by

Mazda CX-5 GT 2021 Meluncur, Mesin Terbuas!

Mazda resmi meluncurkan CX-5 GT 2021 di Indonesia, pada Selasa (9/3/2021). SUV terbaru ini dijual dengan harga Rp 555,8 juta (OTR Jakarta). 

“Jadi untuk varian Elite dan Touring sudah tidak ada, saat ini cuma satu varian saja (untuk CX-5),” kata Product Planner PT Eurokars Motors Indonesia, Kenny Wala dalam konferensi pers bersama media.

Dengan banderol naik sekitar Rp 7 juta dibanding model lama, ada berbagai revisi yang dilakukan oleh pabrikan mobil asal Jepang tersebut. Sebut saja desain, performa mesin, dan fitur.

Bicara soal desain, Mazda CX-5 GT 2021 memang tidak banyak penyegaran. Hanya saja kamu bisa melihat kalau versi terbarunya punya pelek 10 palang berwarna silver gelap.

Kemudian untuk mesin, sekarang memiliki performa yang lebih mantap. Jantung mekanis Skyactiv-G 2.488 cc miliknya bisa melontakran torsi hingga 258 Nm (+7 Nm) pada 4.000 rpm dan tenaga 194 PS (+4 PS) pada 6.000 rpm.

Performa tersebut sekaligus membuatnya jadi mobil SUV medium paling bertenaga. Honda CR-V, Nissan X-Trail, hingga Wuling Almaz, kalah hebat.

Baca juga  Perbedaan Mobil SUV dan Crossover, Jangan Salah Beli!

Di samping bertenaga, konsumsi bahan bakarnya juga diklaim semakin hemat. Penyebabnya adalah CX-5 GT 2021 sudah mendapat fitur cylinder deactivation.

Alhasil ketika berkendara, ada kemungkinan mesin cuma mengaktifkan dua dari total empat silinder yang dipunya. Oleh karenanya, konsumsi BBM bisa ditekan.

“Cylinder deactivation bisa aktif di atas 60 km/jam dan harus konstan, sebisa mungkin menggunakan cruise control saja. (Kalau aktif) kita bisa melihat di indikator di Mazda Connect,” beber Kenny.

Head Unit Layar Sentuh yang Lebih Pintar di CX-5 GT 2021

mazda cx-5 gt 2021
Fitur-fitur yang ada di Mazda CX-5 GT semakin lengkap dan membuat nyaman berkendara

Selain performa mesin, Mazda CX-5 GT 2021 juga mendapat revisi di sektor kenyamanan. Rival Honda CR-V ini memperoleh head unit berukuran lebih besar mencapai 8 inci, sebelumnya cuma 7 inci.

Lalu kini untuk mengintegrasikan dengan smarpthone tidak lagi butuh kabel, cukup dengan koneksi bluetooth. Hadir pula active driving display dalam meningkatkan kesan sporty khususnya untuk pengendara.

Fitur lain yang ditambahkan adalah panel instrumen TFT 7 inci. Ada pula LED interior lamp, metal wood trim, hingga kekedapan kabin ditingkatkan di mobil SUV ini.

Baca juga  New Renault Koleos Meluncur, Ini Daftar Ubahannya

Tidak hanya itu, terkait fitur keselamatan, Mazda CX-5 GT 2021 kini mendapat tambahan blind spot monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Dua teknologi itu mampu mencegah potensi kecelakaan akibat kendaraan lain.

Lalu fitur adaptive LED headlight (ALH) tetap dipertahankan. Bersama dengan fitur-fitur lain seperti anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dynamic stability control, dan traction control. Lalu hill launch assist (HLA), emergency stop signal (ESS), G-Vectoring control (GVC), serta masih banyak lagi.

Selain CX-5 GT 2021 dengan 5-baris bangku, Mazda juga meluncurkan produk SUV lain di waktu yang bersamaan yaitu CX-9 AWD terbaru. Mobil yang mampu menampung 7-orang tersebut dibuat lebih istimewa dibanding sebelumnya dengan berbagai revisi.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin.

Terbaru