by

Konsumsi BBM Vario 125 dan 150, Beda Jauh?

Tentunya konsumsi BBM Vario 125 dan 150 berbeda. Meski secara tampilan tidak beda jauh, dapat dipastikan Vario 125, pasti lebih irit dibanding sang kakak.

Hal tersebut dengan mudah diketahui lewat penggunaan kapasitas mesin yang lebih kecil. Vario 125 sesuai namanya, pakai 125 cc.

Klaim Honda, motor matik ini bisa menghemat BBM hingga 51,7 Km/liter. Catatan tersebut diperoleh melalui metode pengujian ECE R40. Dalam kondisi tangki penuh terisi 5,5 liter, mampu melaju hingga 284 Km atau sejauh Jakarta ke Brebes tanpa perlu isi bensin di tengah jalan.

Catatan irit tersebut bisa diperoleh, lantaran pabrikan berlogo sayap telah membenamkan fitur idling stop system (ISS) khususnya untuk varian tertinggi. Guna ISS menonaktifkan mesin secara otomatis ketika motor berhenti lebih dari lima detik. Kemudian mesin bakal aktif lagi ketika selongsong gas diputar.

Dengan cara kerja demikian, ISS sangatlah efektif dalam menghemat BBM. Setidaknya BBM bakal digunakan secara efektif, hanya ketika berkendara.

Lalu pertanyaan besarnya, seberapa irit Vario 125 jika dibandingkan dengan 150? Itulah yang kami bakal ulas dalam bahasan konsumsi BBM Vario 125 dan 150 di bawah ini:

Apakah Honda Vario 150 Boros?

konsumsi bbm vario 125 dan 150
Vario 150 merupakan motor matik Honda paling irit di kelas 150 cc

Honda juga punya klaim tersendiri untuk Vario 150. Dengan kubikasi mesin 150 cc, apakah konsumsi BBM motor ini jadi sangat boros. Ternyata tidak juga. Catatan iritnya mencapai 46,9 Km/liter.

Baca juga  Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Lexi S

Maka konsumsi BBM Honda Vario 125 dan Vario 150 berbeda 4,8 Km/liter. Kalau dibandingkan Vario 125, memang sudah pasti Vario 150 lebih boros. Hanya saja bila pembandingnya adalah motor matik 150 cc lain dari pabrikan berlogo sayap, Vario 150 justru paling irit.

Ambil contoh konsumsi BBM Honda ADV 150 yang cuma 46,6 Km/liter. Kemudian PCX 150 45 Km/liter. Terbukti bukan?

Salah satu penyebab saudara kembar Vario 125 tersebut bisa begitu irit, karena bobotnya ringan. Di atas kertas, berat totalnya cuma 112 Kg. Perbedaan dengan bobot PCX 150 dan ADV 150 bahkan mencapai 20 Kg.

Hanya saja, Vario 150 tidak punya tangki sebesar Honda ADV 150 dan PCX 150. Kapasitas tangkinya cuma 5,5 liter, persis Vario 125. Sementara kedua motor matik bongsor yang masih saudaranya itu punya 8 liter tangki bensin.

Kembali lagi ke Vario 150 dan 125. Apakah karena versi 125 cc lebih irit, motor ini yang lebih baik untuk dipinang? Belum tentu. Kelebihan Honda Vario 150 punya fitur yang lebih modern. Ada keyless yang bisa mencegah maling, serta performa mesin pastinya lebih bertenaga.

Baca juga  7 Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Mio M3

Sistem keyless menggantikan anak kunci konvensional dengan remote dan kenop pintar. Alhasil untuk mengaktifkan mesin, cukup masukkan remote ke saku, kemudian putar dan tekan kenopnya. Lalu tekan tombol starter.

Keyless disebut antimaling, lantaran didalamnya tersedia immobilizer. Fitur ini memastikan hanya remote bawaan pabrik yang bisa dipakai mengaktifkan mesin.

Dengan mesin 150 cc, Vario 15 juga lebih bertenaga. Jantung mekanis itu mampu membawa motor berakselerasi 11,6 detik dari posisi diam hingga 200 meter. Kecepatan maksimal yang bisa diraih adalah 105 Km/jam. Honda Vario 125 cuma bisa berakselerasi dari posisi diam ke jarak 200 meter dalam 12,5 detik. Lalu top speed hanya 98 km/jam. 

Oleh karenanya, kalau kamu ingin motor matik yang lebih menyenangkan untuk diajak berkendara pastinya pilih Vario 150. Harga jualnya saat ini mencapai Rp 24,3 juta (OTR Jakarta). 

Sementara Honda Vario 125 sangat pas buat kamu yang punya bujet terbatas, serta membutuhkan motor dengan konsumsi BBM lebih irit. Harganya mulai Rp 20,6 juta (OTR Jakarta).

Cara Tingkatkan Konsumsi BBM Vario 125 dan 150

Honda Vario 125
Salah satu yang membuat Vario 150 dan 125 irit adalah fitur idling stop system (ISS)

Setelah mengetahui secara detail konsumsi BBM Vario 125 dan Vario 150, apakah bisa dibuat lebih irit lagi? Jawabannya bisa. Di sisi lain, juga bukan tidak mungkin semakin boros saat diajak berkendara.

Baca juga  Review, Spesifikasi dan Harga Suzuki Address Terbaru

Pasalnya catatan irit yang dibeberkan Honda itu hanyalah patokan dari uji internal. Bila di jalan raya, tentu faktor penentu dari konsumsi BBM sangat banyak. Mulai dari kondisi jalan, bobot pengemudi, jenis bahan bakar, hingga cara berkendara.

Kalau kamu mau menjadikan konsumsi BBM Vario 125 dan Vario 150 lebih irit, tidak sulit. Cukup lakukan beberapa hal, seperti merawat motor secara berkala untuk menjaga kondisinya selalu prima. Kemudian pakailah BBM dengan angka oktan yang disarankan yaitu RON 92 atau Pertamax.

Bensin RON 92 penting untuk mengoptimalkan pembakaran di mesin. Alhasil BBM bakal terbakar sempurna, sehingga performa mesin jadi lebih mantap. Bukan cuma soal performa, tapi juga irit BBm.

Terakhir, pakailah cara-cara eco riding ketika menunggang motor. Eco riding bisa diaplikasikan dengan mudah. Kamu hanya perlu berkendara secara wajar dengan motor matik ini, tidak boleh memutar selongsong gas secara tiba-tiba atau terlalu dalam. Begitu juga ketika menekan tuas rem. Pasalnya dengan berkendara grasah-grusuh, bisa membuat konsumsi BBM lebih boros. 

Jika langkah yang sudah dibeberkan di atas telah dilakukan, tentunya konsumsi BBM Vario 125 dan 150 bisa semakin hemat. Tidak percaya? Silakan coba sendiri. (LDR)

Terbaru