Ingin Pasang Ban Motor Baru Sendiri? Ikuti 6 Langkah Ini

Hai, Sobat Moladin! Biasanya nih buat menghemat biaya ke bengkel, urusan pasang ban motor baru sering dilakukan sendiri sama kalian kan. Nah, sebelum memasang ban motor yang baru ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan, sob. Yuk simak apa saja yang harus kalian cek sebelum memasang ban.

 

Mau beli ban motor yang berkualitas? Di sini aja!

1. Pilih Ban yang Mempunyai Reputasi Bagus

Jadi, kalau mau pasang ban motor manual sendiri, langkawah awal yang bisa kalian lakukan adalah memilih ban yang baik dan berkualitas. Sob jangan asal pilih merk ban. Pilihlah produsen ban yang sudah terkenal kualitasnya. Jangan karena harga yang lebih murah, kalian mengorbankan keselamatan kalian dengan memilih ban merk abal-abal.

2. Sesuaikan Ban dengan Fungsi dan Tujuan Berkendara

Ban harian jangan disamakan dengan ban untuk touring ya, sob. Soalnya medan jalanan yang dilalui saat berkendara harian dan saat touring cukup berbeda. Untuk harian misalnya ke kantor, ke kampus, atau ke sekolah palingan kita hanya melewati jalanan perkotaan dan jaraknya tidak terlalu jauh. Sedangkan saat touring, ban sepeda motor kalian harus siap untuk segala medan dan kondisi.

Tidak semua ban bisa dipakai untuk segala kondisi. Kalau untuk penggunaan harian kalian bisa menggunakan ban untuk jalan beraspal. Sedangkan untuk ban touring kalian bisa menggunakan ban untuk dual purpose.

 

Maxxis Ban Motor

 

 

3. Pasang Sesuai Arah Rotasi Ban

Jangan ikutan informasi yang salah ya, sob. Pastikan ban terpasang sesuai dengan arah putaran, saat mencoba pasang ban motor manual. Memasang ban depan dengan arah rotasi yang terbalik hanya berlaku untuk motor gede alias moge karena bisa memperkuat daya cengkeram rem. Kalian yang memakai motor biasa pasanglah ban sesuai dengan arah rotasi karena alur kembangan ban kalian dirancang untuk membuang air saat jalanan basah. Kalau dipasang secara terbalik, saat jalanan basah bisa mengakibatkan motor kalian selip.

4. Pasang Bibir Ban Sejajar dengan Velg

Jadi, sob, kalian perlu memasang bibir ban sejajar dengan velg karena roda akan terasa oleng kalau pemasangan tidak pas. Nah, kalau kalian merasa sedikit oleng, kurangi tekanan ban lalu sesuaikan posisi ban dan isi lagi dengan angin atau nitrogen.

 

Beli Nex 2 DP Hanya 300 Ribu? Di sini aja!

5. Pastikan Tekanan Udaranya Pas

Cek tekanan angin ban kalian ya, sob. Pastikan tekanannya sudah sesuai yang direkomendasikan oleh pabrikan ban saat ini pasang ban motor manual. Kalian bisa menggunakan nitrogen untuk mengisi angin ban karena nitrogen lebih tahan panas. Tekanan udara ban depan dan ban belakang juga bisa ditambah atau dikurangi maksimal dua per square inch sesuai dengan kenyamanan kalian.

6. Pergunakan Velg yang Sesuai

Apabila kalian memakai ban tubeless, pastikan velg kalian juga menggunakan velg tubeless ya, sob. Pada bagian pinggir velg ada tonjolan yang berfungsi untuk mengunci ban pada velg-nya. Ban kalian akan cukup aman dibawa lari dalam kecepatan tinggi jika sudah terkunci dengan baik pada velg motor.

Oke, itu dia enam hal yang harus kalian perhatikan sebelum memasang ban baru ya, sob. Jinny harap informasinya berguna buat kalian. Jinny pamit dulu. Selamat memasang ban baru!

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *