Kamis, April 18, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Panduan Pasang Roof Box di Mobil Peugeot 5008 dan 3008

by Tigor Sihombing
cara pasang roof box di mobil Peugeot 5008 dan 3008

Astra Peugeot beberkan panduan pasang roof box di mobil Peugeot 5008 dan 3008. Ini penting, karena memasang roof box tidak boleh sembarang dan harus dengan kehati-hatian. Pasalnya hal tersebut menyangkut pada keselamatan berkendara diri sendiri, dan juga orang lain.

Bila pasang roof box di mobil Peugeot 5008 dan 3008 salah caranya, tentu bisa mengakibatkan hal buruk saat berkendara. Salah satu yang paling dimungkinkan adalah roof box lepas dan menimpa orang lain di sekitar kendaraan.

“Menempatkan roof box di atap mobil tentu menyebabkan perubahan dimensi juga gaya berkendara. Namun adanya roof rail di Peugeot 5008, 3008 & 2008, yang memang disediakan pabrikan tidak perlu khawatir. Selama cara pasangnya benar, serta produk yang dipakai merupakan produk OEM Peugeot,” kata Rafii Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot Sunter.

Semakin penting lagi mengetahui cara pasang roof box di mobil Peugeot 5008 dan 3008, lantaran sebentar lagi masuk musim musim liburan atau mudik 2023. Fungsi roof box tentunya akan dimaksimalkan saat ini untuk menyimpan barang bawaan tambahan. 

Baca juga  2 Pabrikan Mobil Asal Prancis yang Masih Eksis di Indonesia

Roof Box Harus Diisi Penuh Barang

cara pasang roof box di mobil Peugeot 5008 dan 3008

Bila mau pasang Roof Box di mobil Peugeot 3008 dan 5008, harus punya Roof Rack juga

Panduan pasang roof box di mobil Peugeot 3008 dan 5008 tidaklah sulit, lantaran keduanya sudah memiliki roof rail. Kamu tinggal membeli dua komponen lagi yaitu roof rack dan roof box itu sendiri.

Untuk urusan roof box, Peugeot sendiri menyediakan produk bawaan Original Equipment Manufacturer (OEM) berlabel Thule. Adapaun ukuran yang tersedia mulai 330L yang dibandrol Rp 10.380.000 per set, ukuran 420L Rp 13,242 jutaan per set sudah dengan roof rack. Atau jika ingin membeli terpisah, kamu juga bisa mendapatkan roof rack seharaga miulai dari Rp 4,6 – 5,3 jutaan.

Untuk proses pemasangan, langkah pertama adalah menyusun roof rack yang terdiri dari crossbar (batang penyangga roof box), foot pack (kaki roof rack), fit kit (pengunci kaki ke roof rail). Agar tidak merusak atap, penyusunan sebaiknya dilakukan di bawah, sebelum ditempatkan ke roof rail.

Baca juga  Penjualan Peugeot Tumbuh 64 Persen di Indonesia

“Jika sudah tersusun, tempatkan masing-masing foot pack di tanda titik ideal pada roof rail mobil agar center gravity tetap. Kemudian atur posisi jarak kanan-kiri crossbar sebelum fit kit dikunci pakai kunci L. Agar aman dari pencurian, cover fit kit ditutup lalu putar mata kunci searah dengan jarum jam,” tegas Rafii.

Setelah roof rack terpasang dengan tepat, langkah selanjutnya memasang roof box. Prosesnya pun tidak sulit, karena roof box menyediakan clamp roof box yang berfungsi sebagai pegangan sekaligus pengunci roof box ke roof rack.

Kemudian, pemilik kendaraan tinggal memastikan volume roof box diisi penuh barang agar tidak ada guncangan. Ini penting agar rasa berkendara tidak terlalu terganggu. Pasalnya jika roof box cuma diisi setengah, maka barang yang ada di dalam akan bergeser terus dan mengakibatkan bahaya.

Demikian ulasan cara pasang roof box di mobil Peugeot 5008 dan 3008. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika