by

Sosok Mobil Listrik Nissan Leaf Sudah Muncul di Indonesia

Mobil listrik Nissan Leaf digadang-gadang akan segera rilis di tahun ini. Sebenarnya isu kehadiran mobil listrik produksi massal pertama Nissan ini sudah santer sejak akhir tahun 2020 lalu. Namun saat itu Nissan masih menutup rapat.

Berbeda dengan sekarang, pabrikan mobil asal Jepang tersebut secara resmi memposting penampakan mobil listrik Nissan Leaf di akun sosial Instagram mereka yaitu @Nissanid.

Dalam caption foto yang hanya berjumlah satu tersebut, terungkap terungkap penampakan mobil dari sisi belakang. Terlihat tulisan samar ‘Leaf’ di sisi kiri pintu bagasi belakang. Sedangkan di kanannya ada tulisan Zero Emision yang berarti mobil mengusung sumber tenaga baterai atau kendaraan listrik.

Foto tersebut dituliskan dengan caption: “Nissan Lovers, bersiaplah untuk kehadiran produk terbaru Nissan di Indonesia yang akan memberikan rasa baru berkendara ramah lingkungan. Menjadi partner berkendara dengan teknologi mutakhir dari masa depan yang siap menemani Anda”.

Suatu tanda yang cukup meyakinkan bukan jika mobil listrik Nissan Leaf akan dihadirkan ke Indonesia?

Baca juga  Nissan Magnite Termurah Mulai Rp 95 Juta, Masuk Indonesia?

Nissan Leaf sendiri secara global bukan merupakan produk yang benar-benar baru. Di Thailand, unit ini sudah dipasarkan sejak tahun 2019 lalu, begitu pula di Malaysia.

Oya, menurut laman Paultan, di Negeri Jiran, Nissan Leaf dibanderol 182.263 ringgit, atau setara Rp 624 jutaan. Sedangkan di pasar Thailand, Nissan Leaf dipasarkan lebih mahal yakni 1.990.000 baht atau setara Rp 875 jutaan.

Di Indonesia sendiri, memang belum ada harga resminya. Walau begitu sejumlah tenaga penjual Nissan sudah membuka keran pemesanan untuk konsumen Tanah Air yang tertarik dengan Leaf.

“Harga masih tentatif. Estimasi di atas Rp 650 jutaan,” kata sales Nissan di Jakarta yang tidak mau disebutkan namanya.

Andalkan Teknologi ProPILOT

mobil listrik Nissan Leaf
Interior nissan leaf

Mobil listrik Nissan Leaf dikabarkan mengandalkan banyak teknologi sebagaimana umumnya mobil lsitrik saat ini. Salah satunya ProPILOT.

ProPILOT merupakan teknologi yang meringankan kerja pengemudi. Dikatakan Nissan, dengan ProPILOT mobil ini bisa bergerak secara mandiri dengan bantuan sensor pengaman.

Fitur ProPILOT Park, misalnya, mampu mengendalikan kemudi, akselerasi, dan rem, serta mengarahkan Nissan Leaf ke area parkir yang kosong.

Baca juga  Mobil Listrik KIA EV6 Banjir Pesanan

Nissan Leaf juga dibekali bayak mata-mata, yakni terdapat empat kamera dan 12 sonar yang siap menditeksi sekitar.

Salah satu fitur kebanggaan Nissan Leaf adalah e-Pedal, yakni pedal tunggal untuk melajukan atau menghentikan mobil ini. Pedal ini berfungsi menaikkan atau menurunkan kecepatan, pengemudi tinggal mengubah tekanan kakinya (bukan tuas) di pedal tersebut.

Saat pedal dilepas, rem akan bekerja secara otomatis sehingga mobil ini bisa berhenti secara bertahap. Bahkan e-Pedal bisa bekerja layaknya fitur hill assist yang memungkinkan mobil tak bergerak saat berada di tanjakan.

Mobil listrik Nissan Leaf dilengkapi dengan baterai berkapasitas 40 kWh dengan jarak tempuh hingga 311 kilometer dalam sekali pengisian. Baterainya dapat diisi daya selama 30 menit untuk pengisian cepat dan 6-12 jam untuk pengisian di rumah (portable charger).

Gimana guys, kira-kira kapan ya mobil listrik Nissan Leaf ini resmi meluncur di Indonesia? Pastinya tidak lama lagi!

Simak terus Moladin.com untuk mendapatkan update konten berita seputar otomotif terbaru. 

Baca juga  6 Tips Beli Nissan Grand Livina Bekas

Terbaru