Minggu, April 14, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Prediksi 4 Mobil Terbaru Honda 2023, Ada CR-V Hybrid!

by Firdaus Ali
mobil terbaru honda 2023

Ada beberapa prediksi mobil terbaru Honda 2023 yang akan meluncur untuk pasar Indonesia. Menariknya, deretan mobil terbaru tersebut kemungkinan ada yang memiliki mesin hybrid.

Ya, era mobil elektrifikasi semakin bertumbuh. Hampir semua pabrikan otomotif yang menjual produknya di pasar Indonesia menawarkan mobil dengan sistem elektrik, baik hybrid maupun full listrik. Hal itu sejalan dengan instruksi dari Pemerintah untuk mendorong pelaku industri otomotif untuk menciptakan kendaraan berbasis elektrik.

Honda pun berjanji siap menjual dua mobil hybrid atau e:HEV miliknya pada 2023. Keduanya disinyalir sebagai CR-V Hybrid dan Accord Hybrid, sebagaimana sudah ditampilkan di GIIAS 2022. Di samping itu, pabrikan berlogo H juga kemungkinan siap menjual WR-V dalam transmisi manual. Ada pula Civic Type R 2023 sebagai mobil sport kebanggan mereka yang pastinya dijual dalam jumlah terbatas.

Penasaran dengan bocoran mobil terbaru Honda 2023. Berikut ulasan detailnya:

1. Honda WR-V Transmisi Manual

Mobil terbaru Honda 2023

Honda WR-V bertansmisi manual diprediksi tampilannya sama dengan varian E

Mobil terbaru Honda 2023 yang pertama adalah Honda WR-V bertransmisi manual. Yup, seperti diketahui bahwa belum lama ini PT Honda Prospect Motor (HPM) telah resmi meluncurkan Honda WR-V secara global di Indonesia dengan dua pilihan varian yaitu E dan RS.

Namun begitu, kedua varian tersebut (E dan RS) menggunakan transmisi otomatis. Padahal, pada laman Samsat tercantum Honda WR-V dengan transmisi manual. Kemungkinan hadirnya Honda WR-V dengan transmisi manual, juga tidak dibantah oleh salah satu petinggi HPM. Menurutnya, tertundanya menghadirkan Honda WR-V transmisi manual dikarenakan kelangkaan chip semikonduktor.

“Sebenarnya ada opsi tersebut (transmisi manual), namun pada saat ini kami tidak sajikan dulu. Hal ini erat hubungannya dengan kasus kelangkaan chip semikonduktor yang masih membayangi bisnis otomotif dunia,” tutur Yusak Billy Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) saat dijumpai di peluncuran produk WR-V beberapa waktu lalu.

Saat ini Honda WR-V dijual mulai dengan harga Rp 271,9 juta hingga Rp 309,9 juta untuk varian RS dengan fitur Honda Sensing. Nah, jika di tahun 2023 Honda WR-V hadir dengan transmisi manual, bukan tidak mungkin harganya akan lebih murah, bisa di angka Rp 250 jutaan.

Baca juga  Honda Odyssey Setop Produksi Akhir 2021, Kabar dari Jepang

Perihal fiturnya, kemungkinan Honda WR-V bertransmisi manual akan sama dengan WR-V varian E. Diantaranya fitur anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), brake assist (BA), hill start assist (HSA), dan vehicle stability assist (VSA), serta fitur modern lainnya.

2. Honda Accord Hybrid

Mobil terbaru Honda 2023

Honda Accord Hybrid Gen-11 yang muncul di Amerika Serikat

Mobil terbaru Honda 2023 selanjutnya adalah Honda Accord Hybrid. Saingan Camry Hybrid ini mengusung konsep yang menampilkan model sedan premium dengan bentuk bodi yang lebih panjang dan elegan. Tidak ketinggalan, Honda menyuguhkan performa berkendara yang sporty melalui teknologi hybrid elektrik.

Saat ini, Honda Accord Gen-11 Hybrid sudah dijual di Amerika dengan varian Sport, EX-L, Sport-L, dan Touring. Dan untuk harganya, mobil sedan premium itu dibanderol dengan kisaran mulai $28.000-$41.000 (Rp 430 jutaan – Rp 630,5 jutaan) dan juga sudah dijual di Thailand dengan harga kisaran Rp 666,5 jutaan hingga Rp 799,8 jutaan.

Berbicara tampilan interior, Honda Accord e:HEV menyuguhkan desain sporty dan juga modern dengan material bahan berkualitas tinggi. Tampilannya mirip dengan Civic Turbo RS yang sekarang dijual di Indonesia. Untuk Accord Hybrid yang dijual di Amerika, desain instrumen panel untuk pengemudi berukuran 10,2 inci sedangkan display audionya berukuran 7 inci untuk varian LX dan EX.

Sementara untuk varian Sport, EX-L, Sport-L, dan Touring menggunakan display audio berukuran 12,3 inci dengan konsep seamless yang sudah kompatibel dengan Apple CarPlay® & Android Auto™ dan terintegrasi dengan Google built-in (Google Assistant, Google Maps serta Google Play) untuk konektivitasnya.

Tak hanya itu saja, untuk mendukung kenyamanan selama berkendara, Accord Hybrid juga menyediakan 12 speaker Bose serta New Front Body Stabilizing Seats.

Baca juga  Honda Brio RS Urbanite Edition, Apa Istimewanya?

Berlanjut ke fitur, Accord Hybrid sudah dilengkapi dengan Honda Sensing yang dilengkapi dengan Low-Speed Braking Control, Traffic Sign Recognition System (TSR), Traffic Jam Assist (TJA) serta airbags yang berjumlah 10 buah mulai dari bagian depan, samping hingga untuk melindungi bagian lutut.

Hanya saja yang masih belum jelas, apakah Honda Accord Gen-11 Hybrid seperti di Amerika Serikat benar-benar bakal hadir di Indonesia pada 2023? Atau jangan-jangan justru Accord Gen-10 Hybrid seperti yang ada di Thailand? Accord Gen-11 hingga sekarang baru dipasarkan di Amerika Serikat, Thailand belum kebagian unit. Sementara pasar Indonesia biasanya mengimpor produk dari Thailand.

Kemungkinan lainnya, Thailand juga sudah kebagian Accord terbaru pada tahun depan. Dengan demikian Tanah Air pun akan dapat unit tersebut dalam versi hybrid.

3. Honda CR-V Hybrid

mobil terbaru Honda 2023

Honda CR-V Hybrid

Selanjutnya, mobil terbaru Honda 2023 ada Honda CR-V. Mobil SUV tersebut saat ini sudah dijual untuk pasar Amerika Serikat. Walau demikian, bukan tidak mungkin tahun depan CR-V Gen-6 tersebut akan masuk ke pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Khusus di Tanah Air, sesungguhnya bocoran kehadiran CR-V terbaru sudah cukup kuat. Bisa dilihat di website Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM, tepatnya di dokumen Berita Resmi Desain Industri, nomor pengajuan A00202200178. Di sana tampak gambar mobil yang serupa dengan All New CR-V yang ada di Amerika Serikat.

Bicara performa, CR-V Gen-6 pakai teknologi Hybrid yang merupakan kombinasi mesin 2.0 liter plus dua motor listrik berteknologi anyar. Alhasil performanya diklaim meningkat tajam, dimana tenaga maksimalnya jadi 204 hp (naik 3 hp) dan torsinya 335 Nm (naik 20 Nm). “Sistem hibrida baru juga memungkinkan peningkatkan kecepatan maksimal dari 138 Kpj ke 185 Kpj,” tulis rilis resmi Honda Amerika Serikat.

Di samping itu, CR-V generasi ke-6 juga masih mempertahankan mesin konvensional turbo berkapasitas 1.5 liter turbo yang performanya lebih istimewa, dengan torsi puncak mencapai 242 Nm pada putaran mesin 1.700-5.000 rpm. Walau demikian, tetap ada penyegaran supaya lebih ramah lingkungan. Tidak ketinggalan, suara mesin direduksi agar tidak terlalu berisik.

Baca juga  Harga Honda WR-V RS Termahal Rp 309,9 Juta, Bisa Pesan Sekarang!

Pada bagian interiornya, CR-V terbaru menyuguhkan aura yang elegan. Di bagian dashboradnya terdapat headunit berukuran 9 inchi yang sudah bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay, kamera parkir serta pendukung fitur mobil lainnya.

Soal kelengkapan fitur, mobil SUV bermesin hybrid itu menyematkan Honda Sensing yang sudah terkoneksi dengan beberapa fitur. Seperti fitur  Adaptive Cruise Control, Collision Mitigation Braking System, Road Departure Mitigation System, serta fitur modern lain layaknya mobil-mobil baru yang diluncurkan pabrikan otomotif berlogo ‘H’ tersebut.

4. Civic Type R 2023

Mobil terbaru Honda 2023

Honda Civic Type R 2023

Mobil terbaru Honda 2023 berikutnya ada Honda Civic Type R terbaru, di mana mobil ini sudah mengaspal di Amerika. Meski masih mengadopsi basis mobil Honda Civic generasi-11, perusahaan otomotif Jepang itu mengatakan mobil sport tersebut mendapat banyak penyegaran. Hal itu terlihat dari tongkrongan mobil yang lebih lebar dan rendah.

Pada interior, desain juga lebih sporty dengan penampilan meter cluster berpenampilan full digital. Selain menampilkan informasi kecepatan, mesin dan transmisi, meter cluster terbaru juga menampilkan informasi gaya gravitasi dan stopwatch saat mobil diajak berlari kencang.

Bicara spesifikasi mesin, Honda Civic Type R 2023 mengusung mesin berkode K20C1 4-silinder DOHC turbocharged berkapasitas 1.996 cc dengan transmisi manual. Di atas kertas bisa menghasilkan tenaga 315 hp pada 6.500 rpm dan torsi 420 Nm pada 2.600 – 4.000 rpm. Dengan kata lain, performanya meningkat sekitar 9 hp dan torsi 1,6 Nm dibanding model sebelumnya.

Bagian interiornya juga kental dengan aura sporty. Dimana joknya dibalut dengan warna merah, tongkat transmisi aluminium dan logo Type R berseri di dasbor.

Moladiners, itulah ulasan mengenai prediksi mobil terbaru Honda 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika