Performa Gila, KIA Seltos Bikin Minder Honda HR-V

KIA Seltos Vs Honda HRV – SUV ringkas terbaru, KIA  Seltos resmi masuk Indonesia. Mobil yang mampu memuat lima orang ini langsung menantang eksistensi dari Honda HR-V 1.5.

Bagaimana tidak? KIA Seltos berada di kelas yang sama dengan Honda HRV yaitu SUV ringkas dengan mesin 1.500cc. Tidak hanya itu, harga keduanya juga berkisar di angka Rp300 jutaan.

Lalu mobil apa yang sebaiknya dibeli? Untuk jawabannya, simak komparasi KIA Seltos Vs Honda HRV berikut ini:

Desain KIA Seltos Gagah, Honda HRV Manis

Kia Seltos punya dimensi yang lebih bongsor

Jika melihat desain, KIA Seltos tampak lebih gagah sebagai sebuah SUV. Bodinya punya guratan bodi tegas dengan grille depan besar dan kap tinggi. Kemudian bagian atap juga rata dari depan ke belakang.

Berbeda dengan Honda HRV yang atapnya semakin landai ke belakang, seperti mobil coupe. Desain ini membuatnya lebih manis. Jika melihat dimensi, HRV pun lebih ringkas.

Panjang HRV cuma 4.294 mm, lebar 1.772 mm, dan tingginya 1.580 mm. Sementara KIA Seltos panjangnya mencapai 4.315 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.645 mm.

Fitur KIA Seltos Vs Honda HRV 1.5L

Salah satu keistimewaannya punya fitur mode berkendara yang dapat dipilih sesuai kebutuhan

Salah satu fitur istimewa yang dipunya KIA Seltos adalah enam mode berkendara. Kamu bisa memilih sesuai preferensi, mulai dari sport, eco, normal, mud, snow, sampai dengan sand. Sementara Honda HRV belum memilikinya.

Kemudian soal keselamatan, KIA Seltos juga lebih baik lantaran varian tertingginya pakai 6 airbag. Sementara Honda HRV 1.5L cuma punya dua airbag. Lalu untuk hill start assist (HSA), vehicle stability assist (VSA), anti-lock braking system (ABS), dan electronic brake distribution (EBD) telah hadir di kedua SUV ini.

Fitur hiburan keduanya juga serupa. Di varian tertinggi sudah dibenamkan head unit layar sentuh 8 inci. Head unit ini mampu terkoneksi smartphone dengan sistem operasi Android dan iPhone.

Performa Mesin KIA Seltos Gila!

Honda HRV punya banderol yang mirip dengan KIA Seltos, Rp300 jutaan

Sebagai satu-satunya SUV ringkas di kelasnya yang pakai turbo (setelah Chevrolet Trax tidak lagi dijual), KIA Seltos sungguh punya performa gila.
Jantung mekanisnya cuma berkapasitas 1.4L. Hanya saja dengan tambahan turbo dan teknologi Dual CVVT, torsi puncaknya bisa tembus 242 Nm pada 1.500 – 3.200 rpm dan tenaga maksimalnya 140 PS pada 6.000 rpm.

Dengan kata lain, Honda HRV 1.5L tidak ada apa-apanya. Torsi puncaknya cuma 145 Nm dan tenaga 120 PS. Performa KIA Seltos itu bahkan lebih hebat dari Honda HR-V 1.8L. Edan!

Kelebihan lain dari KIA Seltos, pakai transmisi dual clutch 7-percepatan. Harusnya transmisi ini jauh lebih cekatan dalam mendistribusikan tenaga dibanding HRV yang berbekal CVT.

Baca juga:

Harga KIA Seltos Vs Honda HRV

Honda HRV punya bagian belakang layaknya mobil dua pintu (coupe)

KIA Seltos dijual dengan harga paling murah Rp295 juta untuk varian E, Rp320 juta di varian EX, dan paling mahal Rp355 juta varian EX+.

Bandingkan dengan Honda HRV yang banderolnya mulai Rp297 juta untuk varian S M/T. Sementara yang paling mahal adalah Rp348,3 juta varian E CVT Special Edition.

Kesimpulan, Beli yang Mana?

KIA Seltos vs Honda HRV 006
Harga KIA Seltos mulai Rp295 juta

Tentu kalau kamu penikmat performa dan suka tampilan gagah, KIA Seltos merupakan SUV yang cocok. Torsi gilanya ditambah transmisi dual clutch tentu lebih dari cukup untuk sekadar meningkatkan adrenalin selama berkendara.

Kalau Honda HRV lebih cocok buat kamu yang main aman. Siapa yang tidak kenal Honda dengan jaringan bengkel dan dilernya? Mungkin ini satu-satunya alasan logis untuk memilih HRV, ketimbang KIA Seltos.

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *