memungkinkan motor dan smartphone terkoneksi

Dengan adanya teknologi Vespa MIA, motor bisa dihubungkan langsung dengan smartphone. Alhasil fitur navigasi, telepon, musik, serta intercomm bisa digunakan. 

Hanya saja untuk mengakses Vespa MIA di GTS 300 Super Tech 2023, kamu harus lebih dulu mengunduh Vespa Apps di Google Playstore atau Apple Play. Setelah itu barulah fitur Vespa MIA bisa berguna dengan baik.

4. Desain Eksentrik

kelebihan vespa gts 300 super tech 2023 - tampak samping

Sistem pencahyaaan Vespa GTS 2023 sudah full LED

Di atas kertas, Vespa GTS 300 punya panjang 1.980 mm, lebar 795 mm, dan jarak sumbu roda 1.380 mm. Sementara untuk tinggi joknya mencapai 790 mm. Ini membuat tampilannya bongsor.

Baca juga  Pre order Vespa Picnic Dibuka, Cukup Rp 5 Juta

Sebenarnya kalau dilihat sekilas, Vespa GTS Super Tech tidak berbeda dibanding GTS Classic dan GTS Super Sport. Hanya saja bila dicek secara detail ada beberapa hal yang berbeda. Sebut saja kehadiran elemen warna kontras dengan cat hijau neon. Kemudian untuk velg, pakai rwarna abu-abu satin senada dengan sentuhan akhir berlian. Soal warna bodinya, tersedia gaya matte dengan grafis khusus Grey Quarzo matt dan Blue Deep.

Kemudian untuk sistem pencahayaan atau lampu sudah menggunakan full LED. Mantap bukan?

5. Bagasi dengan Lampu Penerangan

vespa gts 2023 - super tech

Di bawah jok motor Vespa GTS terdapat bagasi yang bisa muat helm half face

Kelebihan Vespa GTS 300 Super Tech selanjutnya adi di sektor bagasi yang punya fitur alas dan lampu penerangan. Hal ini tentunya membuat taruh dan ambil barang lebih mudah, walau di malam hari sekalipun.

Disebut sebagai keunggulan, lantaran fitur tersebut cuma ada di Vespa GTS Super Tech, sementara di GTS Classic dan Super Sport belum tersedia. Lalu soal kapasitas bagasinya tidak berbeda, ketiga Vespa GTS 2023 bisa menampung helm half face di bawah joknya.

Kemudian untuk tempat penyimpanan barang lain, Vespa GTS juga dilengkapi dengan glove box. Di dalamnya terdapat port USB yang berguna untuk mengisi daya smartphone atau perangkat elektronik lainnya.

Itulah tadi bahasan soal kelebihan Vespa GTS 300 Super Tech 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika