Friday, December 9, 2022
Banner

Mitsubishi XFC, SUV Baru Saingan Raize hingga Creta!

by Firdaus Ali
mitsubishi xfc - tampak belakang

Mitsubishi XFC telah resmi diperkenalkan untuk pasar Asean lewat rilis resmi. Selanjutnya, SUV ringkas ini akan mejeng untuk pertama kalinya ke hadapan publik pada Vietnam Motor Show 2022 yang digelar 26 – 30 Oktober 2022.

Walau masih berupa konsep, namun XFC diklaim akan menjadi idola baru di segmennya. Bukan tanpa alasan, mobil ini mengusung tagline “Best Suited Buddy For An Exciting Life”. Di mana Mitsubishi menawarkan desain SUV yang kuat, kepraktisan, ruang cargo yang luas, kenyamanan ruang interior, serta ground clearance yang tinggi untuk XFC.

“Kami akan meluncurkan SUV kompak baru secara berurutan di pasar ASEAN, termasuk Vietnam pada tahun fiskal 2023. Di masa depan, kami berencana untuk menambah varian elektrifikasi ke dalam lineup dan juga meluncurkannya di wilayah di luar ASEAN,” kata President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors, Takao Kato.

“Kami berharap dapat menumbuhkan model dari kendaraan untuk pasar ASEAN menjadi kendaraan strategis global, menjadikannya model inti. seperti MPV crossover Xpander yang memimpin penjualan,” tambah Takao.

Baca juga  BMW X5 7-Seater 2021, Lebih Mewah dan Nyaman

Ingin tahu lebih detail soal spesifikasi Mitsubishi XFC yang siap menjadi rival dari Toyota Raize hingga Hyundai Creta ini? Berikut bahasan lengkapnya:

Eksterior Mitsubishi XFC

mitsubishi xfc - test drive

Mitsubishi XFC ini siap hadir di segmen SUV ringkas, Toyota Raize hingga Hyundai Creta wajib waspada

Mitsubishi XFC adalah produk yang benar-benar baru, jadi belum pernah ada produk seperti ini di lini produk pabrikan tiga berlian. Kisi-kisi yang mereka bocorkan adalah masuk ke segmen SUV ringkas, dengan kata lain XFC kemungkinan bakal menjadi kompetitor dari Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Artinya dari sisi panjang akan ada di kisaran 4 meter.

Walau demikian, bukan tidak mungkin Mitsubishi membuat bodinya lebih bongsor lagi. Dengan begitu, bisa jadi pasar yang direbut lebih luas, bukan hanya SUV ringkas tapi juga kelas di atasnya yang dihuni oleh Hyundai Creta dan Honda HR-V.

Bila melihat dari gambar, eksterior Mitsubishi XFC terlihat modern dan kokoh. Bagian depan mengusung konsep desain dynamic shield khas Mitsubishi. Kemudian ada 3D honeycomb pada grill serta bentuk headlamp yang pipih berbentuk huruf L terlihat apik.

Baca juga  9 Aksesori New Fortuner 2022, Jadi Lebih Gagah!

Kemudian pada bagian sampingnya juga terdapat lekukan yang cukup agresif untuk mendukung kesan gagah mobil SUV. Begitu juga dengan bagian belakangnya, terlihat simpel dan modern, menyelaraskan bagian samping dan depan mobil.

Interior Mitsubishi XFC

interior mitsubishi xfc

SUV ringkas ini memiliki dua baris bangku yang bisa memuat 5-orang penumpang

Masuk ke dalam interior, visibilitas di ruang kabin depan Mitsubishi XFC mengadopsi desain bertema horizontal. Ini memberikan kesan luas dan mudah untuk melihat sekeliling. Kemudian desain dinamis yang terbentang dari panel instrumen hingga door trim model soft touch, menciptakan interior yang aman dan nyaman.

Panel instrumen besar yang sudah full digital dan tampak seperti terintegrasi dengan head unit, menjadikan tampilan interior SUV ringkas Mitsubishi ini begitu modern. Head unit tersebut semakin istimewa, karena bisa menampilkan tiga informasi terpisah seperti navigasi, kondisi jalan dan informasi lainnya.

Desain joknya juga furutistik. Di mana bentuknya seperti jok mobil-mobil yang ada di film-film masa depan. Selain itu, kombinasi warna cerahnya juga modern. Konfigurasinya adalah dua baris, bisa menampung total 5-penumpang.

Mitsubishi mengklaim, penumpang belakang akan merasa nyaman duduk di interior XFC, lantaran punya ruang kaki luas. Ditambah lagi area bagasi yang juga besar. Hanya saja, secara rinci tidak disebutkan berapa angkanya.

Yang tak kalah menarik adalah adanya panoramic roof yang bentuknya vertikal memanjang di bagian tengah atap mobil. Hal ini tentu menambah kesan futuristik dan elegan dari Mitsubishi XFC, sekaligus membuat kabinnya terasa lapang.

Performa Mesin Mitsubishi XFC

Mitsubishi XFC - eksterior

Prediksinya Mitsubishi XFC akan pakai mesin 1.200 cc punya Mirage

Kemudian soal mesin yang digunakan XFC, Mitsubishi memang belum membocorkannya. Hanya saja kita bisa memprediksi dengan melihat kompetitor seperti Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Si rival kembar itu pakai dua pilihan mesin: 1.000 cc turbo atau 1.200 cc.

Jika bicara mesin 1.200 cc, sesungguhnya Mitsubishi sudah memilikinya dan pernah digunakan oleh Mirage. Maka seharusnya ini sangat mungkin bila diterapkan ke XFC saat produksi massal nanti. Walau demikian, tidak menutup kemungkinan Mitsubishi menggunakan pengembangan mesin baru yaitu 1.000 cc turbo.

Kemungkinan lain, bahkan XFC juga bisa menggendong mesin 1.500 cc milik Xpander. Jika begitu, maka Honda HR-V dan Hyundai Creta juga harus waspada dengan kehadiran SUV ringkas Mitsubishi ini!

Informasi yang sudah kami dapat soal performa berkendaranya adalah Mitsubishi XFC dibekali empat mode: Normal, Wet, Gravel, and Mud. Alhasil lajunya bisa disesuaikan dengan kondisi jalan yang dilalui, jadi lebih safety. Menariknya lagi, mode Wet ini disematkan pertama kali pada kendaraan Mitsubishi, karena dirancang dengan mempertimbangkan penggunaan di negara-negara ASEAN, seperti memungkinkan pengendaraan yang aman bahkan di jalan yang diguyur hujan tiba-tiba.

Moladiners, itulah ulasan mengenai mobil konsep Mitubishi XFC. Akankah tahun depan saat GIIAS 2023 atau IIMS 2023 dihadirkan di Indonesia? jika benar maka bukan cuma Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang wajib waspada, tapi juga SUV dengan satu segmen di atasnya yaitu Honda HR-V dan Hyundai Creta. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika