Wajib Pakai Jaket Motor Harian Saat Berkendara, Ini 5 Alasannya!

Jaket Motor Harian – Dibandingkan helm, perlengkapan berkendara seperti jaket sering diabaikan karena berbagai alasan seperti ribet. Meski dianggap kurang penting, Anda akan mendapatkan lima manfaat saat menggunakan pelindung tubuh ini. Apa sajakah itu? Simak ulasan berikut ini.

1. Menjaga Suhu Tubuh

https://moladin.com/blog/?p=20736
Jaket motor harian

Ketika Anda berkendara pada siang hari, terik matahari akan terasa menyengat kulit, sehingga terasa kurang nyaman. Oleh karena itu, penggunaan jaket akan menjaga kestabilan suhu tubuh terhadap panas. Pilihlah bahan yang cenderung dingin dan dapat menyerap keringat dengan baik agar tidak memicu dehidrasi selama perjalanan.

Salah satu rekomendasi bahan jaket yang dapat menyerap keringat dengan baik adalah babby terry. Bertekstur lembut, tebal, dan sedikit berbulu, tetapi tetap nyaman digunakan karena akan cenderung dingin di tubuh.

2. Menghangatkan Tubuh dari Suhu Dingin

Jaket Motor Harian Penggunakan jaket

Selain terkena paparan sinar matahari, Andapun akan berisiko merasakan hawa dingin saat berkendara. Agar tubuh terasa hangat dan perjalanan menjadi lebih nyaman, memakai jaket sebagai perlengkapan bepergian wajib Anda persiapkan.

Sementara itu, bahan jaket yang ampuh untuk menjaga tubuh dari dingin adalah fleece. Meski sedikit lebih berat dari jenis kain lain, tetapi tetap nyaman digunakan karena bertekstur lembut. Pergerakan Anda dalam mengendalikan motor pun tidak akan terganggu.

3. Jaket Motor Harian Menahan Angin

Jaket Motor Harian Jaket Menahan Angin

Ketika berkendara, tubuh Anda tentu akan terkena hembusan angin. Apalagi, kalau melajukan kendaraan dengan kecepatan tinggi, maka paparan tersebut semakin kencang. Keadaan tersebut berpotensi mengganggu kesehatan lebih – lebih sejak awal sudah kurang prima. Alhasil, memakai jaket motor harian memang sangat disarankan sebagai pelindung.

Suhu normal manusia berkisar antara 35 sampai 36 derajat celcius. Apabila tidak memakai jaket saat berkendara, darah akan lebih banyak tersuplai kebagian dada untuk menghangatkan tubuh. Hal ini akan berdampak buruk pada paru  -paru, karena akan terjadi penumpukan cairan.

Baca Juga :

 

4. Melindungi Tubuh dari Polusi atau Kotoran di Jalan

Jaket Motor Harian Melindungi tubuh dari polusi jalanan

 

Permasalahan lain yang akan Anda temui selama berkendara dengan motor bukan hanya mengenai paparan sinar matahari, hawa dingin, dan angin, melainkan polusi. Sinar ultraviolet saat malam pun cukup berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, melindungi tubuh dengan jaket merupakan sebuah kebutuhan wajib agar kulit pun tidak kusam.

Selain kusam, polusi atau kotoran di jalan dapat menyebabkan penuaan dini. Hal ini disebabkan ukuran partikel tersebut lebih kecil 20 kali lipat dibanding pori – pori, sehingga bisa masuk kelapisan epidermis. Lambat laun, masalah pun muncul berkat penumpukan material asing itu.

Menjaga kesehatan setelah berkendara pun tidak kalah penting. Memakai jaket memang dapat melindungi tubuh dari polusi atau kotoran, tetapi pola hidup akan menunjang agar senantiasa prima. Oleh karena itu, konsumsilah buah serta sayur, cukup minum air putih, mengoleskan body lotion sebelum pergi, dan mandi setelah sampai di tempat tujuan.

5. Melindungi Tubuh Saat Kecelakaan

Jaket melindungi bada dari kecelakaan

Selalu ada kemungkinan terburuk dalam sebuah hal, termasuk berkendara. Anda tentu berharap selamat sampai tujuan, tetapi terkadang kondisi di lapangan tidak sejalan dengan keinginan. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan antisipasi untuk keadaan itu. Memakai pelindung terlebih jenis jaket balap akan melindungi tubuh dari gesekan atau benturan saat terjatuh. Teknologi canggih yang tersemat adalah kantong udara berisi gas nitrogen dan ditenagai oleh baterai ketika mengembang menjadi bantalan. Fitur tersebut dapat bekerja dua kali berturut – turut dalam satu kali perjalanan.

Manfaat Lain Menggunakan Jaket Motor Harian Saat Berkendara

Manfaat lain jaket saat berkendara

Manfaat menggunakan jaket motor harian saat berkendara tidak hanya terbatas pada pembahasan di atas, melainkan ada hal – hal lain. Dari segi kesehatan, paparan angin bukan hanya menyebabkan permasalahan sederhana, tetapi penyakit pernapasan seperti paru – paru basah, TBC, bronkitis, dan ISPA.

Penyakit paling mengerikan apabila berkendara tanpa menggunakan jaket adalah kanker paru – paru. Hal tersebut disebabkan udara kotor di jalan mengandung senyawa SO2, NO2, dan CO2 yang akan mengganggu kesehatan. Gejala awal jika terjangkit adalah seperti batuk berdarah, pembengkakan pada daerah wajah serta dada, dan sesak atau nyeri dada.

Sementara dari segi fashion, memakai jaket saat berkendara akan menampilkan kesan gagah atau maskulin, apalagi ditunjang dengan model keren. Selain itu, dapat melengkapi penampilan busana. Meski dimaksudkan untuk bergaya, pilihlah yang nyaman digunakan seperti tidak tersemat terlalu banyak aksesori, sehingga akan mengganggu akselerasi.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih jaket kulit sebagai perlengkapan berkendara. Desain yang sederhana tidak akan terlihat monoton dan paling penting dapat melindungi tubuh dengan baik dari angin atau paparan lain.

Meski sering diabaikan, memakai jaket saat berkendara memberikan manfaat yang cukup banyak, bukan? Bahkan, tidak hanya melindungi tubuh saat terjatuh, melainkan mencegah penyakit pernapasan.

Ingin membeli perlengkapan ini dengan kualitas terbaik? Kunjungi saja situs Moladin pada bagian apparel. Anda akan disuguhi berbagai pilihan menarik dari merek – merek terkenal seperti Alpinestars.

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *