Thursday, October 6, 2022

7 Mobil Ratu Elizabeth II, Bentley Hingga Land Rover!

by Tigor Sihombing
Mobil Ratu Elizabeth II

Berikut Moladin sampaikan koleksi mobil Ratu Elizabeth II yang paling ikonik dan klasik. Walau Ratu Inggris ini telah tiada pada Kamis, 8 September 2022, tapi ingatan masyarakat akan dirinya tidak pernah hilang.

Sebagai seorang pemimpin kerajaan, semasa hidup Ratu Elizabeth II pasti selalu didampingi oleh mobil-mobil mewah dalam melakukan kegiatan. Apalagi di masa mudanya Ratu Elizabeth II akrab dengan kendaraan-kendaraan militer. Tidak hanya itu, pemimpin Inggris yang meninggal pada usia 96 tahun tersebut, juga pernah menjadi mekanik dan pengemudi di Layanan Teritorial Pembantu Wanita saat Perang Dunia Kedua.

Diketahui pula bahwa Ratu juga memiliki kemampuan mengemudi yang sangat baik, meskipun memang tidak diwajibkan punya Surat Izin Mengemudi (SIM). Umunya kendaraan sang ratu terdiri dari brand-brand mobil kebanggaan asal Inggris, seperti Land Rover, Bentley, Range Rover, hingga Rolls Royce. Kendaraan-kendaraan tersebut tentunya dibuat khusus untuk memenuhi spesifikasi sebagai mobil kerajaan.

Selain itu hampir semua mobil Ratu Elizabeth II memiliki nilai historis dengan harga yang fantastis. Untuk lebih lengkapnya, berikut Moladin sajikan 7 mobil Ratu Elizabeth II paling ikonik, yang sering terlihat dan dipakainya:

1. Bentley State Limousine 2002

koleksi mobil ratu elizabeth ii

Bentley membuatkan sang ratu mobil khusus untuk operasional

Mobil Ratu Elizabeth II pertama yang palingikonik adalah Bentley State Limousine. Sedan mewah bergaya klasik ini merupakan kendaraan yang paling sering dipakai di akihir-akhir kepemimpinan Elizabeth II

Baca juga  Land Rover Defender 130, Muat 8 Penumpang!

Mengutip laman The Thr Crive, Diketahui Bentley State Limousine milik Ratu Elizabeth jika diuangkan harganya setara 10 juta poundsterling atau setara Rp189,6 miliar. 

fakta lainnya, Bentley State Limousine tersebut juga digunakan untuk mengantarkan Ratu Elizabeth II ke pemakaman suami tercinta, Pangeran Philips Duke of Edinburgh.

Bentley State Limousine tersebut merupakan lansiran tahun 2002. Pabrikan mobil Inggris itu mempersembahkan dua unit State Limousine kepada Sang Ratu.

Satu unit digunakan sebagai mobil dinas Ratu ELizabeth II, dan satu unit lainnya disimpan di Royal Mews, semacam garasi untuk mobil anggota keluarga kerajaan.

Mobil ini dibuat khusus dengan atap yang bisa dibuka. Hal ini bertujuan supaya Sang Ratu bisa mengeluarkan sebagian badannya dari atap dan posisinya tetap terlihat agung.

Selain itu pintu tempat Ratu Elizabeth II keluar dan masuk mobil bisa dibuka hingga 90 derajat untuk memudahkan keluar masuk.

Bentley State Limousine milik Ratu Elizabeth II ini menggunakan mesin V8 twin-turbocharged 6,75 liter dengan kekuatan 400 daya kuda. Kecepatan maksimalnya mencapai 209 km/jam.

2. Lagonda 3-litre Drophead Coupe, 1954

Mobil Ratu Elizabeth II

Mobil Lagonda 3-litre Drophead Coupe ini sudah dijual dan laku dengan harga 350 ribu Poundsterling atau setara Rp 7 miliar.

Mobil Ratu Elizabeth II yang paling ikonik berikutnya adalah Lagonda 3-litre Drophead Coupe. Mobil ini adalah mobil dinas kerajaan pertama Ratu dan Sanga Pangeran yang didapatkan pada tahun 1954.

Baca juga  Land Rover Defender Trophy Edition, Nostalgia Balap Rally

Dibalut dengan cat Edinburg Green, mobil tersebut sempat digunakan oleh Pangeran Philip bersama Ratu Elizabeth II untuk meresmikan M1 yang merupakan jalan raya pertama di Inggris pada 1959.

Sayangnya di tahun 2016 mobil tersebut dijual dan laku dengan harga 350 ribu Poundsterling atau setara Rp 7 miliar.

3. Rolls-Royce Phantom IV State Landaulet, 1955

Mobil Ratu Elizabeth II

Rolls-Royce kepunyaan Ratu Elizabeth II

Mobil Ratu Elizabeth II paling ikonik berikutnya adalah Rolls-Royce Phantom IV State Landaulet lansiran tahun 1955. Dari sekian banyak Rolls-Royce Phantom IV dan V yang dimiliki keluarga kerajaan, boleh dibilang Her Majesty’s 1955 State Landaulet lah yang paling spesial.

Mobil dengan mesin 5.7 liter delapan silinder segaris itu hanya diproduksi 18 unit oleh Rolls-Royce. Mobil tersebut tetap beroperasi selama 43 tahun sebelum dikembalikan kepada Rolls-Royce pada 2002.

4. Vauxhall Cresta PA Friary Estate 1961

Mobil Ratu Elizabeth II - vauxhall

Vauxhall juga merupakan merek mobil asal Inggris

Mobil berikutnya adalah Vauxhall Cresta PA Friary Estate 1961. Konon mobil ini merupakan favorit dari Ratu Elizabeth II di masa mudanya. Dari berbagai sumber, mobil dengan baluran cat Imperial Green tersebut hingga hari ini masih berada di garasi kerajaan di Sandringham.

Baca juga  6 Mobil Tahun 80an yang Diburu Masyarakat Hingga Kini

5. Land Rover Defender

Mobil Ratu Elizabeth II

Land Rover Defender kerap terlihat dikendarai oleh Ratu Elizabeth II

Land Rover Defender dipercaya menjadi mobil favorit pemimpin Kerajaan Inggris Raya Ratu Elizabeth II. Pasalnya seringkali Ratu kedapatan menggunakan mobil yang satu ini untuk berkeliling menyapa rakyatnya.

Tapi Land Rover Defender bukanlah satu-satunya koleksi mobil Ratu Elizabeth II. Mengingat Ratu yang paling lama berkuasa ini juga memiliki kecintaan yang besar terhadap otomotif.

Land Rover Defender hanyalah salah satu dari banyak Land Rover di garasinya Ratu Elizabeth II. Yang Mulia dikatakan memilik sekitar 30 unit Land Rover mulai dari Seri 1 keluaran pertama hingga Defender baru.

6. Daimler Super V8 LWB, 1984

Mobil Ratu Elizabeth II

Daimler Super V8 LWB

Selain Land Rover, Ratu juga memiliki Daimler Super V8 LWB yang sudah dimodifikasi agar memiliki peralatan komunikasi yang canggih dan membuatnya tetap up to date dengan Downing Street.

Daimler Super V8 LWB Ratun yang merupakan keluaran 1984 tersebut sudah dilelang pada 2019 lalu.

7. Aston Martin DB6 Volante, 1965

Mobil Ratu Elizabeth II

Aston Martin DB6 Volante bahan bakar wine.

Mobil Ratu elizabeth II berikutnya adalah Aston Martin DB6 Volante 1965. Sedan atap terbuka ini luamayan terkenal, lantaran pernah dimodifikasi Sang anak yaitu Pangeran Charles untuk bisa menggunakan bahan bakar anggur dan keju di tahun 2008. Fakta lainnya, mobil ini diberikan Ratu untuk anaknya tersebut saat Charles ulang tahun di usianya ke 21 tahun.

Demikian ulasan terkait mobil Ratu Elizabeth II. Simak terus Moladin.com untuk update berita otomotif terbaru.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika