Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Harga Lexus LBX Bikin Kaget, Yaris Cross Versi Mewah!

by Tigor Sihombing
lexus lbx - tampak belakang

Lexus LBX jalani debut pertamanya secara world premiere di Milan, Italia pada awal Juni 2023. SUV paling mungil dan murah dari Lexus ini mulai bisa dipesan untuk pasar Eropa, khususnya Inggris mulai Juli mendatang.

Soal harga Lexus LBX memang belum diumumkan, walau demikian karena bodinya paling ringkas maka beberapa media asing memprediksi terjangkau. Mobil ini disebut-sebut bakal jadi Lexus termurah, kemungkinan dijual di Inggris sekitar £30.000 atau setara Rp 554 jutaan. 

Walau demikian, bila masuk Indonesia, kemungkinan harga Lexus LBX bakal lebih mahal. Sebagai gambaran, kompetitornya seperti BMW X1 dan Mercedes-Benz GLA dijual Rp 800 jutaan. Maka, SUV kisarannya Lexus terbaru ini juga tidak jauh dari itu.

Inspirasi mobil LBX yang merupakan sebuah SUV terkecil dari Lexus ini berasal dari Akio Toyoda, yang merupakan Lexus Master Driver dan cucu dari pendiri Toyota Motors, Kiichiro Toyoda. Dia mencoba mendefinisikan kembali gagasan konvensional tentang mobil mewah dan melampaui batasan ukuran kompak untuk menghadirkan pengalaman berkendara dan desain berkualitas tinggi.

Baca juga  Mobil Listrik Lexus Meluncur 25 November, Ini Sosoknya

Selain itu juga menginginkan  mobil yang dirancang untuk pengguna yang cerdas, serta memungkinkan mereka untuk bersantai dan merasa percaya diri selama berkendara. Maka lahirlah Lexuz LBX, namanya merupakan kepanjangan dari  Lexus Breakthrough Crossover.

Eksterior Lexus LBX, Kental Aura SUV Perkotaan

eksterior lexus lbx 2023

Lexus LBX dimensinya mungil untuk sebuah SUV

Secara desain Lexus mengatakan LBX adalah adalah SUV kompak. LBX menggunakan platform GA-B (TNGA-B). Dengan kata lain, LBX adalah kembaran Yaris Cross tapi versi mewah. Hanya saja yang perlu diingat, Yaris Cross yang dimaksud adalah versi Eropa bukan yang dijual di Indonesia. Pasalnya, versi Indonesia pakai basis DNGA atau milik Daihatsu.

Walau begitu, Lexus mengklaim mobil ini tetap akan mengejar Lexus Driving Signature untuk menciptakan pengalaman berkendara yang menarik dan nyaman. “Lexus LBX jauh melampaui norma umum kendaraan kompak. Kami mengundang pelanggan untuk merasakan definisi baru dari compact luxury dari Lexus,” kata Kepala Engineer Lexus LBX Kunihiko Endo, dikutip dari situs resmi Lexus.

Lexus LBX mengusung desain Premium Casual yang dikembangkan untuk compact crossover yang canggih dan terintegrasi. Eksteriornya menampilkan proporsi dinamis dengan desain facia depan Unified Spindle terbaru dari Lexus, sementara interiornya mengusung desain premium dengan kualitas tertinggi.

Baca juga  Panduan Beli Lexus LX 570 Bekas, Tetap Keren Auto Pejabat!

Lexus LBX memiliki dimensi panjang 4.190 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.560 mm, dengan jarak sumbu roda 2.580 mm. Mobil ini menggunakan ukuran ban depan 225/60 R17 dan ban belakangnya 225/55 R18.

Interior Lexus LBX yang Mewah

interior lexus lbx 2023

Kabin Lexus LBX bisa muat 5-orang

Kabinnya didesain dengan kekedapan terbaik dan dapat meredam suara serta getarannya. Powertrainnya mengusung sistem hybrid yang disempurnakan dengan menggunakan teknologi elektrifikasi terbaru.

Mobil baru ini juga dilengkapi teknologi keselamatan pencegahan canggih sistem keselamatan Lexus+. Kemudian juga ada perluasan fitur berkendara, termasuk pengenalan full LCD display meter 12,3 inci.

Pada interior terdapat kluster instrumen digital berukuran 12,3 inci, sedangkan perangkat hiburan sudah mengadopsi layar sentuh berukuran 9,8 inci Apple CarPlay dan Android Auto. Untuk fitur keselamatan juga lengjkap, model ini sudah dibekali dengan Lexus Safety System + ADAS.

Untuk audio yang mengasilkan suara premium Lexus mempercayakan pada Mark Levinson dengan 13 titik speaker termasuk subwoofer. Sebagai sebuah kompak SUV, Lexuz LBX memiliki kapasitas bagasi 332 liter.

Baca juga  Lexus LM Hybrid Meluncur di GIIAS 2023, Harga Semahal Apa?

Performa Mesin Lexus LBX

lexus lbx - test drive

Mesin 3 silinder dengan kapasitas 1.500 cc hybrid jadi andalan LBX

Dengan harga Lexus LBX yang terjangkau, bagaimana dengan performa mesinnya? Lexus memberi SUV ringkas ini mesin 1.500 cc dengan konfigurasi tiga silinder hybrid. Di atas kertas, jantung mekanis tersebut bisa mengeluarkan torsi 185 Nm dan tenaga 134 hp.

Lexus mengklaim akselerasi LBX ini dari 0-100 km/jam bisa ditempuh dalam waktu 9,2 detik. LBX juga memiliki kemampuan offroad yang istimewa dengan opsi Lexus E-Four atau all wheel drive. Di mana ada motor elektrik bukan cuma di roda depan, tapi juga roda belakang. Ini tentunya membuat cengkeraman roda ke jalan licin dan bergelombang lebih mantap.

Demikian ulasan soal harga Lexus LBX dan spesfikasinya. Simak terus Moladin.com untuk updatte berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika