Modifikasi Suzuki Satria FU Gaya Racing Lengkap dengan Videonya

Bicara soal motor pasti tidak akan pernah ada habisnya, ya. Apalagi kalau Anda termasuk sebagai anggota klub motor tertentu dan menaruh perhatian lebih pada kendaraan roda dua ini. Pastinya, punya motor tidak hanya sekadar punya, tetapi harus tahu bagaimana mengendarainya dan merawatnya. Perlu diingat bahwa kendaraan satu ini bukan termasuk barang murah yang bisa dibeli lagi dengan mudah kalau sudah rusak, ya.

Sudah banyak jenis motor yang memadati jalanan setiap harinya sangat beragam. Mayoritas orang menggunakan jenis transmisi otomatis, sisanya masih merasa nyaman dengan transmisi manual, bahkan kopling. Tak jarang juga terlihat pengendara motor-motor besar berkapasitas 250 sampai 500 cc di jalanan, tak terkecuali motor jenis Harley Davidson dengan deru mesin yang cukup kencang di telinga.

Nah, bagi beberapa pengguna motor, kendaraan roda dua bukan hanya sebatas pada moda transportasi yang digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Bahkan, ada yang menganggap bahwa motor menjadi teman sejati berjuang melintasi jalanan yang sarat dengan kemacetan dari pagi hingga malam menjelang. Kecintaannya terhadap motor membuat mereka rela merogoh kocek lebih dalam untuk melakukan modifikasi. Sebenarnya, apa sih tujuan modifikasi ini?

 

Tak Hanya Gaya, Modifikasi Juga Pengaruhi Performa

Modifikasi

Sebenarnya, modifikasi ini tak hanya sekedar gaya, tetapi lebih untuk kenyamanan penggunaan kendaraan. Tentu saja, ini kalau Anda melakukan modifikasinya tepat ya, tidak asal seperti mengganti ban terlalu kecil atau besar, mengganti knalpot dengan suara yang tidak ramah di telinga, atau menghilangkan spion.

Melalui modifikasi, Anda bisa lebih paham perihal otomotif, terutama motor. Kendaraan normalnya dibuat dalam satu aturan standar, sehingga tidak semua orang merasa nyaman kala mengemudikan. Mengganti satu atau dua hal tidak ada salahnya demi kenyamanan dan tingkatkan performa kendaraan. Jangan lupa, tetap mengacu pada standar aman kendaraan sesuai aturan yang berlaku, ya.

Ada dua tujuan utama modifikasi, yaitu untuk kepentingan kontes atau untuk digunakan sehari-hari. Pastinya, kendaraan untuk kontes modifikasinya kurang tepat dipakai untuk aktivitas harian. Begitu pula sebaliknya. Jadi, sebelum memulai, sebaiknya tentukan dan pahami dulu apa tujuan utama Anda melakukan modifikasi motor ini.

 

Modifikasi Suzuki Satria FU Gaya Racing

Suzuki Satria FU

Satria FU 150 menjadi tipe motor yang sering sekali dimodifikasi oleh pemiliknya. Pasalnya, mesin dari motor besutan Suzuki ini disinyalir cocok untuk motor kecepatan tinggi alias motor balap, sehingga tak heran jika Suzuki tipe ini menjadi incaran kaum lelaki pecinta kendaraan roda dua.

Modifikasi Satria FU ini terinspirasi dari tim Suzuki Ecstar MotoGP yang berhasil mengubah tampilan motor ini menjadi lebih kece dan benar-benar racing. Tampilan awal motor Satria FU ini memang sudah khas, jadi sedikit sentuhan membuatnya menjadi lebih menawan, terlebih untuk Anda yang menyukai motor gaya racing.

Sang pemilik motor, Dian Widodo, berhasil melakukan modifikasi pada motor Suzuki Satria FU miliknya dengan mengganti bagian suspensi atau shock depan dengan model  (Up Side Down) USD dari merek NUI. Sementara untuk bagian shock belakangnya, Om Dian, begitu pemilik disapa, memilih produk besutan Ohlins. Kabarnya, produk Ohlins cukup sulit ditemukan, lho! Jadi, sudah pasti sang empunya benar-benar total dalam melakukan modifikasi pada motornya.

Lalu, untuk bagian velg-nya, dipilih model V-Rossi dengan ring 17 tapak lebar berukuran 3 inci untuk bagian depan dan 4,5 inci untuk velg bagian belakang. Ban merek Michelin ukuran 120/70 dipilih untuk ban bagian depan, dan 180/55 untuk ban belakang. Bagian kaki-kakinya juga sudah mengalami perubahan.

 

Suzuki Satria F150 All New

*DP mulai dari

 

Tidak langsung puas dengan hasil ubahan eksterior, Om Dian pun melakukan perubahan pada bagian mesin motornya. Alasannya tentu saja karena tenaga yang dihasilkan akan lebih maksimal, sehingga motornya tidak ngempos kalau dipakai di jalanan. Di bagian knalpotnya, Om Dian melakukan modifikasi Satria FU miliknya dengan menggunakan knalpot model Akrapovic yang menjadi produk andalan Ninja 250.

Soal modifikasi, sang empunya motor mengaku tidak ingin terburu-buru. Katanya, ia membutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk bisa mengubah motor Satria FU miliknya menjadi lebih racing seperti sekarang. Jelas saja, harga knalpotnya sendiri mencapai 10,5 juta, lho! Detail modifikasi benar-benar menjadi perhatian sang empunya.

Untuk bisa menciptakan modifikasi Satria FU menjadi sekeren ini, Om Dian bekerja sama dengan beberapa bengkel di bilangan Jakarta Timur. Kabarnya, salah satu kendala yang ditemui dalam modifikasi mesin ini adalah piston. Tidak tanggung-tanggung, motor ini bisa mencapai kecepatan paling tinggi sampai 180 kilometer per jam! Namun, tentu saja, total biaya yang dikeluarkan mencapai 50 juta! Bujet yang tentunya tidak kecil dan sedikit, ya?

Menarik sekali ya, modifikasi Satria FU 150 milik Om Dian Widodo ini! Kalau Anda ingin mendapatkan informasi lain seputar modifikasi motor, ulasan motor, suku cadang, tips dan trik seputar motor, aksesori motor bahkan beli motor baru atau bekas, download saja aplikasi Moladin. Semua ada di satu aplikasi. Ingat motor, ingat Moladin!

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *