Thursday, October 6, 2022

15 Mobil Buatan Indonesia yang Laris di Mancanegara

by Jane Mitha
mobil-buatan-indonesia

Mobil buatan Indonesia nyatanya banyak yang menjadi produk laris dan digunakan di luar negeri. Meski penggunaan kendaraan di pasar luar negeri berbeda dengan Indonesia, namun jenis-jenis mobil yang laku didominasi oleh kategori mobil Pickup, MPV & SUV.

Salah satunya ribuan unit Toyota tahun 2022 berhasil diekspor ke luar negeri karena permintaan pasar yang sangat banyak.  Memang, saat ini kita masih belum memiliki merek mobil buatan Indonesia sendiri. Tapi, berdasarkan data dari distribusi ekspor CBU yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sebanyak 131.941 unit mobil buatan Indonesia telah diekspor ke puluhan negara.

Angka tersebut terbilang cukup tinggi jika kita bandingkan jumlah ekspor mobil di tahun 2021 hanya sebanyak 102.594 unit saja. Untuk jenis mobil yang kita ekspor adalah Fortuner, Innova, Sienta, hingga Veloz. Hebat, bukan? Nah, buat kamu yang penasaran jenis mobil apa lagi yang kita ekspor, yuk simak deretannya disini!

Mobil Buatan Indonesia di Mancanegara

Nah, informasi untuk sobat Moladin semua jangan sampai salah dalam memilih kualitas mobil yang Anda senantiasa gunakan setiap harinya. Jika Anda lebih mementingkan mobilitas dan efisiensi serta harga beli yang tidak begitu mahal, maka Moladin menyarankan Anda untuk mencoba membeli mobil LCGC untuk bepergian lebih mudah dan bensin cenderung awet. 

Mobil LCGC (Low cost green car) memang menjadi pilihan banyak keluarga, karena harganya yang tidak lebih dari Rp 200 juta. Ada begitu banyak pilihan dan rata-rata mobil tersebutlah yang menjadi mobil buatan Indonesia. Kalau gitu yuk langsung cek deretan mobil dibawah ini! 

1. Daihatsu Gran Max

Harga Daihatsu Gran Max 2022

Jenis mobil buatan Indonesia yang dipasarkan di mancanegara pertama adalah Gran Max dari Daihatsu. Mobil ini sebenarnya ditargetkan untuk pasar Indonesia, tetapi seiring berjalannya waktu, akhirnya Daihatsu memutuskan untuk memproduksi mobil ini di Indonesia.

Bahkan, Gran Max yang kita produksi diekspor ke negara lain termasuk Jepang. Padahal, Daihatsu adalah merek asal Jepang, tetapi mereka malah mengandalkan produksi Indonesia untuk negara mereka.

Meskipun mobil ini diproduksi di Indonesia, mobil ini tidak dinamai Gran Max seperti yang kita kenal. Melainkan Daihatsu menggunakan nama Town Ace untuk merek Daihatsu dan Lite Ace untuk Toyota.

2. Mitsubishi Xpander

New Xpander Cross

Mobil Mitsubshi yaitu Mitsubishi Xpander, MPV dari Mitsubishi ini ternyata dibuat di pabrik resmi Mitsubishi yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat. Mitsubishi Xpander terkenal dengan desain interior yang sangat modern, stylish, dan nyaman.

Mitsubishi Xpander menjadi salah satu mobil pilihan keluarga milenial Indonesia saat ini karena dapat menampung hingga 7 penumpang. Menarik bukan? Nah, untuk lebih lengkap Anda bisa melihat lebih lengkap mengenai review mobil Xpander Cross Facelift 2022, yang berlimpah fitur

3. Suzuki Ertiga

biaya perawatan ertiga hybrid

Deretan mobil buatan Indonesia selanjutnya adalah Suzuki Ertiga. Mobil ini cukup populer di Indonesia dan mampu bersaing dengan Avanza dan Xenia yang notabene adalah mobil favorit masyarakat Indonesia.

Sama seperti Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga juga diproduksi di pabrik Bekasi. Menariknya, meskipun mobil ini dibuat di Indonesia, ternyata Suzuki Ertiga menjadi mobil yang cukup digemari di pasar Meksiko.

4. Toyota Kijang

kijang super 3 pintu

Siapa  yang tidak kenal dengan Toyota Kijang? Sepertinya, hampir seluruh masyarakat Indonesia pernah mendambakan mobil yang satu ini. Sebenarnya, awal pembuatan mobil Kijang ini diperuntukkan untuk masyarakat kecil, tapi ternyata peminat mobil Toyota Kijang ini cukup banyak, sehingga Toyota mulai membuat model terbaru Kijang ini menjadi Toyota Kijang Innova.

Ternyata, bukan hanya pasar Indonesia saja yang menyukai mobil ini, banyak negara lain yang juga mengandalkan mobil ini untuk memenuhi kebutuhan keluarga mereka. Bahkan, mobil buatan Indonesia ini sudah menyumbang banyak devisa hingga saat ini.

5. Suzuki Carry

Carry Lawas

Selain mobil MPV, ternyata mobil pick-up yang diproduksi di Indonesia yang satu ini juga memiliki banyak peminat di negara lain juga. Masyarakat Indonesia tentu sudah mengenal ketangguhan dari mobil pick-up ini karena mobil ini memiliki kemampuan untuk dijelajah hingga pelosok daerah dan dapat memuat banyak barang.

Mobil ini masuk dalam daftar mobil legendaris di kalangan masyarakat Indonesia. Meskipun mobil ini bukan termasuk mobil LSUV atau LCGC, mobil pick up termasuk mobil yang paling laku di pasar global juga, lho!

Menariknya, mobil produksi Bekasi, Jawa Barat ini ternyata juga diekspor ke berbagai negara Asia lain, dan bahkan mobil ini juga masuk di pasar Timur Tengah.

6. Wuling Almaz

Harga mobil Wuling terbaru 2022

Wuling Almaz adalah mobil yang berasal dari merek China ini ternyata dirakit di Indonesia tepatnya di Cikarang. Jangan salah, Wuling Almaz sempat menjadi salah satu mobil yang sempat viral di sosial media karena kecanggihan teknologi voice command yang disebut “WIND”. 

Meskipun banyak yang masih meragukan kualitas mobil dari China, ternyata Wuling buatan Indonesia ini mampu bersaing di mancanegara. Jadi, jangan ragu lagi, ya dengan kualitas mobil buatan China.

7. Toyota Fortuner

kelebihan toyota fortuner 2.8 gr sport

Selain Kijang Innova, ternyata mobil Toyota Fortuner termasuk mobil buatan Indonesia juga, lo. Mobil Fortuner ini juga termasuk mobil favorit masyarakat Indonesia, karena memiliki body yang tangguh dan desain interior yang mewah. Eksterior dari mobil ini memang menjadi pilihan yang terbaik jika Anda mencari body mobil yang gagah. 

Selain menjadi mobil jagoan masyarakat Indonesia, Toyota Fortuner juga berhasil memikat hati pasar mancanegara, termasuk negara Asia dan Timur Tengah. Ini khususnya dikarenakan mesinnya yang responsif yaitu mesin 2KD-FTV VB Turbo Intercooler dengan tenaga maksimal 144 PS untuk puraran 3400 rpm.

Adapun mobil Fortuner ini diperlengkapi dengan mesin berkapasitas 2494 cc yang dapat mengeluarkan torsi maksimal 35 kgm dengan 2899 rpm. Ada beberapa kekurangan dari mobil ini sendiri yaitu dari segi konsumsi bahan bakarnya yang boros dan interior yang dinilai kurang variatif. Namun, meski demikian mobil ini tetap menjadi favorit dikalangan mereka penggemar mobil SUV. 

8. Toyota Avanza

Mobil Toyota Paling Irit

Setelah sukses menjadi mobil pilihan pertama masyarakat Indonesia, mobil kolaborasi Toyota dan Daihatsu ini juga sukses memikat hati pasar negara lain. Kolaborasi Toyota dan Daihatsu mulai dari Toyota Avanza dan Xenia hingga Rocky dan Raize ternyat memberikan banyak kemajuan terhadap penjual mobil.

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia memang terkenal memiliki mesin yang cukup tangguh dan memiliki kapasitas penumpang yang cukup banyak, sehingga mobil ini menjadi mobil keluarga pilihan pertama. Hingga saat ini, Toyota Avanza masih menjadi pilihan keluarga muda untuk mobilitas.

Beli mobil bekas Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia dinilai menjadi investasi kendaraan yang menguntungkan. Selain karena mesinnya yang irit BBM, kendaraan ini juga memiliki biaya pajak yang murah. 

Melihat kesuksesan Toyota Avanza, akhirnya Toyota memutuskan untuk mengekspor mobil buatan Indonesia tersebut di negara lain, termasuk Brunei Darussalam, Thailand, Malaysia, Filipina, Bangladesh, dan negara Asia lainnya dengan nama yang berbeda-beda.

9. Toyota Agya

Mobil Toyota Paling Irit

Ayla juga termasuk salah satu mobil buatan Indonesia. Mobil yang masuk dalam kategori LCGC (Low Cost Green Car) ini ternyata juga memiliki peminat di negara lain. Selain karena memiliki body mungil, mobil ini memiliki desain yang kekinian yang cocok banget untuk generasi milenial atau keluarga baru. 

Menariknya, berdasarkan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, mobil Toyota Agya ini telah di ekspor ke Filipina sebanyak 6.000 unit di tahun 2014. Selain Filipina, Toyota Agya juga dikirim ke 80 negara lain seperti Afrika Selatan dengan nama Toyota Wigo.

10. Honda All New BR-V

Harga mobil Honda Agustus 2022

Deretan mobil buatan Indonesia terakhir adalah Honda All New BR-V. Mobil yang masuk kategori LSUV (Low Sport Utility Vehicle) ini pertama kali rilis di tahun 2015.

Sejak pertama kali rilis, LSUV ini tercatat sudah menjual sebanyak 81.063 unit hingga saat ini. Melihat potensi pasar yang besar ini, akhirnya Honda memutuskan untuk memproduksi masal BR-V ini di awal tahun 2022 untuk diekspor ke 30 negara.

Menariknya, Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director dari PT HPM menyatakan bahwa pertama kali Honda All New BR-V rilis di bulan September, mobil ini berhasil mendapat pesanan lebih dari 2.500 unit untuk pasar Indonesia. 

Di lain sisi, Honda BR-V ini juga sukses menjual lebih dari 255.000 unit secara global dan Indonesia menjadi negara penjualan tertinggi, yaitu sebesar 30 persen.

11. Toyota Rush 

Test Drive Toyota Rush GR Sport

Segmen Low SUV ini digemari oleh masyarakat karena harganya yang ekonomis dan memiliki ground clearance yang tinggi. Mesin dari Toyota Rush ini memiliki tenaga yang kuat dan pas digunakan untuk perjalanan dalam maupun luar kota. Toyota Rush ini ternyata juga menjadi mobil buatan Indonesia yang laku di pasar mancanegara. Tahun 2022 ini Toyota Rush menjadi mobil yang paling laris di luar negeri dengan penjualan hingga 3989 unit. 

Baca juga  Harga Fortuner dan Innova Pasca Diskon PPnBM, Murah?

Mesin 2 NR-VE berkapasitas 1496 cc 4 silinder ini mampu menghasilkan hingga 104 dk tenaga dan torsi 136 Nm. Seperti biasa mobil Rush ini menjadi pilihan dalam keluarga dikarenakan kapasitasnya yang besar dapat memuat hingga 7 penumpang. Selain itu, Toyota Rush juga memiliki desain bodi yang sporty dengan desain yang aerodinamis. Ini dia yang makin membuat Toyota Rush jadi lebih gagah. 

12. Hyundai Creta 

promo hyundai di jakarta auto week

Mobil buatan Indonesia yang juga laku di mancanegara salah satunya adalah Hyundai Creta. Tahun 2022 dilansir melalui Detik, mobil ini mencapai penjualan hingga 3.099 unit. Dimana Hyundai Creta ini digemari oleh masyarakat karena modelnya sangat sporty. Dinilai unggul karena harganya untuk kelas SUV ternyata lebih ekonomis. Mobil terobosa Hyundai ini memiliki pengalaman berkendara yang nyaman dilengkapi dengan kenyamanan kabin yang memang jauh dari kata bising. Selain itu mobil ini juga sudah memiliki beberapa sistem berkendara. Penggunaan sistem ECO ternyata bisa membuat mobil ini semakin lebih irit. Jadi, gimana Anda setuju dengan mobil buatan rakitan Indonesia ini memang pantas untuk dibeli secara kualitas maupun harga bukan!

Baca juga  7 Perbedaan Daihatsu Ayla 1.0 vs 1.2, Beli yang Mana?

13. Mitsubishi Xpander 

Fitur Active Yaw Control

Mitsubishi Xpander siapa berani lawan mobil dengan desain stylish dan bertenaga ini. Sangat cocok bagi keluarga muda yang memang sedang membutuhkan kendaraan. Ada banyak fitur yang bisa memanjakan penumpang dan pengemudi, salah satunya keberadaan cruise control yang mengizinkan Anda untuk bersantai tanpa menginjak pedal untuk menjalankan mobil. Namun, sudah pasti ini berlaku dalam kondisi jalan lurus misalnya Tol Trans Jawa. Mesin Xpander ini bertenaga hingga 104 hp pada putaran 6.000 rpm. Dengan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm. Meski dari interior terlihat tidak begitu mewah, namun mobil ini juga menjadi pilihan di mancanegara, lho!

14. Honda Brio 

kelebihan new honda brio rs urbanite 2022

Tampilan lebih sporty berkat adanya spoiler belakang yang besar

Sebagai segmen mobil Low LCGC, Honda Brio Satya ini sangat digemari oleh anak muda bahkan hingga warga mancanegara. Brio terdiri dari 2 variian yaitu Honda Brio Satya dan Brio RS. Nah, perbedaanya paling menonjol sebenarnya pada panjang dan bentuk body. Honda Brio RS ternyata memiliki dimensi yang lebih panjang sekitar 15 mm dibanding Brio Satya. 

Baca juga  7 Fitur Terbaru Mitsubishi Xpander Facelift

Mobil kecil ini ternyata memiliki resale value yang baik sehingga membeli mobil ini bisa menjadi investasi yang menguntungkan. Selain digemari dalam pasar Indonesia, Honda Brio ini nyatanya menarik perhatian masyarakat mancanegara. Segmen mobil ini laku keras khususnya di negara Timur Tengah. 

Beli Mobil Bekas Bisa Jadi Solusi Terbaik 

Beli mobil bekas terpercaya bisa menjadi salah satu investasi terbaik untuk Anda. Mengapa demikian? Saat membeli mobil baru tentu saja Anda harus siap menghadapi depresiasi harga mobil setelah 3-5 tahun Anda membelinya. Biasanya harga mobil justru jatuh sehingga nilai tidak begitu baik jika Anda menjualnya pada tahun  ke-3.

Saran dari Moladin untuk Anda yang sedang ragu membeli kendaraan roda 4, kenali terlebih dahulu kebutuhan Anda. Jangan sampai salah memilih kendaraan yang justru menambah liabilitas untuk keuangan Anda. Nah, jika bingung hendak membeli mobil bekas dimana.

Moladin adalah platform jual beli mobil bekas terpercaya untuk Anda. Ada lebih dari 1000+ agen moladin tersebar di berbagai daerah di Indonesia dengan berbagai jenis pilihan mobil bekas berkualitas. Tidak perlu ragu karena agen Moladin selalu siap untuk membantu Anda menemukan kendaraan yang tepat untuk aktivitas dan kegiatan Anda. Kunjungi Moladin dan dapatkan Mobil Bekas Terbaik pilihmu! 

Dapatkan berbagai info seputar review mobil  hingga berbagai tips dan trik perawatan mobil hanya di Moladin! 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika