Jumat, Mei 31, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Peter Horbury Meninggal Dunia, Desainer Mobil Volvo dan Geely!

by Tigor Sihombing
Peter Horbury

Peter Horbury, salah satu desainer mobil terbaik di dunia, meninggal pada 29 Juni 2023 dalam usia 73 tahun. Pada laman Carscoops dikatakan, pria Inggris yang memiliki sifat pendiam tersebut memiliki pengaruh yang sangat besar selama lebih dari 40 tahun terakhir, utamanya terhadap desain-desain mobil yang berada di sekitar kita.

Nama Peter Horbury yang besar di Volvo memang jarang terdengar, pegiat atau penghobi otomotif pun belum tentu mengatahui dirinya. Apalagi jika dibandingkan dengan desainer lain seperti, Butzi Porsche yang merupakan perancang  mobil Porsche 911 dan Sergio Scaglietti selaku desainer mobil-mobil Ferrari ikonik seperti Ferrari 250 Testa Rossa, Ferrari 250 GTO, dan Ferrari 250 California.

Meski kurang popular, mobil karya Peter Horbury sudah sangatlah banyak bertebaran di berbagai negara dunia. Di Volvo, dia adalah seorang desainer yang diakui atas karyanya yang mencerminkan inovasi, keselamatan, dan desain yang ikonik. Sebagai tokoh yang telah bekerja dengan merek-merek terkenal seperti Volvo dan Geely, Horbury sukses memainkan peran penting dalam mengembangkan identitas desain kuat untuk merek-merek tersebut.

Baca juga  Volvo dan Nvidia Kembangkan Mobil Otonomos

Peter Horbury memulai kariernya sebagai desainer di Inggris, dan pada tahun 1991, ketika bergabung dengan Volvo. Di sana, dia membantu mengubah wajah merek tersebut dengan mengembangkan desain yang menggabungkan elemen Skandinavia yang khas dengan keselamatan canggih.

Desainer Volvo S80

Peter Horbury merupakan desainer Volvo S80

Volvo S80

Horbury berperan dalam mengembangkan serangkaian model Volvo yang ikonik, termasuk Volvo S80, Volvo XC90, dan Volvo C30. Selama masa jabatannya di Volvo, Peter Horbury terus mendorong batas-batas desain mobil dengan pendekatan yang inovatif.

Dia memperhatikan detail-detail kecil yang meningkatkan fungsionalitas dan menghadirkan keunikan desain yang membedakan Volvo dari merek lain. Salah satu kontribusi paling terkenalnya adalah desain “shoulder line” yang khas pada sisi bodi mobil Volvo yang menghasilkan tampilan yang tangguh dan kuat.

Setelah meninggalkan Volvo pada tahun 2002, Horbury bekerja untuk merek Jaguar dan Land Rover sebelum kemudian bergabung dengan Geely Group pada tahun 2011. Di Geely, ia kembali bekerja dengan merek Volvo sebagai Wakil Presiden Senior Desain Volvo dan juga menjadi Wakil Presiden Desain Geely Group. Di bawah kepemimpinan Peter Horbury, desain Volvo terus mengalami evolusi yang menggabungkan elemen desain Skandinavia dengan inovasi teknologi terbaru.

Baca juga  5 Mobil Volvo Resmi Masuk Indonesia, Recharge dan Harga Mahal!

Horbury juga berperan penting dalam mengembangkan desain mobil Geely, merek asal China yang menjadi pemilik mayoritas Volvo. Dia bekerja untuk menggabungkan kekuatan dari kedua merek tersebut dan menciptakan identitas desain yang unik dan menginspirasi. Pengaruh Peter Horbury dalam industri otomotif tidak hanya terbatas pada merek-merek Volvo dan Geely.

Pendekatannya yang inovatif dan visinya dalam mengembangkan desain yang berfokus pada pengemudi telah mempengaruhi banyak desainer dan merek mobil lainnya di seluruh dunia. Karirnya yang sukses dan kontribusinya yang luar biasa telah mengukuhkan Horbury sebagai salah satu desainer mobil terkemuka dalam industri.

Peter Horbury terus menginspirasi dengan dedikasinya terhadap desain yang memadukan kreativitas, keindahan, dan inovasi. Dalam industri otomotif yang terus berkembang, peran desainer. Demikian ulasan desainer mobil Volvo Peter Horbury. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika