by

Spesifikasi Nissan Livina Sporty Package, Cuma 100 Unit

Nissan Livina Sporty Package – Di dunia maya telah beredar gambar varian terbaru dari Livina (9/6). Jika melihat tampilan dan fitur yang ditawarkan sungguh menggiurkan.

Bocoran tersebut kami dapat dari akun Instagram para sales Nissan. “Special Version New Livina, tamabahan fitur menarik, cari informasinya yuk ke kami,” kata pemilik akun @doni_nissancinere.

Di Instagram Story @elnatbrajaseno yang juga mengaku sebagai sales Nissan, bahkan terpampang banderol secara gamblang. Harga Nissan Livina Sporty Package disebut mencapai Rp265,4 juta (OTR Jakarta).

Menariknya di laman resmi Nissan Indonesia pada Rabu (9/6), varian terbaru ini belum terpampang. Kemudian merek asal Jepang tersebut juga belum menyebar rilis ke media soal peluncuran Livina Sporty Package tersebut.

Saat dikonfirmasi ke pihak Nissan Motor Indonesia (NMI), mereka tidak menyangkal atau mengiyakan. “Oh (gambar) ini dapat dari mana?,” kata General Manager Communications NMI, Hana Maharani ketika Moladin hubungi via pesan singkat.

Barulah pada Senin (15/6) semuanya terungkap jelas. Informasi yang kami dapat di dunia maya jadi kenyataan. NMI menyebar rilis resmi soal peluncuran Nissan Livina Sporty Package. Harga yang dipatok pun persis sama. Hanya saja ada tambahan soal jumlah produksinya, cuma 100 unit.

“Peluncuran Nissan Livina dengan Sporty Package dalam jumlah terbatas, tak hanya menyediakan pilihan sporty untuk penggemar Nissan Livina, tetapi juga fitur-fitur Nissan Intelligent Mobility,” ungkap Presiden Direktur NMI, Isao Sekiguchi dalam pernyatan resmi.

Ingin tahu detail dari Nissan Livina Sporty Package? Apa saja ubahannya? Untuk bahasan lengkapnya, simak tulisan di bawah:

Desain Nissan Livina Sporty Package Istimewa dengan Aksen Merah

nissan livina sporty package
Baik interior dan eksterior mendapat sentuhan aksen merah yang membuat aura sportif terasa kental

Kalau melihat desain Nissan Livina Sporty Package, tampilannya bahkan lebih ganteng dari Mitsubishi Xpander selaku saudara kembar. Ciri khasnya ada aksen warna merah di spoiler bawah bodi dan spion.

Baca juga  Suzuki Landy 2020 Dijual Rp300 Jutaan, Alphard Paket Hemat!

Sementara untuk bodi mobil, keseluruhan dicat hitam. Pelek mengandalkan gaya two tone, layaknya Livina varian VE dan VL.

Masuk ke interior, aksen merah masih hadir. Khususnya untuk membuat tampilan jok kulit lebih atraktif. Ada pula warna merah di kover lantai (floor mat).

Jok kulit selain membuat tampilan lebih modern, juga punya keunggulan mudah dibersihkan. Terutama buat kamu yang telah berkeluarga. Mobil tentunya jadi arena bepergian bersama anak dan tidak jarang makanan dan minuman tumpah di jok.

Kalau pakai jok kain, tentu kotoran bakal menempel. Beda halnya dengan jok kulit yang cukup dibersihkan dengan cara dilap.

Kehadiran warna merah di eksterior dan interior mobil, tentu membuat aura sportif semakin terasa. Bukan cuma itu, Nissan juga memberi kicking plate di pintu bagian dalam sebagai penanda mobil special edition.

Tambahan Fitur Modern Berupa Around View Monitor

Livina fitur around view monitor
Around view monitor memudahkan pengendara saat parkir di tempat sempit

Di samping tampilannya semakin ganteng, Nissan Livina Sporty package juga mendapat tambahan fitur istimewa. Apa itu? Around View Monitor.

Fungsi fitur tersebut untuk memudahkan pengendara dalam melihat keadaan sekitar mobil. Alhasil parkir serta melewati jalan sempit jadi lebih mudah. Sebenarnya around view monitor bukan hal baru untuk mobil-mobil Nissan. Fitur ini telah dipunya oleh X-Trail dan Serena.

Hanya saja untuk model LMPV, bisa dikatakan baru. Sampai sekarang, belum ada kompetitor seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio, dan lain-lain yang memilikinya.

Nissan Sporty Package juga didukung lampu ‘Welcome’ dan ‘Coming Home’. Apa itu? Sebuah fitur kenyamanan yang merefleksikan pendekatan ‘Disruptif’ Nissan yang terbaik di kelasnya.

Baca juga  Prediksi MPV DFSK yang Cocok Masuk Indonesia (Bag. 1)

Cara kerja fitur tersebut dengan menyalakan lampu kecil kendaraan selama sekitar 30 detik, ketika pengemudi mengunci dan membuka kunci mobil. Tentu ini akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengemudi serta penumpang saat malam hari. 

Soal fitur lain, tidak beda jauh dari Livina VE AT lantaran memang basisnya serupa. Terkait kenyamanan hiburan ada layar sentuh 7 inci dengan koneksi smartphone. Lalu power outlet di tiap baris bangku untuk mengisi daya smartphone sepanjang perjalanan. Tidak ketingalan AC double blower.

Soal fitur keselamatan, tidak perlu diragukan. Nissan memberikan Dual SRS Airbag, vehicle dynamic control (VDC), traction control system (TCS), dan hill start assist (HSA). Tidak ketinggalan immobilizer untuk mencegah maling membobol mobil.

Kekurangan Nissan Livina Sporty Package, belum dilengkapi fitur pencahayaan depan LED. Padahal sang saudara kembar, Mitsubishi Xpander sudah pakai LED. Kenapa bisa? Hal ini dikarenakan, Nissan Livina memakai basis Xpander lama atau sebelum facelift.

Lampu LED punya keistimewaan lebih hemat daya, sehingga kelistrikan mobil bakal lebih stabil. Di samping itu pendaran cahaya LED juga lebih baik, terlebih saat dipakai berkendara malam hari.

Baca juga:

Spesifikasi Mesin Nissan Livina Sporty Package

nissan livina sporty package
Basis LMPV special edition ini adalah Livina VE AT

Bicara jantung mekanis, Nissan Livina Sporty Package sepertinya bakal menggunakan mesin yang sama dengan varian lain.

Di atas kertas, mesinnya punya kapasitas murni 1.499 cc, empat silinder, dan berbahan bakar bensin. Teknologi yang terbenam antara lain DOHC dan twin VTC (variable-valve timing control). Ini merupakan mesin yang sama seperti milik Mitsubishi Xpander.

Baca juga  5 Prediksi Toyota Innova Terbaru 2020, Apa Ubahannya?

Performa torsi yang bisa dihasilkan mencapai 141 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga maksimal 102,5 hp pada 6.000 rpm. Mesin tersebut punya padanan transmisi otomatis 4-percepatan. Sementara untuk sistem penggerak pakai roda depan (FWD). 

Bicara soal transmisi cuma ada otomatis 4-percepatan. Hal ini dikarenakan basis Nissan Livina Sporty Package adalah Livina VE AT.

Tidak ada hal istimewa dari mesinnya, cenderung moderat. Bahkan dengan penggerak roda depan, banyak yang menyangsikan kemampuan menanjaknya saat mobil diisi penuh penumpang. Pastinya tidak sebaik MPV berpenggerak roda belakang layaknya Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Hanya bukan berarti tidak kuat nanjak. Ditambah lagi Nissan Livina memiliki fitur tambahan HSA. Pastinya fitur tersebut sangat membantu saat berhenti di tanjakan. Setidaknya HSA bisa memberi kesempatan menginjak pedal gas, sehingga pengemudi tidak kehilangan momentum.

Tabel Performa Mesin Nissan Livina

Mesin

1.449 cc

Konfigurasi

Empat Silinder, DOHC, Twin VTC

Torsi

141 Nm pada 4.000 rpm

Tenaga

102,5 hp pada 6.000 rpm

Transmisi

4-Percepatan Otomatis

Sebagai bagian dari pembelian, Nissan menyodorkan pula paket menarik yaitu Nissan Care Package. Pembeli mobil bakal secara otomatis memperoleh paket perawatan berkala (termasuk suku cadang dan servis) tanpa harus mengeluarkan biaya selama 4 tahun atau 50,000 kilometer.

Usai mengetahui spesifikasi lengkap Nissan Livina Sporty Package, bagaimana menurut kamu? Apakah tertarik untuk memiliki mobil ini?

Atau jangan-jangan kamu menunggu kehadiran Nissan Livina facelift yang kemungkinan lahir tidak lama lagi. Salah satu dugaan kuat kemunculan versi facelift adalah saudara kembarnya, Mitsubishi Xpander facelift telah meluncur duluan. Pasti setelah Xpander, Livina bakal menyusul.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru