Kamis, Mei 30, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Kia EV5 Concept, SUV Listrik Bisa Offroad?

by Baghendra Lodra
kia ev5 concept - tampak belakang

Senjata Kia untuk pasar mobil listrik global terus hadir. Setelah EV6 dan EV9, kini ada Kia EV5 Concept yang tampil peradana pada 20 Maret 2023 di Cina.

Ya sejauh ini memang masih puwarupa, namun Kia mengklaim siap meluncurkan SUV listrik terbarunya pada akhir 2023. Soal kelebihan dari EV5, tentu aura gagah dari sebuah SUV hingga kemampuannya berpetualang.

Tidak dijelaskan secara jelas soal kemampuan offroad Kia EV5 Concept. Walau begitu mobil ini hadir untuk konsumen yang mengejar kehidupan tanpa batas baik di kota dan alam.

“Kia akan memperkaya gaya hidup pelanggan kami dan memungkinkan mereka mengejar petualangan pribadi dengan menetapkan standar baru untuk penggerak elektrik yang dinamis dan efisien,” kata Presiden dan CEO Kia Corporation, Ho Sung Song menjelaskan tentang EV5 Concept.

Tentu kalau benar bisa offroad, EV5 sangat menarik untuk pasar Indonesia. Pasalnya sejauh ini belum ada mobil listrik yang benar-benar mampu menaklukkan dua alam. Kebanyakan, cuma pas untuk melibas jalanan perkotaan. Padahal di Indonesia medannya cukup beragam, banyak jalan semi offroad dan berbukit-bukit.

Baca juga  5 Kelebihan Hyundai Ioniq 5 Indonesia, Bikin Kepingin!

Eksterior dan Interior Kia EV5 Concept

kia ev5 concept - interior

Jok Kia EV5 bisa diputar ke segala arah

Kia EV5 Concept hadir dengan eksterior yang berotot khas SUV. Ciri khasnya adalah tampilan depan digital tiger face. Lalu penggunaan ban besar.

Desain SUV listrik ini sekilas mirip EV9, hanya saja dimensinya lebih kecil. Oleh karena itulah di dalam kabinnya cuma bisa memuat 5-orang.

Kemudian di interior Kia EV5 Concept memiliki lantai datar, sehingga bisa menghadirkan kabin luas. Ini dikombinasikan dengan tema desain healing, caring, dan re-charging agar penggunanya bisa bersantai.

Jok mobil tersebut juga bisa diputar, memungkinkan penumpang duduk sambil menikmati pemandangan alam tanpa gangguan ke segala arah. Hadir pula panoramic roof berukuran besar yang juga berfungsi seabgai panel surya.

Bicara material yang digunakan untuk membuat EV5 Concept juga sangat ramah lingkungan. Kia mengutamakan material bahan nabati seperti ekstrak rumput laut dan botol daur ulang untuk kursi, pintu, dashboard, dan plafon.

“Ini dirancang untuk menginspirasi pelanggan kami di setiap perjalanan, sambil memberikan solusi yang berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap lingkungan,” kata Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Pusat Desain Global Kia, Karim Habib.

Baca juga  MG ZS EV Siap Meluncur di GIIAS 2022, Harganya Murah!

Selanjutnya setelah Kia EV5 EV Concept hadir di Cina, maka versi produksinya bakal tampil di Negeri Tirai Bambu pada akhir 2023. Kemudian menyusul perkenalan untuk negara lain di pasar global. Semoga saja Indonesia juga kebagian unit.

Di Indonesia sendiri, mobil listrik Kia yang sudah dijual cuma EV6 GT-Line. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika