Jumat, April 26, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Pabrik DFSK di Serang Siap Produksi Mobil Listrik, Harganya Miring?

by Tigor Sihombing
Pabrik DFSK di Serang siap produksi mobil listrik

Pabrik DFSK di Serang siap produksi mobil listrik. DFSK mengatakan sudah menyiapkan fasilitas produksi kendaraan listrik untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam dan luar negeri.

Hal ini dilakukan demi mengikuti tren permintaan konsumen yang ingin kendaraan ramah lingkungan. Menurut DFSK melalui keterangan resminya 18 November 2022, dengan menghadirkan produk kendaraan listrik berkualitas, diharapkan pabrikan asal Cina tersebut bisa memberikan aspek berkelanjutan di masa depan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen Tanah Air.

Sebagai informasi, DFSK sendiri sudah menjual mobil listriknya di Tanah Air yaitu Minibus Gelora E yang dijual Rp 484 juta (OTR Jakarta). Hanya saja memang masih dalam kondisi impor utuh atau CBU. Bukan tidak mungkin, ke depannya Gelora E inilah yang bakal diproduksi di pabrik DFSK Serang dan harapannya tentu harga jualnya jadi lebih terjangkau.

Selain DFSK Gelora E, mobil listrik lain yang pernah mereka pamerkan di Indonesia antara lain Glory E3, Mini EV, dan Seres SF5. Walau demikian, sampai sekarang ketiganya belum juga kunjung dijual di Tanah Air.

Baca juga  Komparasi DFSK Mini EV vs Wuling Air EV, Mobil Listrik Cina!

DFSK sendiri mengklaim telah merancang pabrik yang berlokasi di Cikande, Serang, Banten tersebut untuk sanggup memproduksi berbagai jenis kendaraan. Mulai dari kendaraan internal combustion engine (ICE) hingga kendaraan listrik. Oleh sebab itu, DFSK kemudian mengadopsi berbagai teknologi produksi terkini dan modern sehingga memenuhi status sebagai industri 4.0.

“Kendaraan listrik sudah menjadi salah satu agenda DFSK ketika memulai bisnis di Indonesia, dan perlahan kami akan terus mempersiapkannya. Teknologi kendaraan listrik sudah menjadi DNA DFSK karena pusat R&D yang dimiliki sudah sejak lama mengembangkannya dan menghasilkan berbagai kendaraan yang dibutuhkan oleh konsumen di seluruh dunia. Kini DFSK sudah memiliki modal besar dalam hal produksi kendaraan listrik, yakni pabrik di Cikande, dan diharapkan bisa segera menghasilkan kendaraan-kendaraan yang diinginkan konsumen,” kata Marketing Head PT Sokonindo Automobile, Achmad, Rofiqi.

Kapasitas Produksi 50 Ribu Kendaraan

Pabrik DFSk di Serang Siap Produksi Mobil Listrik

Teknologi robotik yang diusung Pabrik DFSK sudah mencapai 90 persen.

Secara keseluruhan, pabrik DFSK yang sudah berdiri sejak 2017 ini memiliki kapasitas produksi maksimal hingga 50 ribu unit per tahun. Kapasitas ini bisa diatur secara fleksibel karena kemampuan produksi kendaraan milik DFSK sudah didukung dengan teknologi robotik dan sumber daya manusia (SDM) yang terlatih.

Baca juga  DFSK Ajak Konsumen Tes Mobil Listrik Gelora E di PEVS 2023

Teknologi robotik yang diusung Pabrik DFSK sudah mencapai 90 persen untuk proses produksi. teknologi robotik ini mengadopsi lengan robotik yang mendapatkan dukungan operasi otomatis melalui pemanfaatan internet untuk koordinasinya. Alhasil, membantu para Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh DFSK bisa bekerja lebih maksimal dalam menghadirkan kendaraan-kendaraan yang berkualitas dan sudah terbukti di berbagai negara.

Penggunaan teknologi robotik ini berfungsi untuk memaksimalkan kualitas pengerjaan SDM DFSK dalam menghasilkan kendaraan listrik. Mengingat kendaraan listrik yang diusung DFSK memiliki teknologi yang sangat canggih dan membutuhkan tingkat presisi pengerjaan sangat tinggi untuk menghasilkan sebuah produk nan aman, bisa diandalkan, canggih, serta kompetitif di pasar.

DFSK sudah memproyeksikan pabrik di Indonesia ini akan melahirkan kendaraan listrik dalam beberapa tahun ke depan. Langkah ini juga sejalan dengan rencana pemerintah dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik untuk menghadirkan lingkungan yang lebih bersih serta berdaya saing internasional.

“Pemanfaatan fasilitas perakitan DFSK di Cikande akan membuat harga jual kendaraan listrik kami akan lebih terjangkau dari sebelumnya. Selain itu, penggunaan komponen lokal untuk meningkatkan TKDN juga akan memberikan stimulus bagi industri pendukung otomotif,” tutup Rofiqi.

Baca juga  DFSK Mini EV Siap Meluncur, Lebih Murah dari Wuling Air EV?

Demikian ulasan pabrik DFSK di Serang siap produksi mobil listrik. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika