Friday, December 9, 2022
Banner

Mitsubishi Xpander Rifat Sungkar Juara Rally Danau Toba APRC 2022

by Tigor Sihombing
Rifat Sungkar juara rally

Dengan mengendarai Mitsubishi Xpander AP4, Rifat Sungkar juara rally Danau Toba Asia Pacific Rally Championship (APRC) pada Minggu (25/9/2022). Rifat yang finish di posisi satu didampingi navigator, Benjamin Searcy setelah menuntaskan 4 Special Stage (SS) di Leg-2 hari kedua.

“Selamat dan apresiasi tertinggi untuk Rifat Sungkar dan Xpander Rally Team yang telah berhasil menjuarai Rally Danau Toba Asia Pacific Rally Championship dan Kejuaraan Nasional Rally 2022 dengan Xpander AP4. Sebuah presetasi membanggakan sebagai kendaraan MPV pertama yang menjuarai ajang rally APRC,” kata Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.

Rifat Sungkar juara rally danu toba tidaklah didapat secara mudah. Sejak hari pertama, persaingan di kelas RC2 APRC sangatlah ketat. Mobil yang digunakan Rifat, Xpander AP4 juga sempat mengalami beberapa kendala teknis, antara lain dua kali pecah ban akibat panas dan kerasnya lintasan.

Meski begitu, Rifat bersama Benjamin tetap tampil maksimal dengan mencatat waktu 2 jam 2 menit dan 24,4 detik pada hari kedua. Sebelumnya di hari pertama, mereka juga menduduki peringkat teratas pada klasemen sementara APRC dengan catatan waktu 1 jam 19 menit 56,4 detik. Hasil tersebut juga membuat tim yang didukung oleh Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia itu menempati posisi pertama pada Kejuaraan Nasional Rally 2022.

Baca juga  5 Mobil untuk Road Trip, Pilih Mana?

“Saya sangat puas dan bangga dengan hasil yang kami peroleh. Menjadi juara di Rally Danau Toba APRC bukan semata karena usaha saya dan Ben di balik kemudi, namun merupakan hasil kerja keras seluruh tim,” kata Rifat.

“Meski sempat didera masalah, mobil yang kami gunakan untungnya bisa memberikan penampilan terbaik. Saya juga bangga dapat merasakan langsung Xpander AP4 di lintasan reli yang paling berat yang pernah dihadapi mobil ini. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa karena mampu menjuarai ajang reli di tingkat Asia Pasifik. Ini akan memperpanjang catatan emas Mitsubishi Motors di arena reli,” tambah Rifat.

moladin tampil baru blog banner

Perjalanan Xpander AP4 Belum Usai di APRC 2022, Selanjutnya Putaran 3 dan 4 Berlangsung di Jambi

Rifat Sungkar juara rally

Penutupan kejuaraan APRC 2022 di Terminal Sosor Saba, Parapat, Kabupaten Simalungun, berlangsung dengan meriah. (25/9/2022).

Buat yang belum tahu, Rifat Sungkar juara rally Danau Toba APRC 2022 menggunakan Mitsubishi Xpander AP4. Pada dasarnya itu adalah Xpander yang dijual massal, tapi mendapat berbagai modifikasi untuk bisa bertarung di ajang reli. Misalnya bodi dibuat lebih lebar, serta kehadiran berbagai bodi kit.

Baca juga  7 Kelebihan Toyota Innova Zenix Hybrid Dibanding Kompetitor!

Soal mesin juga berubah total dibanding versi massal. Rifat menggunakan mesin Mitsubishi 4B11 destroked and sleeved (1600 cc) turbocharge. Depot daya itu bisa melontarkan tenaga 300 – 340 hp. Jadi memang, spesifikasi Xpander AP4 benar-benar beda dan dibuat khusus untuk balapan. Dengan performa mobil yang mantap, tentu jadi salah satu modal utama Rifat Sungkar juara rally danau toba APRC 2022.

“Danau Toba APRC 2022 ini tidak mungkin bisa berhasil tanpa dukungan dari sponsor dan tim pendukung yang sudah  menyediakan lahan konsesi yang menjadi rute Rally ini dan kita akan mempersiapkan diri untuk ajang Asia Rally Cup sesuai dengan pengamatan dan penilaian dari FIA sebelum kita menuju World Rally Championship,” tutup Musa Rajekshah selaku Wakil Gubernur Sumatera Utara.

Selanjutnya Xpander AP4 dijadwalkan untuk mengikuti Putaran-3 dan Putaran-4 di Rally Muara Bungo Jambi pada Oktober 2022 mendatang. Demikian ulasan Rifat Sungkar Juara Nasional Rally 2022. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Baca juga  Penjualan Mitsubishi Agustus 2021, Tembus 8.521 Unit

banner bawah

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika