Cara Jual Motor Bekas yang Tepat, Cepat Laku Harga Tinggi

Moladin – Berpisah dengan motor kesayangan menjadi pengalaman yang sulit diterima. Namun, pada beberapa kondisi, Moladiners bakal terbentur pada situasi sulit yang memaksa harus berpisah dengan motor kesayangan.

Hanya saja, perpisahan dengan motor kesayangan tersebut kerap diperparah dengan harga jual motor bekas yang rendah. Sangat tidak mengenakkan, bukan?

Moladiners perlu tahu bahwa motor bekas juga dapat dijual dengan harga tinggi. Hal tersebut dapat dilakukan ketika moladiners tahu cara jual motor bekas yang tepat. Ada 5 tips penting yang perlu moladiners perhatikan saat ingin menjual motor bekas, yakni;

 

1. Rawat sepeda motor secara rutin

rawat sepeda motor rutinMotor rutin di service

Tips pertama yang harus moladiners perhatikan biar motor bekas dapat dijual dengan harga tinggi adalah melakukan perawatan dengan baik. Pastikan moladiners merawat kondisi bodi ataupun mesin motor secara rutin. Performa mesin yang masih prima serta tampilan motor yang mulus, bisa membuat moladiners punya nilai tawar lebih saat menjualnya.

Cara merawat mesin motor tidak terlalu sulit. Moladiners perlu memperhatikan waktu penggantian oli tepat waktu. Selain itu, moladiners juga harus membawa motor secara rutin ke bengkel untuk servis. Usahakan untuk melakukan servis rutin motor di bengkel resmi sesuai merek. Hal yang tak kalah penting, moladiners juga perlu mengusahakan untuk tetap menggunakan suku cadang asli motor.

 

Yamaha YZF-R15 2018

 

Sementara itu, proses perawatan bodi motor juga perlu dilakukan secara benar agar tampilannya tetap terlihat kinclong saat dijual. Caranya adalah dengan mencuci motor secara rutin. Hindari mencuci motor ketika dalam kondisi mesin panas. Selain itu, pencucian juga harus dilakukan dengan memakai shampo khusus motor dan kain lap atau busa yang lembut.

Mencuci motor bukan satu-satunya cara untuk menjaga tampilan bodi motor biar tetap kinclong. Moladiners juga perlu memberikan perawatan tambahan.

Perawatan tambahan tersebut di antaranya adalah, claying yang bertujuan untuk mengangkat kerak membandel, polishing yang berguna menghilangkan baret pada permukaan bodi motor, waxing untuk melindungi, serta quick detailing yang dilakukan untuk menjaga agar wax dapat bertahan lama.


2. Jual sepeda motor dalam kondisi standar pabrik

Motor dengan kondisi standartJual motor dalam kondisi standar

Tips selanjutnya dalam cara jual motor biar dengan harga tinggi dan cepat laku adalah menjaga orisinalitasnya. Moladiners perlu tahu bahwa motor yang sudah mengalami modifikasi pada beberapa bagiannya, cenderung laku dengan harga rendah dibandingkan dengan motor yang dijual pada kondisi standar seperti baru keluar dari pabrik.

Oleh karena itu, hindari aktivitas modifikasi motor. Kalaupun moladiners ingin melakukan modifikasi, pastikan bahwa perubahan tersebut tidak permanen. Artinya, motor dapat dikembalikan pada bentuk sesuai standarnya. Selain itu, pastikan untuk menyimpan komponen orisinal motor ketika melakukan modifikasi. Dengan begitu, moladiners dapat dengan mudah mengembalikannya ke bentuk asal ketika akan dijual.

 

3. Bayar pajak tepat waktu

bayar pajak kendaraanPajak kendaraan dibayar tepat waktu

Keterlambatan dalam membayar pajak juga sangat berpengaruh pada nilai jual motor bekas. Moladiners harus memastikan bahwa motor tidak menunggak pajak tahunan. Apalagi, saat ini pemerintah telah memberi kemudahan dalam cara pembayaran pajak kendaraan bermotor, dapat dilakukan lewat kantor pos, Samsat, dan bahkan tersedia cara pembayaran secara online.

 

Honda Beat Pop All New eSP 2015

 

Kalaupun moladiners memiliki tunggakan pajak, pastikan untuk melunasinya sebelum menjual motor. Biar tidak terlalu terbebani dengan denda keterlambatan, moladiners dapat memanfaatkan momen pemutihan yang kerap dilakukan oleh pemerintah daerah sesuai dengan domisili masing-masing.


4. Kelengkapan dokumen harus diperhatikan

kelengkapan dokumen harus di perhatikanSurat-surat harus lengkap

Faktor penting berikutnya yang berpengaruh pada nilai jual motor bekas adalah surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan bukti kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB). Berbeda dengana pajak kendaraan bermotor, STNK dan BPKB perlu diperbarui setiap 5 tahun. Motor dengan STNK dan BPKB mati, bisa dipastikan bakal laku dengan harga sangat rendah, jauh di bawah harga pasaran.

Seperti halnya proses pengurusan pajak, moladiners dapat mengurus STNK dan BPKB dengan sangat mudah. Caranya, cukup datang ke kantor Samsat terdekat dan mengikuti prosedur yang ada. Hindari penggunaan jasa calo, karena sangat merugikan dan moladiners bakal mengeluarkan biaya tambahan yang tidak perlu.

 

5. Manfaatkan marketplace online

manfaatkan marketplace onlineMoladin hadir mempermudah jual motor bekas

Tips terakhir yang dapat Moladiners terapkan agar bisa menjual motor bekas secara cepat dengan harga tinggi adalah dengan memanfaatkan marketplace online. Marketplace yang dimaksud bukan situs belanja segala jenis produk.

Moladiners bisa menggunakan layanan marketplace yang secara khusus ditujukan untuk aktivitas jual beli sepeda motor. Solusi marketplace terbaik yang bisa digunakan adalah Moladin, yang bisa membantu moladiners dalam menemukan calon pembeli dengan cara cepat.

Proses penjualan motor bekas melalui marketplace seperti Moladin, memungkinkan moladiners untuk bertemu calon pelanggan dari berbagai lokasi di Indonesia. Ditambah lagi, cara penjualan motor di Moladin juga dapat dilakukan dengan cara singkat, cukup menggunakan aplikasi di smartphone.

 

Suzuki Satria F150 New 2014

 

Itulah 5 tips yang dapat Moladiners terapkan kalau ingin jual motor bekas dengan harga tinggi. Selamat mencoba, ya!

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *