by

Ketahui Besaran Pajak Plat Nomor Cantik dan Cara Membuatnya!

Masih banyak masyarakat pemilik kendaraan yang kerap mempertanyakan berapa besaran pajak plat nomor cantik. Bagi kalian yang berminat ingin menggunakan plat nomor cantik, ada sejumlah prosedur resmi juga yang wajib dipenuhi.

Mengingat pemilik bukan hanya harus memikirkan pajak plat nomor cantik saja. Namun harus mematuhi aturan dan tentunya ada biaya tambahan yang nantinya wajib kalian bayarkan.

Pemerintah bersama dengan Polri telah menetapkan besaran pajak atau biaya resmi pembuatan plat nomor cantik atau pilihan.

Hal ini tertuang dalam PP No. 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif PNBP yang berlaku pada Polri, serta Keputusan Kakorlantas Polri Nomor: Kep/166/VIII/2019 tentang NRKB Pilihan.

Plat nomor cantik bisa saja digunakan untuk kendaraan baru atau ganti Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) biasa ke NRKB pilihan, ataupun sebaliknya.

Perbedaan tarif atau yang juga dikenal dengan pajak plat nomor cantik tergantung dari penggunaan angka dan huruf yang digunakan. Biasanya biaya yang dikenakan sekitar Rp 5 juta hingga Rp 20 juta.

Pemilik kendaraan harus membayar pajak plat nomor cantik beserta memilih huruf dan angka yang ingin digunakan. Adapun besaran tarif atau pajak plat nomor cantik antara lain.

Besaran Tarif atau Pajak Plat Nomor Cantik

pajak plat nomor cantik
Ketahui besaran pajak plat nomor cantik di Indonesia
  • NRKB satu angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 20.000.000. Ada huruf di belakang Rp 15.000.000.
  • NRKB dua angka. Tidak huruf di belakang Rp 15.000.000. Ada huruf di belakang Rp 10.000.000
  • NRKB tiga angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 10.000.000. Ada huruf di belakang Rp 7.500.000
  • NRKB empat angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 7.500.000. Ada huruf di belakang Rp 5.000.000
Baca juga  Paham Cara Hitung Kredit Mobil, Biar Tidak Keliru!

Rincian biaya yang mungkin bisa jadi gambaran untuk kalian, antara lain sebagai berikut:

1. NRKB Pilihan untuk 1 angka

  • Tidak ada huruf di belakang angka (blank) = Rp 20 juta per penerbitan
  • Ada huruf di belakang angka = Rp 15 juta per penerbitan

2. NRKB Pilihan untuk 2 angka

  • Tidak ada huruf di belakang angka (blank) = Rp 15 juta per penerbitan
  • Ada huruf di belakang angka = Rp 10 juta per penerbitan

3. NRKB Pilihan untuk 3 angka

  • Tidak ada huruf di belakang angka (blank) = Rp 10 juta per penerbitan
  • Ada huruf di belakang angka = Rp 7,5 juta per penerbitan

4. NRKB Pilihan untuk 4 angka

  • Tidak ada huruf di belakang angka (blank) = Rp 7,5 juta per penerbitan
  • Ada huruf di belakang angka = Rp 5 juta per penerbitan.

Kenali Aturan Penggunaan Plat Nomor Cantik

Pajak plat nomor cantik
Menghitung pajak plat nomor cantik, jangan sampai salah!

Tak sebatas kalian harus mengetahui besaran tarif dan pajak plat nomor cantik. Sebelum itu pemilik kendaraan wajib mempelajari mengenai aturan yang berlaku untuk penggunaan plat nomor pilihan.

Menurut keputusan Kepala Korps Polisi Lalu Lintas Polri Nomor KEP/62/XII/2016, 30 Desember 2016, Tentang Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor Pilihan dijelaskan dalam peraturan tersebut, terdapat enam poin yang mengatur tentang plat nomor pilihan, dan wajib diketahui oleh seluruh masyarakat.

Adapun aturan mengenai penggunaan plat nomor cantik antara lain NRKB pilihan berlaku selama lima tahun dan dapat diperpanjang lima tahun lagi, namun pada kode wilayah yang sama.

Baca juga  Awal Februari Tilang Elektronik Roda Dua Berlaku, Ini Dendanya!

NRKB pilihan tidak berlaku apabila pemilik kendaraan bermotor dipindahtangankan kepada pihak lain atau mutasi ke luar wilayah.

Selanjutnya NRKB pilihan tetap berlaku apabila pemilik kendaraan bermotor melakukan ubahan alamat, warna, dan mesin dalam kode wilayah yang sama.

Masa berlaku KRKB pilihan tercantum dalam surat keterangan NRKB Pilihan yang dikeluarkan oleh Ditlantas Polda atau Satlantas Polres/Ta/Tabes.

Perpanjang NRKB Pilihan dilakukan bersama dengan perpanjang STNK dan jatuh tempo masa berlaku disamakan dengan masa berlaku STNK.

Apabila kendaraan bermotor dipindahtangankan sebelum masa berlaku NRKB Pilihan habis, maka sisa masa berlaku akan habis, dan untuk penerbitan STNK yang baru dengan penerbitan NRKB Pilihan yang baru selama lima tahun.

Cara Membuat Plat Nomor Cantik di Samsat dan Online

biaya ganti plat motor
Masa berlaku plat nomor cantik 5 tahun

Lebih jauh membahas mengenai pajak plat nomor cantik dan cara mengurusnya. Setiap pemilik kendaraan wajib ingat, adalah plat nomor cantik termasuk dalam NRKB pilihan alias berdasarkan permintaan pemilik kendaraan.

NRKB merupakan tanda atau symbol berupa huruf atau angka atau kombinasi huruf dan angka yang memuat kode wilayah dan nomor registrasi yang berfungsi sebagai identitas kendaraan bermotor.

Proses mengurus plat nomor cantik secara resmi sejatinya mudah dilakukan. Kalian tidak perlu memanfaatkan jasa calo, apalagi pesan ke tempat pencetakan plat non-resmi yang dijumpai di pinggir jalan.

Untuk memesan dan membuat plat nomor cantik, bisa dilakukan dengan dua cara, yakni datang langsung ke Samsat atau online melalui ROPILNAS (Registrasi Online NRKB Pilihan Nasional).

Sebelum membuat NRKB pilihan, siapkan dulu dokumen-dokumen yang diperlukan sebagai syarat meliputi Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan bukti pembelian kendaraan dari dealer.

Baca juga  Ini 5 Fungsi WD-40, Minyak Multiguna

Syarat Urus Plat Nomor Cantik via Online

Pajak plat nomor cantik
Mengurus dan membayar pajak plat nomor cantik bisa dilakukan via online

Setelah mengetahui besaran pajak plat nomor cantik, kamu bisa melakukan pengurusan pembuatan dengan cara online. Caranya pun cukup mudah untuk dilakukan.

Sebagai gambaran untuk kamu yang ingin mengurus, bisa datang ke dealer mobil (untuk mobil baru) atau kantor pelayanan BPKB (untuk mobil lama).

Selanjutnya kamu bisa menggunakan alat atau kios ROPILNAS yang tersedia di lokasi tersebut. Pemohon memilih nomor polisi yang dikehendaki sesuai domisili atau Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Jika nomor pilihan tersebut belum digunakan atau masih available, pemohon langsung bisa mengisi e-form (formulir elektronik) pada alat ROPILNAS. Selanjutnya kamu bisa isi data diri, seperti NIK, nomor handphone, dan alamat email.

Pemohon akan memperoleh kode barcode booking nomor polisi dan nomor virtual account untuk pembayaran melalui perbankan. Biasanya bank yang sudah menyediakan layanan pembayaran digital PNBP plat nomor cantik adalah Bank BNI.

Kalian bisa melakukan pembayaran melalui berbagai layanan pembayaran yang disediakan bank, seperti mobile banking, SMS banking, ATM dan teller, atau outlet BNI maupun bank lain.

Mudah bukan pengurusan plat nomor cantik? Semoga informasi ini dapat membantu kalian yang ingin memiliki plat nomor pilihan.

Baca juga:

Terbaru