by

4 Konsep Modifikasi CBR 150, Bisa Jadi Refrensi!

Modifikasi CBR 150 – Pemilik kendaraan roda, kerap melakukan modifikasi sepeda motor kesayangannya. Hal ini menjadi salah kegiatan yang cukup digemari masyarakat.

Tujuan modifikasi sendiri cukup beragam, lho. Seperti untuk menunjang penampilan, hingga untuk kebutuhan mengikuti kontes modifikasi.

Seluruh sepeda motor yang dijajakan di Indonesia bisa di modifikasi, tak terkecuali bagi Honda CBR 150. Motor sport lansiran Honda ini ternyata cukup asyik di modifikasi.

Beragam jenis aliran modifikasi pun bisa diterapkan pada CBR 150, mulai dari racing look, adventure, cafe racer hingga upgrade tampilan ke CBR 250RR. Nah, kali ini Moladin akan memberikan tips modifikasi motor CBR 150.

Tips Modifikasi Motor CBR 150

Tips modifikasi CBR 150
Tips modifikasi CBR 150

Membahas CBR 150, sejatinya motor sport andalan Honda ini sudah punya tampilan yang menawan. Buat kamu pemilik Honda CBR 150, sedikit sentuhan modifikasi saja sudah membuat tampilannya semakin menarik.

Pun begitu, masih banyak pemilik yang masih kurang puas dengan desain yang ditawarkan. Hingga akhirnya memutuskan untuk merubah tampilan hingga mesin Honda CBR 150.

Sebelum kamu memutuskan untuk memodifikasi CBR 150. Alangkah baiknya kamu memiliki gambaran terlebih dahulu mengenai konsep modifikasi yang kamu akan aplikasikan pada kendaraanmu.

Mengingat saat ini beragam aliran modifikasi bisa jadi pilihanmu. Mulai dari racing look, yang menawarkan desain sportif dan elegan, lalu modifikasi ala adventure yang menawarkan kesan tangguh.

Lalu ada juga cafe racer yang menyajikan tampilan klasik yang menawan, hingga upgrade ala Honda CBR 250RR. Seluruh jenis modifikasi itu bisa kamu pertimbangkan.

Khusus untuk modifikasi CBR 150, kamu perlu menyiapkan dana yang tentunya tak sedikit. Mengingat suku cadang yang ditawarkan pada motor sport ini cenderung cukup mahal.

Apalagi jika kamu memilih jenis modifikasi beraliran cafe racer dan juga modif CBR 150 ke CBR250RR. Tentunya biaya yang perlu kamu persiapkan cenderung besar juga.

Jadi memutuskan aliran yang tepat dan sesuai keinginan, menjadi langkah tepat sebelum kamu akhirnya memutuskan untuk modifikasi tunggangan kesayanganmu.

Mengenal Spesifikasi Honda CBR 150

Modifikasi CBR 150, berikut spesifikasi lengkapnya
Spesifikasi Honda CBR 150

Honda CBR150 merupakan motor sport yang telah dibekali dengan mesin berkapasitas 150 cc, yang telah menerapkan teknologi PGM-FI berstandar emisi Euro3. Dengan demikian, penggunaan bahan bakar CBR 150 cenderung lebih efisien dan ramah lingkungan.

Baca juga  7 Modifikasi Yamaha Vixion yang Paling Digemari

Untuk menunjang kesan sportif, Honda membekali CBR150 dengan kopling tipe Wet Multiple dengan Coil Springs. Sementara pada bagian sistem starter, motor sport ini menggunakan sistem starter elektrik dengan transmisi 6 percepatan.

Bicara soal desain, Honda CBR150 tampil gahar dengan bodi yang bongsor. Meski begitu, motor ini cukup ringan ketika dipakai melaju di jalanan. Kabarnya, hal ini disebabkan karena penggunaan rangka bertipe Thuss Fame.

Thuss Fame milik CBR150 juga diklaim lebih ringan daripada tipe lainnya. Guna menjaga stabilitas selama berkendara, Honda melengkapi CBR150 dengan safety rem cakram lengkap beserta pijakan kaki dari aluminium yang nyaman.

Konsep Modifikasi CBR 150, Bisa Jadi Refrensi Buat Kamu

Modifikasi CBR 150, konsep ala CBR 250RR
Sentuhan modifikasi CBR 150 mampu ubah tampilan jadi semakin sportif

Bagi sebagian orang, modifikasi motor menjadi hobi yang menyenangkan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan tampilan jadi lebih unik dan berbeda dari kendaraan lainnya.

Sama halnya dengan pemilik Honda CBR 150, yang akhirnya memutuskan untuk modifikasi CBR 150 kesayangannya itu. Terkadang mereka rela mengeluarkan banyak uang, untuk merombak total tampilan motor.

Dalam merealisasikan CBR 150 modif, setidaknya ada sejumlah insipirasi modifikasi CBR 150 yang bisa ditiru.

Beragam jenis modifikasi pun kini bisa kamu jumpai di sejumlah jejaring sosial ataupun dunia internet. Adapun pilihan modif CBR 150 yang bisa kamu pilih antara lain:

1. Modif CBR 150 Bergaya Racing Look

modifikasi cbr 150
Contoh modifikasi CBR 150 bergaya racing look

Mengacu pada aliran modifikasi CBR 150 dengan konsep racing look ini. Tentunya mampu mendongkrak tampilannya jadi semakin menawan.

Namun sebelum itu, kamu bisa menentukan terlebih dahulu bagian-bagian mana yang akan dilakukan ubahan. Sebagai contoh, kamu bisa melepas fairing bawaan dan menggantinya dengan fairing custom berbahan fiber.

Dampaknya, tampilan CBR 150 kesayanganmu jadi terlihat mirip dengan motor balap, lho! Selanjutnya, kamu dapat mengganti sepatbor asli dengan CBR 100 yang lebih panjang untuk menciptakan kesan lebih padat.

Tangki CBR150 tak perlu diganti, kamu bisa pertahankan versi standarnya. Termasuk kaki-kakinya juga gunakan versi orisinal saja.

Agar menunjang tampilan CBR 150 modif racing look semakin sempurna. Kamu perlu mengganti deltabox tubular bawaan dengan deltabox custom dari fiber.

Baca juga  Tercium Kehadiran Suzuki GSX-R150 Facelift di IIMS 2018

Part penunjang lainnya seperti stang juga bisa di modifikasi dengan stang pro-biker untuk mendapatkan kemudahan, ketika disetel.

Guna menghasilkan performa yang lebih baik, kamu juga bisa mengganti komponen knalpot dengan item baru yang terbuat dari bahan stainless. Terakhir, kamu bisa lakukan pengecatan ulang atau modifikasi stiker motor sebagai sentuhan akhirnya.

2. Modifikasi CBR 150 Dengan Konsep Adventure

Modifikasi Honda CBR 150 adventure
Jenis modifikasi Honda CBR 150 konsep adventure

Pilihan modifikasi CBR 150 berikutnya yang mungkin bisa kamu aplikasikan, mungkin mengusung konsep adventure, Sob. Konsep ini sangat cocok buat kamu yang hobi touring.

Ciri khas konsep CBR 150 modif adventure umumnya dilengkapi dengan ban off-road, suspensi lebih empuk. Segala ubahan itu dilakukan untuk menunjang kenyamanan kamu ketika berkendara.

Dalam menunjang tampilan dari gaya sport khas CBR 150 menjadi motor adventure. Kamu perlu memperhatikan sejumlah hal penting dalam modifikasi CBR 150 adventure.

Setidaknya kamu bisa membuat motor CBR 150 kamu, jadi lebih tinggi dari ukuran standar. Sementara di bagian lainnya, kamu dapat memodifikasi beberapa komponen seperti mengubah visor lebih besar, modifikasi sepatbor, dan menggunakan stang baru.

Seluruh ubahan dan sentuhan modifikasi tersebut, dilakukan untuk menunjang kesan adventure semakin terasa, serta membuat kamu lebih nyaman ketika berkendara jarak jauh.

3. Konsep Modifikasi CBR 150 Bergaya Cafe Racer

modifikasi honda cbr 150 cafe racer
Contoh modifikasi Honda CBR 150 cafe racer

Selanjutnya, konsep modifikasi CBR 150 yang bisa kamu terapkan pada motor kesayanganmu. Mungkin mengusung konsep cafe racer, Sob!

Ciri khas modif CBR 150 ala cafe racer adalah tampilannya yang minimalis. Umumnya modifikasi yang dilakukan mengacu pada tampilan motor Grand Prix di era 60-an. Khas modifikasi cafe racer menggunakan stang jepit serta model tangki yang tampak sejajar dengan bagian ekor motor.

Berminat untuk modifikasi CBR 150 dengan konsep cafe racer? Tentu saja bisa kamu lakukan. Pertama kamu bisa mengganti ban dengan ban multipurpose.

Dilanjutkan kamu bisa melepas fairing standar pabrikan. Agar tampilan motor jadi terkesan naked bike.

Setelah itu, kamu harus mengganti headlamp dengan lampu berbentuk bulat. Hal ini dilakukan untuk menunjang kesan cafe racer semakin terasa.

Tidak hanya itu saja, kamu juga perlu memotong sasis belakang, agar buntut CBR 150 jadi lebih pendek. Dengan begitu kesan klasik jadi semakin terasa.

Baca juga  5 Kekurangan Honda Vario 150, Jangan Asal Beli

Setelah itu, kamu bisa tambahkan jok berlapis kulit model single serta ‘buntut tawon’ yang menjadi ciri khas konsep cafe racer. Sebagai gambaran, untuk konsep modifikasi cafe racer. Tampaknya kamu perlu menyiapkan dana yang cukup besar.

4. Upgrade Tampilan CBR 150 ke CBR 250RR

Modifikasi CBR 150, upgrade tampilan ke CBR 250RR
Konsep modifikasi CBR 150, upgrade tampilan ke CBR 250RR

Ingin modifikasi CBR 150 menjadi CBR 250RR? Tentu bisa saja kamu lakukan, Sob! Syaratnya kamu tinggal menyiapkan bodi kit bergaya Honda CBR 250RR yang terbuat dari bahan fiber.

Menariknya lagi, untuk bodi kit sudah dijual dan mudah untuk kamu dapatkan. Karena biasanya telah dibuat PNP sehingga kamu tinggal memasang ke area rangka CBR150.

Adapun rekomendasi bodi kit yang bisa kamu gunakan adalah bodi kit DCS Auto yang biasa dijual satuan mulai dari area tameng depan, bodi belakang, kondom tangki, sampai undercowl.

Ketersediaan bodi kit ini, tentunya akan mempermudah proses modifikasi CBR 150 kesayanganmu. Sebagai tambahan, jika ingin menunjang tampilan lebih menarik. Mungkin kamu bisa mengganti ban dengan ukuran yang sedikit lebih besar.

Hal itu dilakukan untuk menunjang tampilan ‘moge’ semakin terasa, Sob! Itulah sejumlah ide modifikasi CBR 150 yang bisa kamu aplikasikan.

Tak ketinggalan, setelah selesai modifikasi alangkah baiknya kamu juga melakukan perawatan rutin, agar motor modifikasi tetap awet.

Cara mudahnya mungkin kamu bisa sering-sering mencuri motor, dan juga tidak parkir di bawah matahari langsung. Selain itu, kamu juga perlu ekstra memahami part motor modifikasi yang terbuat dari aluminium, kuningan, atau galvanis.

Pasalnya, kamu perlu melakukan perawatan khusus untuk membuatnya tetap berkilau. Gimana sekarang sudah tahukan aliran apa saja yang bisa diaplikasikan untuk modifikasi CBR 150 kesayangmu.

Semoga informasi ini menjadi inspirasi kamu dalam modif CBR 150, dan menjadi manfaat untuk menambah pengetahuanmu seputar kendaraan roda dua.

Baca Juga :

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 comments

Terbaru