by

7 Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen di Rumah untuk Bikers!

Setiap orang, termasuk kamu para bikers harus tahu cara meningkatkan saturasi oksigen di rumah. Ilmu ini penting untuk diketahui di masa pandemi Covid-19, karena siapa saja bisa terkena. 

Pengajar Respirologi Fakultas kedokteran UI, dr. Ceva Wicaksono Pitoyo, Sp. PD-KP., KIC mengatakan bahwa penderita Covid-19 cenderung memiliki saturasi oksigen rendah. Penyebabnya tidak lain, sirkulasi oksigen pada pasien yang terhambat akibat adanya infeksi virus pada paru-paru, sehingga mengakibatkan penumpukan cairan yang menyulitkan oksigen masuk ke dalam tubuh.

Saturasi oksigen sendiri adalah nilai yang menunjukkan kadar oksigen di dalam darah. Pengukurannya bisa dilakukan dengan menjepitkan alat bertnama oximeter ke jari tangan. 

Bikers harus tahu pula, kadar saturasi normal oksigen dalam tubuh orang dewasa berkisar 95-100 persen. Di bawah itu, biasanya penderita virus korona akan merasakan sesak atau engap saat bernafas.

Jika kamu tidak mau hal itu terjadi atau bahkan saturasi oksigen kamu sudah di bawah normal, maka jangan terlalu panik. Lakukanlah beberapa cara supaya saturasi oksigen bisa naik.

Menurut dr Ceva, penderita Covid-19 bisa meningkatkan saturasi oksigen agar tetap stabil dengan cara-cara sederhana. Sebut saja memastikan sirkulasi udara di ruangan sudah baik, olahraga teratur, konsumsi zat besi, dan menghindari merokok. “Hal ini mungkin terdengar klise, tapi ini adalah cara-cara klasik yang sudah terbukti menjaga kesehatan manusia secara holistik, “ujarnya seperti dikutip dari laman ui.ac.id.

Lalu, kamu juga dapat lakukan teknik proning. Ingin tahu lebih detail soal cara meningkatkan saturasi oksigen di dalam darah? Simak bahasan di bawah ini:

Tips Mandiri untuk Menaikkan Saturasi Oksigen Penderita Covid-19

1. Langsung Setop Merokok

Meningkatkan Saturasi Oksigen di Rumah
Jangan coba-coba untuk merokok

Kamu harus langsung menyetop konsumsi rokok jika sudah terdeteksi Covid-19. Karena penyakit ini sangat erat kaitannya dengan paru-paru.

Jadi berhenti merokok wajib dilakukan sebelum kamu merasakan sesak nafas. Dengan kamu berhenti merokok itu sudah menjadi langkah awah untuk memberikan kesempatan pada tubuh untuk meningkatkan saturasi oksigen.

2. Kurangi Makanan Berlemak

Meningkatkan Saturasi Oksigen di Rumah
Makanan berlemak bisa memicu gangguan nafas

Saat kita menderita covid-19, selain dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin lebih banyak, ada baiknya mengatur pola makan sehat. Untuk meningkatkan saturasi oksigen, kurangilah makanan berlemak. Makanan berlemak tinggi bisa memacu gangguan napas saat sedang tidur.

Maka itu, kamu sangat disarankan untuk menghindari makanan yang tinggi lemak dan memperbanyak asupan serat dari buah dan sayur, supaya kadar oksigen dalam darah dapat ditingkatkan.

3. Perbanyak Asupan Zat Besi

Meningkatkan Saturasi Oksigen di Rumah
Zat besi meningkatkan hemoglobin

Cara lain untuk membantu meningkatkan saturasi oksigen adalah dengan menyuplai kadar zat besi dalam tubuh. Karena kurang zat besi, beresiko menurunkan tingkat hemoglobin selaku pembawa oksigen dalam darah.

Selain dengan asupan vitamin. Cara lain menambah zat besi dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti ikan, kacang, sayuran hijau, roti gandum, daging, unggas, dan pasta.

4. Perbanyak Sayur dan Buah

Meningkatkan Saturasi Oksigen di Rumah
Sayuran dan buah bisa mengobati hipoxia

Untuk meningkatkan saturasi oksigen dalam tubuh kita juga bisa mengonsumsi air basa yang ada pada sayur dan buah, terutama yang mengandung magnesium dan kalium, sangat baik untuk mengurangi keasaman dan mengobati hipoksia atau kadar oksigen rendah dalam darah.

Sejumlah buah dan sayur yang baik untuk dikonsumsi adalah tomat, kentang, pisang, dan sayuran berwarna hijau.

5. Latih Pernapasan di Ruang Terbuka

Meningkatkan Saturasi Oksigen di Rumah

Latihlah pernapasanmu dengan menghirup udara pagi hari. Biasanya berkisar jam 5:30 – 06:00 pagi jika di kota besar. Kenapa? Di jam-jam tersebut biasanya udara masih bersih, karena lalu lintas seperti Jakarta misalnya, belum padat.

Selain itu tidak ada salahnya kamu memelihara beberapa tanaman di teras rumah kamu. Tanaman dapat mengisap karbondioksida yang ada di sekitar sekaligus menghasilkan oksigen, sehingga aliran oksigen ke dalam tubuh dapat semakin meningkat.

6. Isolasi di Ruangan dengan Sirkulasi Udara Baik

cara meningkatkan saturasi oksigen di rumah
Sirkulasi udara baik, membuat tubuh lebih mudah mendapatkan oksigen

Agar saturasi udara meningkat, penderita Covid-19 harus melakukan isolasi di ruangan yang punya sirkulasi udara baik. Jangan sampai ruangan yang kamu tempati justru minim kisi-kisi udara dan pengap.

Pasalnya kita mendapat oksigen, tentu yang terbanyak dari udara. Kalau sirkulasi udara jelek, maka oksigen juga bakal lebih sulit dipenuhi ke dalam tubuh.

7. Lakukan Proning

Meningkatkan Saturasi Oksigen di Rumah
teknik proning

Terakhir, cara untuk meningkatkan saturasi oksigen dalam tubuh adalah dengan melakukan teknik proning. Teknik proning dilakukan ketika kamu sudah merasa sesak.

Sebagai peringatan, teknik ini bukan untuk menggantikan posisi tabung oksigen rumah sakit. Yakni digunakan jika dalam keadaan darurat, terutama jika kamu melakukan isolasi mandiri di rumah.

Mengutip laman primayahospital.com, teknik proning sendiri adalah posisi tubuh tertentu dengan menggunakan bantuan bantal untuk meningkatkan kadar oksigen secara alami. Teknik ini telah disetujui secara medis.

Bagaimana Cara Melakukan Proning di Rumah?

cara meningkatkan saturasi oksigen di rumah
Kalau saturasi oksigen kamu di bawah batas normal, coba lakukan proning untuk pertolongan pertama

Pasien isoman bisa melakukan proning selagi menunggu ketersediaan oksigen dari rumah sakit. Banyak pasien yang malah tak perlu lagi tabung oksigen karena kadar oksigen di tubuhnya bisa kembali normal, seusai menerapkan teknik tersebut.

Dalam sebuah laporan, seorang pasien berusia 82 tahun dari Gorakhpur, India, bisa menaikkan kadar oksigennya dari 75 menjadi 94 setelah tidur dalam posisi proning.

Teknik proning berasal dari pose yoga, yaitu olahraga untuk kesehatan jasmani dan rohani yang berasal dari India. Pasien Covid-19 yang mempraktikkan teknik ini diketahui mengalami perbaikan kondisi terkait dengan pernapasan.

Sebab, pose tersebut memungkinkan perpindahan cairan yang terakumulasi di paru-paru dan mengganggu sistem pernapasan. Laman tersebut mengatkan, untuk melakukan proning cukup siapkan empat atau lima bantal dan tempat yang nyaman untuk melakukan teknik ini.

Ada setidaknya tiga cara proning, yakni letakkan satu bantal di bawah leher dan bawah dada serta dua bantal di bawah tulang kering kaki.

“Posisikan tubuh tengkurap di atas bantal-bantal tersebut.
Dengan posisi berbaring menyamping, letakkan bantal masing-masing di bawah kepala, bawah perut samping, dan di antara kedua kaki dengan cara dijepit,” tulis primayahospital.com dikutip Sabtu (17/7/2021).

Ganti posisi berbaring ke kiri dan kanan dalam periode waktu tertentu.
Susun bantal ke atas dan jadikan sandaran untuk beristirahat dalam posisi miring.

Para pakar menyarankan pasien mempraktikkan setiap posisi setidaknya 30 menit untuk hasil yang lebih baik. Sebaiknya lakukan proning setidaknya satu jam setelah makan. Selain itu, ruangan tempat melakukan proning harus nyaman dan memiliki ventilasi yang memadai.

Itulah tadi cara untuk meningkatkan saturasi oksigen para penderita Covid-19 dari rumah. Bila kamu sebagai bikers sudah tahu tekniknya, semoga bisa membantu proses pemulihan saat dari Covid-19, baik untuk diri sendiri atau orang-orang terdekat.

Apabila kamu sudah melakukan upaya pencegahan, tetapi saturasi oksigen masih turun. Segera komunikasikan pada dokter yang kamu percaya.

Demikian ulasan terkait agar bikers bisa meningkatkan saturasi oksigen sendiri di rumah. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif. 

Terbaru